Masuk

Tips

Beranda / Tips
Taman di Atap: Manfaat dan Cara Membuatnya
Konstruksi Sipil | 25 Mar 2022

Sumber gambar di sini

Taman di atas atap rumah atau bangunan adalah salah satu cara penghijauan yang dilakukan di kota-kota besar. Dengan terbatasnya lahan yang ada, taman di atap menjadi alternatif yang tepat untuk menjaga serta meningkatkan kualitas lingkungan.

Bagi Sahabat Jago yang malas bepergian di akhir pekan, taman di atap bisa menjadi tempat bersantai bersama keluarga sambil melihat pemandangan sekitar. Dengan membuat taman di atap, Sahabat Jago juga tidak perlu khawatir datangnya gangguan dari ayam atau kucing yang bisa merusak tanaman atau rumput.

Di artikel ini, Pak Jago tuliskan apa saja manfaat dan bagaimana cara membuat taman di atap. Untuk tahu selengkapnya, Sahabat Jago simak sampai selesai ya!

Manfaat Taman di Atap

Sumber gambar di sini

Sebelum Pak Jago beri tahu cara membuatnya, ada baiknya Sahabat Jago tahu apa saja manfaat dari taman di atap. Berikut beberapa manfaat di antaranya:

  1. Mengurangi Panas Matahari

Sebagai negara tropis, Indonesia selalu mendapat sinar matahari sepanjang tahun, sehingga tentu saja Sahabat Jago sudah terbiasa dengan cuaca panas. Tapi ada waktunya saat matahari bersinar sangat terik dan udara di dalam rumah menjadi panas. Taman di atap bisa meredam sinar matahari yang mengenai atap bangunan secara alami, tanpa perlu lagi menggunakan kipas angin atau AC di dalam ruangan.

  1. Menjadi Tempat Berkumpul dan Bersantai

Taman di atap bisa menjadi pilihan tempat untuk menjamu tamu yang datang. Dengan area yang lebih luas daripada di dalam rumah, taman di atap dirasa lebih nyaman untuk mengobrol atau sekadar minum kopi. Di sini, Sahabat Jago juga bisa menambahkan bangku atau sofa kecil untuk duduk.

  1. Bisa Menambah Penghasilan

Ini tentu akan membuat Sahabat Jago lebih tertarik untuk membuat taman di atap. Sahabat Jago bisa menanam buah-buahan, sayuran, atau tanaman lain secara hidroponik. Hasil panen bisa Sahabat Jago konsumsi sendiri atau justru dijual untuk menambah penghasilan. Yang terpenting, hewan seperti ayam atau kucing tidak bisa merusak tanaman Sahabat Jago. 

Cara Membuat Taman di Atap

Sumber gambar di sini

Membuat taman di atas atap bisa dianggap seperti membangun rumah, harus dilakukan dengan benar agar fungsinya juga maksimal. Ukuran taman tidak perlu terlalu besar, bahkan cukup dengan ukuran 4x4 m2 Sahabat Jago sudah bisa mendapatkan taman yang memadai. Berikut cara membuat taman di atap yang bisa Sahabat Jago praktikkan:

  1. Cek Kekuatan Struktur Bangunan

Cara pertama yang harus dilakukan adalah memastikan rumah atau bangunan Sahabat Jago cukup kuat untuk menopang taman di atas atap. Pengecekan dilakukan untuk mengetahui kekuatan struktur bangunan, apakah dengan penambahan taman di atap, struktur bangunan masih mampu menopang gaya dan tekanan yang bekerja. Sahabat Jago bisa meminta bantuan jasa dari ahli untuk mengecek kekuatan struktur bangunan.

  1. Buat Desain Taman

Setelah mengetahui kekuatan struktur bangunan, Sahabat Jago bisa membuat desain taman yang akan dibangun. Tentukan tanaman yang akan ditanam atau barang yang akan dipasang pada taman. Pastikan jumlahnya tidak terlalu banyak dan bentuknya tidak terlalu besar agar taman tidak penuh sesak, memiliki tampilan yang indah, serta fungsi sebuah taman bisa didapatkan dengan maksimal.

Sahabat Jago bisa menanam rumput yang perawatannya mudah. Selain itu, bunga dalam pot, seperti mawar atau melati, bisa jadi pilihan untuk menghadirkan taman yang lebih berwarna-warni. Atau ingin sekaligus menambah penghasilan? Tanaman sayur, seperti selada atau tomat, cocok juga untuk taman di atas atap. Yang perlu diingat, hindari tanaman yang berakar keras atau menghujam ke bawah seperti palem karena bisa merusak lapisan beton pada lantai taman.

  1. Pilih Kontraktor yang Tepercaya

Ini bagian yang sangat penting dalam membangun taman di atap impian Sahabat Jago. Dengan memilih kontraktor spesialis taman yang tepercaya, Sahabat Jago akan mendapatkan hasil yang maksimal sesuai desain atau rencana awal. Sahabat Jago bisa mencari info kontraktor yang tepercaya lewat tetangga atau kenalan yang pernah membangun taman di atap. Sekarang Sahabat Jago juga bisa mencari infonya lewat internet atau website, salah satunya melalui Instagram Sobat Bangun atau website Sobat Bangun.

  1. Pelajari Metode Pemeliharaan Taman

Setelah taman di atap selesai dibangun, Sahabat Jago tentu harus memeliharanya agar taman bisa awet dan bertahan lama, serta manfaatnya bisa dirasakan dengan maksimal. Pelajari metode pemeliharaan taman, seperti pemotongan rumput, penyiraman bunga atau tanaman, pembersihan daun-daun kering, pemupukan tanaman, serta pemeliharaan ornamen atau bagian taman, seperti kran, kursi, dan meja.

Demikian manfaat dan cara membuat taman di atas atap dari Pak Jago. Ikuti terus tips dan informasi seputar konstruksi dan desain bangunan di situs Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan. Sahabat Jago juga bisa #TanyaPakJago di situs dan Facebook jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan.

Sumber:

Tim Ahli Jago Bangunan

https://narmadi.com/properti/cara-membuat-roof-garden/

https://idea.grid.id/read/092401559/hal-wajib-tau-saat-mendesain-taman-atap-persiapkan-sistem-drainasenya?page=all

https://www.lamudi.co.id/journal/cara-membuat-taman-di-atap-rumah/