Masuk

Tips

Beranda / Tips
Tips Menyulap Apartemen Studio Menjadi Luas dan Stylish
Desain Bangunan | 13 Jan 2021

Tips Menyulap Apartemen Studio Menjadi Luas dan Stylish

 

Hunian sempit tidak lagi identik dengan hunian kurang nyaman. Pasalnya, kini ada beragam furnitur yang menjadi pelengkap interior untuk ruangan sempit. Penghuni apartemen studio dengan luas terbatas tidak perlu khawatir atau merasa kurang nyaman tinggal di dalamnya. Dengan penataan dan furnitur yang tepat, ruangan sempit dapat terasa lebih luas dan lega. Bagaimana cara mengaplikasikannya? Mari simak artikel berikut.

 

1.Terapkan Konsep Open Space (Ruang Terbuka)

Membiarkan ruangan terbuka tanpa sekat dinding maupun perabot adalah langkah termudah untuk membuat apartemen studio terasa lebih luas. Dari kasur, meja makan, hingga dapur, semuanya dibiarkan menyatu tanpa pembatas apapun. Dengan begitu saat memasuki ruangan, semua sudut dan furnitur yang ada akan terlihat sehingga memberikan kesan luas.

2.Pakai Rak Tembus Pandang

Jika Anda lebih suka memberikan sekat agar bagian-bagian dalam apartemen lebih tertata, Anda bisa menggunakan rak buku tembus pandang. Rak ini dapat diakses melalui 2 sisi sekaligus. Jika rak buku digunakan untuk membatasi kasur dan sofa, maka kasur masih terlihat dari sisi sofa maupun sebaliknya.

 

Anda bisa mengisi rak tersebut dengan buku maupun pajangan seperti patung souvenir maupun bingkai foto.

 

 

 

3.Pilih Kursi Bar

Meski luas ruangan terbatas, ada sebagian orang tetap ingin mempunyai meja makan agar kegiatan makan tidak dilakukan di sofa. Apakah Anda salah satunya? Jika ya, Anda bisa memilih set meja dan kursi bar. Meja dan kursi ini memiliki kaki yang tinggi sehingga tetap memberikan kesan lapang.

 

Selain berfungsi sebagai meja makan, Anda juga bisa menggunakannya untuk aktivitas lain semisal bekerja maupun belajar.

 

 

 4.Gunakan Rak Ambalan

Jenis rak satu ini merupakan pilihan terbaik sebagai furnitur ruangan dengan luas terbatas. Pasalnya, rak ambalan tidak memakan tempat di lantai tetapi menempel di dinding.

 

Rak ambalan mempunyai beberapa model. Model paling dikenal yaitu rak ambalan dengan siku dan rak melayang (floating shelf). Papan rak ambalan dengan siku mempunyai siku di bagian bawahnya, sedangkan rak melayang tidak. Rak ambalan siku dapat dipasang hanya dengan palu. Berbeda dengan rak melayang yang harus menggunakan bor dinding.

  

 

5.Pilih Furnitur Multi Fungsi

Jika Anda menggunakan sofa, pilihlah jenis sofa yang juga memiliki fungsi lain. Misalnya sofa yang mempunyai laci di bagian bawahnya. Sama halnya saat memilih ranjang kasur. Pilih ranjang yang mempunyai bagian penyimpanan. Dengan demikian, Anda tetap bisa menyimpan barang tanpa harus memakan tempat lagi.

 

6.Percantik dengan Tanaman Hijau

Usahakan menyisakan tempat untuk menambahkan tanaman hijau dalam apartemen studio sebagai dekorasi. Ukuran tanaman bisa besar maupun sedang. Akan lebih baik jika Anda tidak memilih tanaman berukuran terlalu kecil. Sebab, sebagai dekorasi ukuran tanaman terlalu kecil kurang memberikan efek pada estetika ruangan. Selain mempercantik ruangan, keberadaan tanaman hijau juga membuat udara jadi lebih segar.

 

 

Konsultasi Jago Bangunan

Demikian tips yang bisa Anda terapkan pada apartemen studio Anda agar terasa lebih luas dan lega. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar interior atau konstruksi, silahkan langsung menghubungi kami melalui website Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan