Masuk

Tips

Beranda / Tips
WPC (Wood Plastic Composite): Inovasi Material Bangunan dengan Banyak Kelebihan
Konstruksi Sipil | 03 Feb 2022

Kayu adalah salah satu jenis material konstruksi yang sudah digunakan sejak dulu. Permintaan material kayu di pasaran kini semakin tinggi seiring bertambahnya bangunan yang berdiri. Hal ini menyebabkan harga kayu mulai mengalami kenaikan, dan bukan tidak mungkin beberapa tahun ke depan material kayu akan langka di pasaran.

Di era modern ini, perkembangan teknologi dalam konstruksi dan bangunan sudah sangat pesat. Berbagai inovasi material bangunan bermunculan untuk menjadi solusi dari permasalahan yang ada. Salah satu inovasi tersebut adalah WPC (Wood Plastic Composite). 

Sebenarnya, apa itu WPC? Apa saja kelebihannya sehingga banyak disukai? Yuk, simak penjelasan dari Pak Jago berikut ini!

Apa Itu WPC?

WPC adalah material yang berasal dari campuran kayu dan plastik. Kedua bahan ini dicampur untuk membentuk material yang memiliki kekuatan tinggi, lalu dicetak dalam berbagai bentuk serta ukuran yang dibutuhkan.

WPC dapat dianggap sebagai alternatif pengganti kayu karena harga dan penggunaan kayu yang semakin meningkat. Material ini dibuat dengan komposisi 50% serbuk kayu dan 50% serat plastik. WPC memberikan kekuatan dan keindahan menyerupai kayu dengan daya tahan dan keunggulan plastik. 

Kelebihan WPC

WPC dapat menjadi pilihan material untuk rumah yang akan Sahabat Jago bangun karena memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

  1. Berkualitas Tinggi

Terbuat dari campuran kayu-plastik yang diproses dengan komposisi tepat dan menggunakan teknologi modern, membuat WPC memiliki kualitas yang tinggi dan selalu terjaga. WPC juga biasanya dilapisi melalui proses finishing cat yang modern, sehingga memberikan tampilan yang menarik dan tahan lama.

  1. Daya Tahan yang Kuat

WPC memiliki daya tahan tinggi terhadap benturan, risiko retak yang kecil, dan mampu bertahan dari serangan rayap atau jamur. Bahan plastik yang ada di dalamnya juga membuat WPC memiliki daya tahan yang tinggi terhadap air sehingga mengurangi risiko mengembang saat berada di tempat lembap. Tampilan WPC juga dapat menambah keindahan rumah, terutama bagian outdoor karena warnanya yang tidak cepat pudar.

  1. Kemudahan Pengerjaan

WPC dapat dibuat menjadi berbagai bentuk dan ukuran sesuai kebutuhan. Kemudahan ini membuat WPC dapat digunakan sebagai bahan pagar atau pintu yang memberikan tampilan halus dan elegan.

Tapi di balik kelebihan yang dimiliki, WPC juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya tampilan yang tidak menyerupai tekstur kayu alami sehingga tidak bisa sepenuhnya menggantikan kayu asli. Selain itu, WPC juga rawan meleleh atau berubah bentuk jika terlalu lama terkena panas.

Demikian penjelasan Pak Jago tentang WPC dan berbagai kelebihannya. Ikuti terus tips dan informasi seputar konstruksi dan desain bangunan di situs Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan. Sahabat Jago juga bisa #TanyaPakJago di situs dan Facebook jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan.