Masuk

Tips

Beranda / Tips
Yuk, Lindungi Diri Dengan Cara Ini Agar Tak Terkena Bahaya Listrik
Kesehatan | 25 Jul 2017

Oleh: Dafin

#SahabatJagoBangunan, potensi kecelakaan kerja bisa datang dari mana saja. Termasuk dari sengatan listrik hingga kebakaran yang disebabkan hubungan arus pendek alias konslet. Bahaya listrik, terutama untuk tukang bangunan yang seringkali menggunakan piranti mesin selama bekerja, perlu diwaspadai agar tidak fatal akibatnya.

Berikut beberapa tips dari #PakJago untuk mengurangi bahaya listrik saat bekerja:

1. Gunakan alat pelindung selama bekerja

Salah satu kegunaan alat pelindung ialah menghindarkan diri dari potensi kecelakaan kerja, seperti bahaya listrik. Selalu gunakan sarung tangan dan sepatu khusus yang tidak dapat menghantarkan listrik, agar sentuhan pertama dari sengatan listrik tidak merambat ke tubuh.

2. Jauhkan peralatan kerja dari tempat yang basah

Air merupakan penghantar listrik yang baik. Ini berati meletakkan peralatan di tempat yang berdekatan dengan air atau tampak lembab, justru mengundang bahaya. Selalu simpan peralatan listrik di tempat yang kering, meski tidak digunakan.

Bila hendak menggunakan peralatan listrik yang basah, sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu. Usahakan tempat kerja mendapat pencahayaan yang terang, agar Anda tahu manakala ada kabel listrik terbuka atau terkena genangan air.

Selain tips di atas, berikut beberapa hal yang harus dilakukan agar tetap aman saat pekerjaan bersentuhan dengan sumber listrik:

- Jangan mencabut atau menyentak untuk melepaskan tusuk kontak
- Jauhkan kabel dari panas, minyak, dan benda tajam
- Segera lepas dari sumber listrik bila ada peralatan yang tidak digunakan
- Ganti setiap peralatan yang rusak agar tidak menimbulkan bahaya

Itu dia tips melindungi diri dari bahaya listrik yang bisa Anda lakukan di tempat kerja. Satu hal terpenting, pastikan saklar daya utama untuk mematikan daya listrik mudah dijangkau dan ditandai, agar dapat lekas dimatikan dalam keadaan darurat.

#SahabatJagoBangunan, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan diskusi seputar arsitek, sipil, dan pertukangan Anda bisa berkonsultasi melalui website maupun callcenter – Bebas Pulsa di nomor 0800-188-5656. Ikuti dan simak terus artikel #PakJago berikutnya, ya.