Masuk

Tips

Beranda / Tips
Tips Jitu Menghindari Korosi Bangunan

Korosi pada konstruksi bisa terjadi pada Beton atau tembok dan korosi pada Baja Tulangan. Pada artikel ini secara khusus akan dibahas korosi pada Baja Tulangan.Hampir seluruh bangunan menggunakan besi baja tulangan untuk menyokong kekuatan konstruksi. Baja adalah logam yang bisa mengalami korosi atau karatan, dan bila hal ini terjadi bisa mengakibatkan kekuatan konstruksi berkurang. Bila karatan dibiarkan dan tidak segera ditangani dengan baik maka bisa akan membahayakan penghuni bangunan. Baja tulangan yang karatan akan membesar dan mendesak beton sehingga bisa terkelupas atau pecah

PENYEBAB KOROSI PADA BAJA TULANGAN

Korosi terjadi karena baja tulangan di dalam beton bereaksi dengan air dan udara dan membentuk karat. Apalagi bila baja tulangan yang akan digunakan untuk struktur bangunan tidak diproteksi dengan Cat sebelumnya. Dari mana air ini berasal? Air dari hasil sisa-sisa reaksi antara air dan semen atau Air yang masuk dari luar Tembok atau beton yang tidak kedap air.

content image

(Gambar: Baja tulangan tidak berkarat)

MENCEGAH TERJADINYA KOROSI

Korosi pada baja tulangan bisa dicegah dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  • Memproteksi baja tulangan yang akan digunakan.

Sebelum digunakan pastikan baja baja tulangan dibersihkan dari korosi permukaan akibat penyimpanan pada udara terbuka. Akan lebih baik bila setelah dibersihkan, baja tulangan diproteksi dengan menggunakan cat. Ini adalah cara terbaik untuk mencegah korosi pada baja tulangan, karena bila tidak dicat dan langsung digunakan tertutup oleh beton, besar kemungkinan terjadi korosi di kemudian hari

content image
  • Proteksi Beton dengan cat waterproof

Mencegah korosi pada baja tulangan bisa dilakukan dengan melindungi beton dengan cat tujuannya adalah agar beton kedap air dan udara. Bila tembok tidak terpapar langsung dengan cuaca cukup digunakan Cat Tembok, namun untuk bagian yang terpapar langsung dengan cuaca  (panas dan hujan) perlu digunakan cat weather shield, sehingga air dan udara tidak masuk dan menyebabkan korosi. Apalagi bila tulangan yang digunakan tidak dilindungi dengan cat maka proteksi beton harus dilakukan.

  • Monitoring

Melakukan pengecekan secara teratur kondisi tembok atau beton untuk memastikan masih utuh, masih terlindungi dan kedap air. Apabila terjadi kerusakan pada cat segera diperbaiki, agar air tidak masuk dan mengenai baja tulangan untuk mencegah korosi.

Apa untungnya bagi tukang untuk melakukan pencegahan korosi ini, bukankah pekerjaan sudah selesai dan efek buruk dari korosi baru akan kelihatan beberapa tahun kemudian?

Hal Ini adalah bentuk kepedulian jangka panjang yang penting untuk dilakukan. Bila terjadi masalah di kemudian hari, orang yang punya rumah pasti akan ingat siapa dulu yang mengerjakan. Lebih baik melakukan pencegahan terjadinya korosi (Faiat Toifi)