Masuk

Tips

Beranda / Tips
Tanpa Obat, Lakukan 8 Tips Ini Untuk Meredakan Sakit Kepala yang Tiba-Tiba Menyerang
Kesehatan | 31 Aug 2017

Oleh: Dhafintya Noorca

#SahabatJagoBangunan, tubuh sakit merupakan pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres di dalam organnya. Bisa terjadi karena kelelahan bekerja, kurangnya waktu istirahat, dan masuknya virus atau kuman ke dalam tubuh. Pusing atau kepala tiba-tiba serasa berputar adalah salah satu gejala yang umum terjadi.

Banyak orang mendefinisikan pusing ini dengan cara berbeda. Beberapa orang menggambarkan sensasi seperti ditusuk-tusuk tepat di syaraf kepala, kepala yang terasa ringan, hingga seolah-olah semua yang ada di sekeliling terasa berputar.

Jika Sahabat tiba-tiba mengalami sakit kepala di tempat kerja, jangan panik. Lakukan 8 tips ampuh yang #PakJago berikan untuk #SahabatJagoBangunan berikut ini.

  1. Cari posisi yang nyaman, coba posisi duduk atau berbaring

Sumber: disini.

Pusing biasanya melanda ketika Anda berdiri atau melakukan gerakan yang spontan. Saat muncul tanda-tanda pusing atau kepala yang mendadak terasa ringan, segera cari posisi nyaman dengan duduk atau berbaring. Tindakan ini biasanya bisa meringankan sensasi berputar di kepala.

Di sisi lain, dengan merebahkan diri kemungkinan cedera saat tiba-tiba terjatuh juga dapat diminimalisir. Berbaring akan meningkatkan aliran darah ke otak. Tetaplah duduk atau berbaring selama 1-2 menit, atau sampai rasa pusingnya hilang.

  1. Perbanyaklah minum air putih

Sumber: disini.

Pusing seringkali juga disebabkan karena dehidrasi. Kondisi ini umumnya terjadi karena kurangnya asupan air atau lupa untuk mengisi cairan dalam tubuh saat #SahabatJagoBangunan sedang bekerja. Bukan hanya pusing yang ditimbulkan, kekurangan cairan bisa mengakibatkan muntah-muntah, diare atau demam. Meskipun tengah bekerja, konsumsi air putih tidak boleh terlewat ya, Sahabat.

  1. Makanlah sesuatu 

Sumber: disini.

Coba diingat, kapan terakhir kali Anda memasukkan asupan ke dalam tubuh. Terlalu fokus saat bekerja juga kerap membuat #SahabatJagoBangunan tanpa sadar menunda makan.

Pusing bisa juga terjadi karena kadar gula darah yang rendah, terutama sering dialami oleh penderita diabetes. Ketika rasa pusing menyerang, cobalah untuk memasukkan asupan energi dalam tubuh, sebaiknya sesuatu yang tinggi karbohidrat atau gula. Cokelat batang atau pisang bisa menjadi pilihan yang tepat.

  1. Fokuslah pada titik tertentu  

Sumber: disini.

Untuk mencegah sensasi berputar-putar ketika pusing menyerang, beberapa orang mempusatkan pandangan mereka pada titik tertentu. Dengan memusatkan perhatian pada tempat tertentu, seperti celah di langit-langit atau setitik noda di lantai, dapat menyadarkan indera bahwa #SahabatJagoBangunan tidak benar-benar berputar. Otak mengirim sinyal untuk melakukan perintah yang bertolak-belakang dengan yang tubuh kita berusaha katakan. 

  1. Tarik napas panjang.

Sumber: disini.

Rasa cemas yang tiba-tiba melanda kerap menyebabkan pusing. Cemas karena proyek tidak kunjung selesai, atau takut dimarahi oleh atasan misalnya. Seringkali, saat cemas datang, #SahabatJagoBangunan bernapas terlalu banyak dan sering. Cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam dan perlahan. Selain mengurangi rasa pusing, menarik nafas panjang membantu Anda untuk tetap tenang disaat cemas.

  1. Hindari cahaya langsung yang terang.

Sumber: disini.

Jika Anda diserang rasa pusing tiba-tiba, coba hindari sinar lampu yang terlalu terang secara langsung, televisi atau laptop. Cahaya terang bisa mengakibatkan kebingungan dan memperparah pusing yang Anda alami. Cobalah duduk atau berbaring di ruangan gelap, atau Anda bisa menutup mata selama satu atau dua menit.

  1. Banyak beristirahat.

Sumber: disini.

Pusing merupakan gejala umum yang terjadi karena tubuh terlalu lelah dan butuh beristirahatnya. Akibatnya penyakit seperti pilek maupun flu biasanya disertai dengan kepala pusing. Bila pekerjaan #SahabatJagoBangunan cukup menyita, perbanyaklah istirahat. Anda juga bisa meminta ijin pada atasan bila kondisi tubuh tidak memungkinkan untuk bekerja.

  1. Perbanyak pula mengkonsumsi ramuan herbal

Sumber: disini.

Jahe sudah lama digolongkan sebagai ramuan alami selama ratusan tahun untuk mengobati rasa pusing dan mual. Studi ilmiah membuktikan khasiat jahe yang dapat meredakan pusing langsung ke sumbernya. Tanaman rempah-rempah ini meredakan pusing dengan merangsang aliran darah ke otak, karena pusing seringkali disebabkan oleh sirkulasi yang buruk. Selain jahe, #SahabatJagoBangunan bisa mengkonsumsi suplemen zat besi.

Nah, itu dia 8 langkah yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit kepala yang tiba-tiba menyerang. Jangan terburu-buru mengonsumsi obat pereda jika belum dibutuhkan atau bisa diatasi dengan langkah-langkah itu dulu. Mari jaga kesehatan dan semoga pekerjaan Anda selalu lancar ya, Sahabat.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan diskusi seputar arsitek, sipil, dan pertukangan, Anda bisa berkonsultasi melalui website maupun call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Ikuti dan simak terus artikel #PakJago berikutnya, ya.

Editor: Damae Wardani