Masuk

Tips

Beranda / Tips
Wow! Begini Cara Memasang Bata Ringan yang Cepat dan Tepat Hingga 30 Meter Per Hari
Konstruksi Sipil | 29 Nov 2018

Oleh: Amin Zainullah

Sahabat Jago Bangunan, bata ringan kini terus berkembang dan menjadi alternatif material yang kian banyak digunakan untuk membangun rumah. Selain ringan dan lemnya cepat kering, proses pemasangan cenderung lebih cepat, dan biaya pemasangan tidak jauh beda dengan bata merah. Saking cepatnya, seorang tukang dan pembantu bisa memasang bata ringan hingga 30 m2/hari. Lalu, bagaimana cara pemasangan bata ringan yang benar dan cepat ini? Berikut uraiannya.

1. Pasangan bata ringan menggunakan adukan biasa campuran 1 semen : 3 pasir

Bata ringan bisa dipasang dengan adukan biasa jika nantinya tembok tersebut tidak diplester, sehingga merupakan pasangan dinding ekspos. Nat dibuat tebal 1 hingga 1,5 cm dirapikan agar enak dilihat.

Lestarikan Kearifan Lokal, Duta Terampil Semen Gresik di Pamekasan Ini Sukses Berbisnis Konstruksi Kayu Madura

Tarikan per lapis dipandu dengan benang agar senantiasa datar dan rata. Jangan sampai ceceran nat menutupi permukaan bata ringan agar ketika dicat nanti semua dalam keadaan rapi. Letak nat vertikal juga dirapikan sehingga jarak-jaraknya selalu zig-zag persis di tengah-tengah.

Sumber: di sini.

2. Pasangan bata ringan menggunakan drymix (semen instant)

Jika bata ringan nantinya akan diplester, maka jarak nat tidak berpengaruh, toh nantinya tak akan terlihat lagi. Untuk pemasangan ini gunakan saja drymix atau adukan khusus untuk pemasangan bata ringan yang tinggal menambahkan air dan diaduk sedikit saja sudah jadi adonan semacam lem yang mudah melekat, tapi juga mudah kering sehingga harus secepatnya digunakan setelah mengaduk.

Dari Eksklusif Hingga Sederhana, Ini 3 Inspirasi Desain Rumah Toko (Ruko) yang Hemat Biaya #TanyaPakJago

Tebal adukan ini kisaran 3 mm saja akan tetapi daya rekatnya luar biasa. Dalam waktu 1 jam sudah melekat keras sehingga kita bisa memasang sampai ketinggian 1,50 bahkan 2,00 meter, berbeda dengan pasangan bata merah yang hanya dianjurkan sehari memasang 1 meter saja.

Sumber: di sini.

Untuk hasil terbaik, langkah pemasangannya adalah sebagai berikut:

- Pada pemasangan lapisan pertama usahakan ditimbang dengan selang kemudian tentukan ketinggian lapis pertama agar benar-benar rata dengan tarikan benang yang diikat pada tongkat/ hollow yang dipasang vertikal (lot). Jika kondisi lantai tidak rata maka gunakan adukan 1 semen : 2 pasir untuk meratakan pasangan lapisan pertama di atas lantai, mungkin ada yang tebalnya 3 cm guna mengejar kedataran.

- Jika lapisan pertama sudah benar-benar rata, maka pemasangan selanjutnya akan mudah ditata dan dirapikan.

- Gunakan cetok/sendok adukan yang kecil untuk mengoleskan drymix sehingga tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis, kisaran 3 mm saja sudah cukup. Sekarang tersedia sendok khusus untuk memasang bata ringan yang permukaannya bergerigi.

Sumber: dok. Jago Bangunan.

Untuk nat vertikal juga diolesi adukan drymix setebal 3 mm agar hubungan horizontal antar bata ringan merekat dengan kuat. Sering sekali terlihat banyak tukang yang tak memasang nat vertikal ini karena mengejar borongan/target agar cepat pemasangannya. Hal ini menyalahi prinsip-prinsip pemasangan tembok yang baik dan benar.

- Jika akan memotong maka gunakan gergaji khusus pemotongan bata ringan yang gigi-giginya besar dan disiwar kanan/kiri karena prinsipnya adalah gergaji potong maka giginya cenderung tegak bukan miring seperti gergaji belah.

- Bata ringan tak perlu disiram air sebelum pemasangan, berbeda dengan bata merah

Begini Tahapan Membangun Rumah Setengah Jadi, Solusi Miliki Rumah Tanpa KPR

Demikian cara memasang bata ringan yang benar dan cepat menggunakan campuran semen manual maupun semen instant. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

=====
Mau konsultasi gatis seputar konstruksi, desain bangunan, atau RAB? #TanyaPakJago saja.

Pak Jago nantikan konsultasi Anda melalui call center 0800 108 8888 (bebas pulsa), kotak pesan di Fanpage Jago Bangunan, atau menu konsultasi di website jagobangunan.com.
=====

Editor: Damae Wardani