Masuk

Tips

Beranda / Tips
Tak Hanya Soal Fungsional, 5 Kriteria Ini Juga Harus Dipenuhi Jika Anda Ingin Material Plafon Berkualitas
Konstruksi Sipil | 31 Aug 2017

Oleh: Dwi Klarasari 

Plafon termasuk salah satu elemen ruang paling penting, secara fungsional maupun estetis (keindahan). Karena itu #SahabatJagoBangunan harus memasangnya secara tepat sesuai jenis material. Tentu selain teknik pemasangan, jenis material juga sangat menentukan.

Untuk itu, Anda bisa membantu palanggan atau penyewa jasa Anda untuk memilih material plafon yang berkualitas. Nah, seperti apakah kriteria plafon berkualitas? Berikut ini #PakJago mencatat setidaknya ada 5 kriteria.

  1. Memenuhi aspek fungsional

Sumber: Majalah Rumahku

Plafon dikatakan berkualitas jika dapat memenuhi aspek fungsional, diantaranya:

- menjadi pembatas ruang bagian atas menentukan tinggi ruang

- melindungi ruang dari kotoran dan debu yang masuk dari celah-celah atap

- menjadi tempat penggantung lampu, kipas, atau elemen dekoratif

- meredam panas dengan menciptakan ruang insulasi di bawah atap

- meredam suara hujan yang jatuh ke atap atau suara dari lantai atas

- meredam bising dalam ruangan.

Berbagai jenis plafon relatif dapat memenuhi fungsi pertama hingga keempat. Namun tidak semua material mampu meredam bising hingga tingkat tertentu. Jika kondisi kedap suara sangat dibutuhkan, material seperti papan akustik atau papan gipsum jenis khusus, dapat dipertimbangkan.  

  1. Kuat dan tahan lama

Sumber: disini.

Selain rangka yang digunakan (kayu atau metal), kekuatan plafon ditentukan oleh lembaran plafon tersebut. Setiap material memiliki kekuatan dan juga umur atau masa pakai berbeda-beda. Semakin kuat dan tahan lama, semakin efisien material plafon.

Masa pakai untuk beberapa material juga harus diperhatikan. Seperti eternit atau asbes ±10-20 tahun, papan gipsum ±5-10 tahun, sedangkan fiber semen dan triplek sekitar 10-20 tahun. Usia pakai tentu saja dipengaruhi ketepatan aplikasi. Misalnya, tripleks yang mudah rusak jika terkena air dipasang pada area lembap, tentu usia pakainya akan menurun.

  1. Memiliki berbagai kelebihan

Sumber: disini.

Kualitas material akan semakin baik jika memiliki banyak kelebihan. Selain memenuhi fungsi, plafon harus mampu menahan berbagai gangguan yang dapat mengurangi kenyamanan ruang, atau berpotensi merusak material itu sendiri.

Beberapa ketahanan yang dimiliki plafon, antara lain tahan air atau lembap; tahan rayap; tahan benturan; tahan panas; tahan noda; anti karat; dan anti lapuk.

Sebagai ilustrasi, di daerah tropis seperti Indonesia, lembap dan rayap merupakan musuh utama material bangunan. Karena itu material PVC (Polyvinyl Chloride) yang anti air dan anti rayap boleh dibilang lebih berkualitas dibanding bahan kayu seperti tripleks yang tidak diberi finishing khusus atau eternit (asbes) yang tidak tahan lembap.

  1. Memenuhi fungsi estetika (keindahan)

Sumber: disini.

Selain harus dapat memenuhi fungsi utamanya, plafon juga menjadi bagian ruang yang semestinya memberi nilai estetis. Material plafon semakin diperhitungkan jika tampilannya dapat menambah keindahan ruang.

Contoh, lam bersering dan tripleks. Meskipun keduanya berbahan dasar kayu, tetapi lam bersering memiliki tampilan lebih indah jika dibandingkan tripleks. Material lain yang tampil artistik adalah gipsum, karena dilengkapi profil dan hiasan bagian tengah ruangan dengan beragam motif.

  1. Mudah diperbaiki atau dirombak

 Sumber: disini.

Kerusakan plafon harus dapat ditangani dengan mudah, cepat dan tidak memakan banyak biaya. Karena itu diperlukan material plafon yang mudah didapat dan memungkinkan perbaikan dengan mudah dan cepat, secara parsial maupun menyeluruh. Perbaikan juga tidak mengurangi fungsi utama atau merusak keindahannya.

Saran #PakJago, pilihlah material berkualitas sesuai kebutuhan, tidak perlu berlebihan. Rumah di daerah tenang tentu tidak perlu menggunakan plafon akustik. Pemilihan material berkualitas juga harus disesuaikan dengan dana yang tersedia. Tidak semua plafon mahal cocok, begitu pun plafon dengan kualitas standar bisa jadi malah pas untuk rumah di daerah tinggal Anda.

#SahabatJagoBangunan, jika ingin mendapatkan informasi lebih banyak atau berdiskusi seputar arsitektur, sipil dan pertukangan, silakan kunjungi website kami atau hubungi call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Jangan lupa simak artikel-artikel #PakJago yang lain, ya. 

Editor: Damae Wardani