Masuk

Tips

Beranda / Tips
Tips Jitu Membangun Rumah Berkualitas dengan Harga Terjangkau
Konstruksi Sipil | 04 Oct 2021

Rumah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang mau tidak mau harus dipenuhi oleh setiap orang, selain pakaian dan makanan. Tapi tingginya harga rumah, tentu menjadi pertimbangan bagi Sahabat Jago, apalagi yang kantongnya pas-pasan. Menunda memiliki rumah juga bukan pilihan yang tepat karena harga rumah semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Daripada bingung membeli rumah dengan harga mahal tapi tidak sesuai keinginan, Sahabat Jago bisa membangun rumah sendiri. Tidak hanya sesuai dengan keinginan, seperti desain atau lokasi, Sahabat Jago juga bisa menyesuaikannya dengan kemampuan anggaran. Di bawah ini, ada beberapa tips dari Pak Jago untuk membangun rumah dengan harga terjangkau tapi tetap berkualitas.

 

Buatlah Rencana Pembangunan

Sebagai tahap awal, rencana pembangunan rumah harus Sahabat Jago buat dengan matang. Mulai dari biaya, bahan material, ukuran bangunan, denah ruangan, pekerja, hingga waktu pengerjaan, semua disusun dengan rinci. Rencana pembangunan dibuat agar tidak ada proses yang melenceng sehingga mempengaruhi biaya dan lamanya waktu pengerjaan.

Untuk menghitung kebutuhan bahan berbasis semen, Sahabat Jago bisa menggunakan fitur kalkulator Jago Hitung. Dengan mengetahui perkiraan kebutuhan bahan, Sahabat Jago bisa menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) dengan rinci sehingga mencegah keluarnya biaya berlebihan.

 

Pilih Desain Rumah yang Tepat

Untuk membangun rumah dengan harga terjangkau, Sahabat Jago bisa memilih desain minimalis. Desain minimalis tidak terlalu banyak memiliki ruang, sehingga akan menghemat biaya dekorasi serta bahan bangunan yang berlebihan. Rumah minimalis sangat cocok untuk pasangan yang baru menikah atau Sahabat Jago yang tinggal di perkotaan dengan lahan terbatas.

 

Sesuaikan dengan Anggaran yang Dimiliki

Jika anggaran yang dimiliki terbatas, Sahabat Jago bisa membangun rumah secara bertahap dengan desain rumah tumbuh. Rumah tumbuh adalah rumah yang dibangun secara bertahap karena lahan yang terbatas atau minimnya anggaran. Desain ini cocok untuk pasutri yang berencana menambah ruangan seiring bertambahnya anggota keluarga.

Misal di awal, Sahabat Jago hanya memiliki anggaran untuk membangun rumah yang terdiri dari ruang tamu, 1 kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Jika nantinya Sahabat Jago memiliki anggaran lebih, kamar atau ruangan tambahan bisa dibangun. Dengan cara bertahap, Sahabat Jago bisa membangun bagian rumah yang memang diperlukan lebih dulu.

 

Satu Ruangan Banyak Fungsi

Rumah dengan banyak ruangan tentu memerlukan biaya lebih untuk membangunnya, begitu juga sebaliknya. Desain rumah minimalis atau tumbuh membuat Sahabat Jago bisa menggabungkan beberapa fungsi ruangan ke dalam satu ruangan. Misal, ruang keluarga digabungkan dengan ruang tamu atau ruang makan digabungkan dengan dapur. Dengan cara ini, rumah tidak perlu banyak ruangan sekaligus bisa menghemat biaya pembangunan.

 

Pilih Bahan dan Tukang Bangunan Jempolan

Sahabat Jago tentu harus pintar dalam memilih bahan bangunan yang akan digunakan. Tidak semua bahan bangunan memiliki harga yang sama di setiap toko. Karena itu, Sahabat Jago harus melakukan survei harga ke beberapa toko bangunan untuk memperoleh harga yang paling terjangkau dan sesuai kantong. Jika belum paham tentang harga dan kualitas bahan bangunan, Sahabat Jago bisa mengajak teman atau kenalan yang paham masalah ini.

Dalam hal semen dan mortar instan, Sahabat Jago bisa menggunakan Semen Gresik dan Mortar Indonesia untuk membuat bangunan menjadi lebih kokoh dan tahan lama. Kedua produk SIG ini menggunakan bahan baku berkualitas, sehingga memiliki daya rekat terkuat, lebih cepat kering, dan hasil aplikasi lebih maksimal.

Selain bahan bangunan, Sahabat Jago harus hati-hati memilih tukang bangunan. Jangan hanya tertarik dengan harga yang murah, tapi pekerjaan tidak sesuai harapan. Ujung-ujungnya, biaya justru membengkak karena pekerjaan yang “ngaret”. Pilih tukang bangunan yang berpengalaman tapi harganya masih terjangkau. Sahabat Jago bisa mencari informasi ke tetangga atau kenalan yang pernah membangun atau merenovasi rumah. Selain lebih tepercaya, Sahabat Jago juga bisa melihat langsung hasil pekerjaan tukang bangunan tersebut.

Demikian tips jitu membangun rumah berkualitas dengan harga terjangkau dari Pak Jago. Ikuti terus tips dan informasi seputar konstruksi dan desain bangunan di situs Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan. Sahabat Jago juga bisa #TanyaPakJago di situs dan Facebook jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan.