Masuk

Tips

Beranda / Tips
Waspada, 7 Bidang Pekerjaan Ini Rawan Gangguan Kesehatan, Anda Juga?
Kesehatan | 26 Mar 2018

Oleh: Redaksi

Jangan berpikir resiko penyakit kanker hanya bisa menjangkiti para pekerja yang hanya berkutat dengan bahan-bahan kimia. Pekerja yang menghabiskan waktunya berjam-jam di balik layar tanpa disertai gerakan atau aktivitas pun rentan terkena resiko ini. Disarankan bagi Anda yang memiliki pekerjaan seperti 7 daftar berikut ini, agar lebih memperhatikan pola hidup dan kesehatannya. Apa sajakah profesi itu? Berikut sebagaimana dilansir dari Boldsky:

1. Pekerja shift

pexels.com

Penelitian mengungkap pekerja yang ada di shift malam dapat memicu resiko terkena kanker. Hal ini dikarenakan gangguan ritme sirkadian (proses biologis yang menunjukkan osilasi endogan dan berulang setiap sekitar 24 jam) di dalam tubuh. Pada pekerja wanita dapat memicu terjadinya kanker payudara dan kanker paru-paru pada pria. Jadi, untuk para pekerja di shift malam sebaiknya berhati-hati.

2. Pekerja yang kurang gerak

pexels.com

Pekerja yang berada di belakang layar atau yang tidak membutuhkan banyak gerakan fisik rentan terkena couch potato syndrome. Resiko gangguan usus, endometrium, hingga kanker payudara atau paru-paru rentan menjangkiti para pekerja yang beraktivitas rendah dalam kerjanya.

3. Pilot dan awak kabin

pixabay.com

Ilmuwan menemukan bahwa pilot dan kru pesawat terekspos sinar ultraviolet dan radiasi kosmik saat bekerja. Hal ini karena tempat kerja mereka yang berada di ketinggian sehingga resiko terkena penyakit kanker juga tinggi.

Baca Juga: Rasa Haus Ternyata Berbahaya, Ini 5 Akibat Jika Anda Meremehkannya

4. Pengemudi atau sopir

pixabay.com

The International Agency for Research on Cancer telah membuktikan bahwa asap mesin diesel yang dikeluarkan oleh knalpot dapat mengendap dan merusak organ paru-paru. Oleh karena itu para pengemudi lebih beresiko terjangkiti kanker paru-paru akibat gas berbahaya yang mereka hidup selama berjam-jam dalam perjalanan.

5. Karyawan Logam dan Penambang

pixabay.com

Para pekerja di industri logam memiliki resiko lebih besar terkena kanker ginjal dan pangkal tenggorokan. Sebanyak 75% wanita yang berada dalam bidang kerja ini memiliki resiko lebih besar terkena kanker payudara. Begitu pula para penambang, kontak langsung dengan logam beracun dapat memicu resiko terkena penyakit kanker otak dan kanker tiroid.

6. Penata rambut

pexels.com

Tanpa disadari profesi ini juga rentan terhadap resiko kanker. Dalam kerjanya, para penata rambut ini berhadapan dengan bahan kimia yang ada pada produk kecantikan yang digunakan seperti pewarna rambut. Kanker kandung kemih, laring, dan paru-paru mudah menjangkiti para pekerja bidang jasa ini.

7. Pekerja konstruksi

pexels.com

Kanker kulit adalah kanker yang rentan menimpa para pekerja konstruksi. Selain itu kanker lainnya seperti kanker paru-paru juga dapat menjangkiti mereka Hal ini disebabkan debu-debu bangunan yang beterbangan di udara atau dari bahan-bahan material.

Baca Juga: 2 Langkah Penting Saat Membangun Tembok Rumah, Agar Tidak Mudah Roboh