Masuk

Tips

Beranda / Tips
Jangan Bingung, Begini Penerapan Praktis Fengshui dalam Konsep Arsitektur Rumah
Desain Bangunan | 04 Oct 2017

Oleh: Dwi Klarasari

Ilmu topografi kuno warisan kebudayaan Cina, atau dikenal dengan Fengshui,kerap digunakan sebagai pedoman dalam membangun oleh para penganut kepercayaan budaya Cina. Fengshui dipercaya memiliki tujuan menyelaraskan bangunan, alam, dan manusia dengan cara mengalirkan energi positif sehingga tercipta kenyamanan, keberuntungan dan harmoni.

Sementara dalam ilmu arsitektur, perencanaan dan pembangunan bertujuan menciptakan ruang atau lingkungan aktivitas yang fungsional sekaligus estetis—memiliki komposisi bentuk, warna dan tekstur yang harmonis. Pada prinsipnya, arsitektur dan fengshui memiliki kesamaan tujuan, juga dapat saling bersinergi dengan baik.

#SahabatJagoBangunan tidak perlu ragu jika menjumpai klien yang berniat menerapkan fengshui pada arsitektur rumahnya. Namun akan lebih baik jika Anda membekali diri dengan pemahaman tentang fengshui agar lebih mudah memahami maksud dan keinginan klien.

(sumber: disini)

Berikut ini beberapa pertimbangan dan penerapan praktis fengshui pada rancangan dan tatanan interior rumah tinggal. #PakJago bagikan khusus untuk Anda.       

Berbagai Pertimbangan Orientasi

1. Orientasi bangunan atau pintu utama diyakini mempengaruhi keberuntungan. Orientasi timur dipercaya membawa keberuntungan terkait kesehatan; orientasi barat menguntungkan dalam hal keturunan; orientasi utara membawa keberuntungan dalam karir atau bisnis.

Jika sebaliknya, penghuni berpotensi mendapat popularitas. Namun, orientasi harus disesuaikan dengan kualitas sektor dan energi bagus dari pemiliknya yang harus dihitung oleh pakar fengshui.

2. Terbentuknya garis lurus antara pintu utama dan pintu belakang harus dihindarkan, karena dipercaya membuat energi positif yang masuk akan langsung keluar.

(Sumber: disini)

3. Orientasi pintu kamar tidur utama dan juga arah tidur (peletakan ranjang) harus disesuaikan dengan qi bagus dari kepala keluarga.

Pintu kamar mandi sebaiknya tidak berorientasi ke kamar tidur ataupun dapur. Sedangkan kloset sebaiknya tidak menghadap ke pintu kamar mandi.

Alokasi Ruang dan Sarana Lain

1. Kamar tidur utama sebaiknya diletakkan pada sektor di mana energi kepala keluarga bagus. Hindari meletakkan kamar tidur bersebelahan atau berada di atas dapur.

2. Hindari peletakan kamar mandi pada sektor tengah, yang relatif berenergi positif. Letakkan kamar mandi dan septictank pada sektor berenergi negatif. Pada rumah bertingkat, hindari peletakan kamar mandi di atas area dapur.

(Sumber: disini)

Dapur sebaiknya tidak berada di sektor utara yang merupakan sektor air. Hindarkan juga meletakkan dapur di bawah tangga, terutama lokasi kompor dan meja kerja. Area kompor juga tidak boleh ada di bawah balok beton atau berdampingan dengan tangga.

4. Beberapa posisi mulut tangga yang harus dihindari antara lain bertemu dengan mulut tangga lain, menghadap dinding atau sudut ruang, menghadap pintu masuk atau pintu utama, menghadap kamar mandi, dan menghadap kamar tidur.

Peletakan Perabot dan Dekorasi

1. Sebaiknya ranjang diletakkan sejauh mungkin dari pintu kamar. Hindari juga peletakan ranjang yang tepat menghadap pintu kamar; menghadap pintu kamar mandi; dan juga membelakangi jendela kamar.

(Sumber: disini)

2. Hindari meletakkan kepala ranjang (headboard) menempel pada dinding yang menjadi pembatas dengan kamar mandi dan/atau toilet atau dinding yang bagian belakangnya dipakai untuk meletakkan televisi atau alat elektronik lain.

3. Hindari menempelkan salah satu sisi (kanan atau kiri) ranjang ke dinding. Untuk keseimbangan, letakkan dua objek sama di kanan-kiri ranjang, misalnya dua nakas dengan lampu kembar.

4. Hindari meletakkan set meja makan di bawah tangga; di bawah toilet (pada rumah bertingkat); ataupun di area yang langsung menghadap mulut tangga.

5. Hindari meletakkan cermin di ruang tamu yang menghadap pintu utama, karena dipercaya akan memantulkan kembali energi bagus yang masuk.

(Sumber: disini)

6. Letakkan cermin di ruang keluarga dan ruang makan, karena dipercaya mendatangkan kesejahteraan dan menggandakan “makanan” (dalam wujud energi).

7. Hindari meletakkan cermin rias atau tv pada posisi yang dapat memantulkan bayangan orang yang sedang tidur atau berada di ranjang. Peletakan cermin di atas kepala ranjang juga harus dihindari, karena akan menampung banyak energi sedangkan tubuh perlu istirahat.

Pemilihan Warna

Menurut fengshui setiap warna memberi energi berbeda. Dalam arsitektur juga disepakati bahwa warna menciptakan kesan dan pengaruh psikologis tertentu. Secara umum prinsip keduanya tidak jauh berbeda. Berikut beberapa makna warna menurut fengshui dan penerapan dalam arsitektur.

1. Merah (unsur api-yang), dianggap warna dominan, cocok sebagai aksen menciptakan keberanian, semangat, gairah, juga keberuntungan.

(Sumber: disini)

2. Putih (unsur logam-yang), simbol kemurnian dan permulaan, terkesan bersih dan segar sekaligus dingin, cocok untuk ruang makan-dapur, sebaiknya tidak untuk kamar anak.

3. Cokelat (unsur tanah-yang) melambangkan bumi, ketertiban, kekayaan dan keagungan serta terkesan elegan, sesuai untuk ruang kerja, ruang keluarga dan ruang tamu.

4. Hitam (unsur air-yang), terkesan independen dan misterius, memiliki kekuatan dan daya tarik sekaligus melambangkan kegelapan. Kurang sesuai untuk ruang kerja dan kamar anak.

5. Ungu (unsur api-yin) adalah warna yang inspiratif dan bernuansa spiritual tinggi, sesuai untuk ruang tidur/meditasi, sebaliknya tidak cocok untuk kamar mandi dan dapur.

6. Pink (unsur api-yin) mengekspresikan ketulusan dan memberi suasana romantis, bisa dipilih untuk ruang privat seperti ruang tidur.

Penerapan fengshui dalam perancangan sebuah rumah tinggal biasanya dibantu pakar fengshui berkompeten. Terlebih dahulu harus ditentukan pembagian sektor tanah dan kualitasnya, dikaitkan dengan energi bagus dari pemilik rumah (kepala keluarga). Itu dia penjelasan tentang arsitektur dan fengshui, semoga bermanfaat.

Jika #SahabatJagoBangunan ingin mendapatkan informasi lebih banyak atau berdiskusi seputar arsitektur, sipil dan pertukangan, silakan kunjungi website kami atau hubungi call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Sampai bertemu pada artikel-artikel #PakJago yang lain.

Editor: Damae Wardani