Masuk

Tips

Beranda / Tips
Unik dan Tidak Membosankan, Tangga Melayang Ini Hadirkan Nuansa Beda di Ruangan
Konstruksi Sipil | 31 Aug 2017

Oleh: Dwi Klarasari

Pemilihan konstruksi tangga melayang agaknya belum begitu populer. Dari sekian banyak proyek yang #SahabatJagoBangunan kerjakan, berapa yang menerapkan konstruksi tangga melayang? Boleh jadi bisa dihitung dengan jari, ya?

Padahal penerapan tangga melayang yang unik ini bikin nuansa ruangan lebih atraktif dan tidak membosankan, lho.. Meski ada beberapa kelemahan, menurut #PakJago konstruksi tangga melayang memiliki berbagai kelebihan yang perlu dipertimbangkan. Sepakat atau tidak, Sahabat?

Sebelum Anda jawab, mari simak terlebih dahulu ulasan #PakJago berikut ini.

Konstruksi Tangga Melayang

Anak tangga kaca atau bilah baja tipis memberi kesan ringan. (Sumber: disini)

Kekhasan konstruksi tangga melayang (floating stair) ialah seakan tidak memiliki tiang penguat. Namun, anak tangga yang terlihat seakan melayang sebenarnya dikaitkan pada induk tangga (balok beton) di dalam dinding dengan konstruksi kantilever (keseimbangan).

Selain beton bertulang, rangka anak tangga dapat dibuat dari baja yang ditanam pada dinding struktural. Tangga melayang biasanya diletakkan pada sisi dinding dan dibuat menerus tanpa bordes, kecuali jika posisinya pada dinding menyudut.

Konstruksi tangga melayang dari beton bertulang atau rangka baja yang dikaitkan atau ditanam kokoh pada dinding. (Sumber: disini)

Kekuatan konstruksi kantilever tangga melayang harus benar-benar diperhatikan. Meskipun menggantung, konstruksi tangga melayang yang dibuat dengan perhitungan tepat akan benar-benar kokoh dan aman, sehingga mampu menahan beban mati dan beban manusia.

Alternatif Material Pijakan

Untuk memperkuat kesan mengapung atau melayang, material anak tangga (pijakan) dapat dibuat dari kaca atau bilah baja tipis atau kayu. Bisa juga anak tangga berupa beton kantilever di-finishing dengan cat, resin atau material pelapis lain (marmer atau ubin lain) bernuansa netral—putih, krem, atau cokelat muda. Bisa juga dilapis papan kayu artifisial. Kesan melayang dapat semakin diperkuat dengan meniadakan unsur railing.      

 Sumber: disini. 

Kelebihan dan Kekurangan

Sebelum menerapkan model tangga ini, pertimbangkan segala kelebihan dan kekurangannya serta pastikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan ruang. Selain tampilan atraktif yang berpotensi menambah keindahan ruang, beriku tbeberapa kelebihan lain tangga melayang.

- Tampilannya yang unik dapat menghalau suasana ruang yang membosankan.

- Tangga ini relatif menghemat tempat, sehingga cocok untuk ruangan sempit.

- Sosok tanggayang tipis dan ringan membuat ruangan terkesan terang dan lebih lapang.

 Anak tangga berupa plat baja dilapis bilah kayu. (Sumber: disini).

- Secara psikologis, kesan ringan menjadi sugesti yang memberi kenyamanan bagi orang-orang tertentu yang merasa bahwa menaiki tangga itu sebuah beban berat.

- Ketiadaan struktur atau tiang penguat menciptakan ruang kosong di bawah tangga yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang alternatif jika diperlukan.

Sementara kekurangan utama yang harus dipertimbangkan adalah tidak adanya railing (balustrade). Ketiadaan pegangan tangan boleh jadi menimbulkan rasa khawatir atau takut bagi orang-orang tertentu. Selain itu berpotensi menimbulkan bahaya, terutama bagi anak-anak dan lansia.

Pegangan tangan nonstruktural dapat ditambahkan untuk keamanan. (Sumber: disini)

Jadi, untuk penerapan tangga melayang di rumah dengan banyak anak dan lansia, sebaiknya ditambah railing demi mengantisipasi risiko kecelakaan. Agar kesan ringan dan melayang tetap terjaga, pilihlah material tipis atau transparan seperti kawat baja atau dinding kaca. 

Bila #SahabatJagoBangunan berkesempatan menggarap tangga melayang, pastikan konstruksinya benar-benar dikerjakan dengan baik. Jadi tangga unik ini tidak sekadar membuat nuansa bangunan menjadi indah dan tidak membosankan, tetapi juga aman dan nyaman dipijak.

Untuk informasi lebih banyak atau berdiskusi seputar arsitektur, sipil, dan pertukangan, silakan kunjungi website kami atau hubungi call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Simak artikel #PakJago yang lainnya, ya.

Editor: Damae Wardani