Masuk

Tips

Beranda / Tips
Tukang Bangunan Juga Harus Bisa Membuat Analisa RAB, Latihan Dulu, Yuk!
Konstruksi Sipil | 12 Dec 2019

Oleh: Amin Zainullah

Pembuatan RAB untuk rumah berbeda dengan pekerjaan irigasi, jalan, atau jembatan, karena item pekerjaannya berbeda. Setiap analisa memiliki angka atau koefisien kebutuhan bahan, dan koefisien besarnya upah harian yang ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama antara para pengguna jasa (pemerintah/swasta/perorangan) dan penyedia jasa (konsultan, pengawas, pemborong).

Kedua pihak mengadakan penghitungan bersama guna menentukan besaran koefisien baik untuk besaran material maupun upah atau sewa peralatan. Untuk pekerjaan swasta bisa saja tidak menggunakan analisa tersebut. Namun jika timbul perselisihan maka akan kesulitan ketika mengadu ke pengadilan, karena patokannya berbeda dengan peraturan menteri yang berlaku, biasanya mereka mengadu ke Arbitrase.

Pada zaman Hindia Belanda tepatnya tanggal 28 Februari 1921 Burgerlijke Openbare Werken (BOW) atau sekarang disebut Dinas Pekerjaan Umum, mengeluarkan peraturan No. 5372 A, sebagai tonggak sejarah adanya standarisasi Analisa Harga Satuan. Peraturan ini mengalami perubahan, disesuaikan dengan kemajuan pembangunan serta munculnya bahan-bahan baru di masyarakat, seperti adanya triplek, keramik, batu hias, bata ringan, baja ringan dsb yang pada saat itu belum ada.

Baca Juga: Pondasi Setempat, Solusi Terbaik untuk Tanah Bergerak

Perkembangan terakhir, dikeluarkannya Peraturan Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) No 28 tahun 2016. Untuk pekerjaan pemerintah, maka panduannya harus mengacu pada koefisien tersebut, meskipun kadangkala mengalami keganjilan atau kurang sesuai dengan fakta di lapangan.

Untuk itu, terkadang harus pandai memasukkan harga satuan agar harga akhirnya wajar. Sering terjadi upah pekerja yang dibayarkan Rp80.000/hari. Namun jika angka tersebut dimasukkan, maka harga akhir menjadi terlalu mahal, sehingga khawatir tidak menang tender. Karenanya, dapat diturunkan menjadi Rp70.000/hari agar harga akhir tidak melampaui pagu yang ditetapkan.

Saat ini hampir semua proyek pemerintah sudah menerapkan E-Procurement atau pengadaan barang lewat lelang elektronis, sehingga tidak perlu lagi menyetorkan dokumen yang sangat tebal ketika lelang.

Contoh Analisa Harga Satuan:

Pembuatan 1 m3 pondasi batu belah campuran 1 semen : 6 pasir:

(Sumber: Dok. Jago Bangunan)

Analisa tersebut hanya salah satu contoh item saja. Masih banyak sekali analisa lainnya.

Koefisien batu belah = 1,200 m3, semen = 117 kg dan pasir 0,561 m3 dihitung berdasarkan perhitungan yang teliti, baik melalui percobaan maupun pengamatan di lapangan. Koefisien untuk pekerjaan konvensional tersebut sudah ada sejak dikeluarkannya analisa BOW. Demikian juga untuk koefisien tenaga.

Baca Juga: Ternyata Kekuatan Bangunan Bergantung pada Komponen Stuktural Ini, Kenali, Yuk!

Sebanyak 1,500 tenaga dan 0,600 tukang, artinya dalam bekerja 1 tukang dibantu 2 tenaga dan dalam sehari harus bisa memasang 1:0,600 = 1,677 m3. Dalam praktiknya, akan ada lebih banyak pasangan pondasi dipasang, bisa mencapai 2 hingga 4 m3. Sehingga pemborong secara teori akan mendapat untung dari pekerjaan pondasi ini, jika cuaca maupun situasi mendukung.

Angka kepala tukang 0,060, maksudnya dalam sehari seorang kepala tukang bisa mengawasi 0,600: 0,0060 = 10 tukang dan bisa mengawasi 1,500 : 0,0600 = 25 pekerja. Seorang mandor dalam sehari bisa mengawasi 0,600:0,075 = 8 tukang dan 1,500:0,075 = 20 pekerja.

Untuk RAB Pembangunan rumah, urutannya sebagai berikut:

(Sumber: Dok. Jago Bagunan)

Serta masih banyak lagi item-item berikutnya.

Dari uraian per item tersebut, kemudian dibuatkan rekapitulasi sebagai berikut:

(Sumber: Dok. Jago Bangunan)

Hal yang paling memakan energi adalah membuat perhitungan volume, karena memerlukan ketelitian dan kesabaran, serta cukup pandai dalam matematika/ilmu hitung. Demikian sekilas pengetahuan tentang RAB, semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

Baca Juga: Cara Menghitung Kebutuhan Material Untuk Pekerjaan Plesteran

=====
Mau konsultasi gatis seputar konstruksi, desain bangunan, atau RAB? #TanyaPakJago saja.

Pak Jago nantikan konsultasi Anda melalui call center 0800 108 8888 (bebas pulsa), kotak pesan di Fanpage Jago Bangunan, atau menu konsultasi di website jagobangunan.com.
=====

Editor: Damae Wardani