Masuk

Tips

Beranda / Tips
Waspadai Penyakit yang Dapat Muncul Saat Puasa Berikut
Kesehatan | 22 Jun 2017

Perubahan pola makan dan aktifitas yang terjadi saat berpuasa kerap membuat seseorang jatuh sakit. Yang menjadi masalah bukan puasanya, kemungkinan hal itu terjadi akibat daya tahan tubuh sedang lemah atau minimnya pengetahuan tentang asupan yang dibutuhkan oleh tubuh ketika sedang berpuasa. Terutama pekerja bangunan yang banyak menguras fisik saat bekerja. Aar dapat diantisipasi dan puasa makin lancar, waspadai penyakit yang dapat muncul berikut :

Maag

            Keadaan lambung kosong selama kurang lebih 14 jam dapat membuat produksi asam lambung meningkat yang dapat memicu maag. Penyakit ini tidak dapat terjadi begitu saja, tetapi merupakan akumulasi dari pola makan yang sering tertunda . Tandanya adalah mual, pusing, dan sakit di bagian ulu hati. Sebagai antisipasi, perbanyak asupan serat saat santap sahur. Dalam kaidah pencernaan, serat akan dicerna lebih lama sehingga proses pengosongan lambung akan berjalan lebih lambat.

 

Gula darah rendah

            Bila tubuh kerap lemas, lesu, pusing, mudah lelah hingga konsentrasi menurun, bisa jadi kadar gula darah dalam tubuh sedang rendah. Bila hal ini terjadi, coba diteliti kembali asupan sahur yang dikonsumsi pagi ini. Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat kah? Kebanyakan asupan karbohidrat dapat membuat produksi insulin meningkat dan sebaliknya, kadar glukosa darah justru turun.

 

Tekanan darah rendah

            Penderita tekanan darah rendah memiliki gejala yang hampir mirip dengan penyakit gula darah rendah dan disertai pandangan berkunang-kunang. Biasanya gangguan ini terjadi disebabkan minimnya jumlah konsumsi cairan dan garam ke dalam tubuh. Khusus penderita darah rendah, kacang-kacangan baik bagi tubuh karena dapat dicerna secara perlahan oleh sistem pencernaan. Inilah yang membuat tekanan darah naik. Jadi, konsumsilah buncis, kacang merah, kacang polong dan kacang hijau ke dalam menu makanan sahur dan makan malam setelah berbuka puasa.

 

Dehidrasi                                      

            Tak bisa dihindari, dehidrasi adalah penyakit yang kerap menerpa para muslim yang sedang berpuasa. Siapa saja bisa kekurangan cairan saat berpuasa, karena kondisi tubuh yang tidak memperoleh asupan. Banyak cara dehidrasi ini dapat terjadi, seperti melalui keringat, dan buang air. Untuk mencegahnya, perbanyak minum air selama berbuka dan sahur. Agar makin lengkap, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minuman isotonik atau larutan elektrolit.