Masuk

Tips

Beranda / Tips
Simpel Banget, Begini Panduan Membuat Desain dan Konstruksi Bangunan Lapangan Futsal #TanyaPakJago

Oleh: Amin Zainullah

Sahabat Jago Bangunan, pernahkah Anda mendapat permintaan untuk membangun lapangan olahraga? Salah satu sahabat ada yang meminta untuk dibuatkan desain lapangan futsal lengkap dengan sarana ruang ganti, KM/WC, dan tribun untuk penonton. Lahan yang tersedia hanya 25 m x 40 m = 1.000 m2, sedangkan lapangannya saja membutuhkan lahan 18 m x 35 m = 630 m2. Sisanya untuk tribun, ruang ganti, dan KM/WC. Bagaimana menyesuaikan keterbatasan lahan dengan kebutuhan ruang tersebut?

Mari kita kupas dalam edisi #TanyaPakJago kategori Konsultasi Desain dan Konstruksi berikut ini.

Ada dua alternatif yang kami buat, pertama ruang ganti di depan, yang kedua di samping. Pada alternatif pertama, lebar 25 meter dikurangi lebar lapangan 18 meter menyisakan 7 meter, sehingga kanan-kiri dibagi rata masing-masing 3,50 meteran. Pada panjang 40 meter dikurangi panjang lapangan 35 meter menyisakan 5 meter. Untuk bagian depan atau pintu masuk diambil jarak 2,25 meter untuk ruang ganti/KM, sisanya dibagi dua untuk jarak lapangan futsal ke tembok masing-masing = ( 5-2,25) / 2 = 1,375 meteran.

Lalu, bagaimana dengan konstruksi bangunannya?

Desain lapangan futsal tampak depan (dokumentasi Jago Bangunan)

Konstruksi atap yang paling mudah dikerjakan adalah menggunakan besi WF-200, dengan lebar 100 mm (10 cm) dan tinggi 200 mm (20 cm). Besi ini dipakai untuk tiang dan kuda-kudanya. Sebagai gording digunakan besi Kanal C-150x35 dengan tebal 2,8 mm. Atap yang digunakan adalah atap Zincalume atau Galvalum dengan ketebalan 0,35 mm, dipasang menggunakan selfdrilling screw.

Ini Rahasia Membuat Bak Mandi Anti Bocor yang Jarang Diketahui #TanyaPakJago

Jarak as antar kuda-kuda adalah 6 meter. Panjang 40 meter jika dibagi 6 meter hasilnya 6,67 maka dibulatkan 7 bentangan dengan jumlah kuda-kuda = 8 buah. Ada 6 bentangan yang berjarak 6x6 = 36 meter, sisanya ada 40-36=4 meter. Namun karena harus masuk dari batas tanah maka dibuat jarak 3,50 meter yang diletakkan di bagian tengah.

Denah dan desain lapangan futsal tampak atas (dokumentasi Jago Bangunan)

Konstruksi imulai dari bawah (pondasi), dibuatkan sepatu ukuran 100 cm x100 cm dengan tebal 20 cm pada kedalaman 1,40 meter agar mencapai tanah keras, besinya memakai diameter 12 mm berjumlah 11 buah x 2 = 22 buah yang saling menyilang berbentuk huruf U. Untuk perkuatan maka pada bagian atas pondasi cukup menggunakan besi 10 mm berjumlah 8 buah x 2= 16 buah sebagai tulang susut.

Dari Eksklusif Hingga Sederhana, Ini 3 Inspirasi Desain Rumah Toko (Ruko) yang Hemat Biaya #TanyaPakJago

Pedestal/kolom dibuat ukuran 25 cm x 40 cm, yang bagian atasnya dipasang angkur 5/8” untuk perletakan tiang besi WE-200 agar kedudukan tiang dengan pedestal kuat. Pada pembesian kolom pedestal digunakan besi 16 mm berjumlah 8 buah dengan beugel 8 mm jaraknya 15 cm. Pengecoran menggunakan campuran 1 semen : 2 pasir : 3 kerikil dengan syarat kondisi pasir dan kerikil harus bersih dan keras.

Desain detail pintu dan pintu alternatif pada lapangan futsal (dokumentasi Jago Bangunan)

Hubungan antar kolom dipasang sloof yang cukup besar berukuran 20 cm x 40 cm agar mampu menahan pasangan tembok di atasnya. Di bawah sloof tidak harus lagi dipasang pondasi batu kali untuk penghematan dan menjadikan bangunan menjadi lebih ringan.

Untuk dinding ada beberapa pilihan. Seluruhnya tembok bisa dibuat dari bata merah, batako atau bata ringan. Bisa juga bagian bawah dibangun tembok biasa dan bagian atasnya dipasang kawat harmonika atau dipasang galvalum. Resikonya jika bagian atas menggunakan kawat harmonika, saat terjadi hujan akan terpengaruh tempias hujan yang miring, namun jika tidak hujan maka pergantian udara lebih leluasa.

5 Inspirasi Desain Rumah Modern Minimalis 1 Lantai Dengan Bentuk Atap Pelana, Elegan Banget! #TanyaPakJago

Jarak kuda-kuda yang 6 meter jika terkena angin akan berisiko bergoyang, untuk itu antar kuda-kuda dipasang ikatan angin menggunakan besi beton ukuran 14 mm dan sebagai pengeras tarikan dipasang span skrup. Pemasangan ikatan angin ini akan lebih kokoh jika pada tiap-tiap bentang dipasang, baik arah ke kanan maupun ke kirinya.

Desain detail lapagan futsal dan view mata elang (dokumentasi Jago Bangunan)

Gording Canal-C harus disatukan dengan pemasangan trekstang agar konstruksi gording lebih kaku dan jaraknya selalu sama tidak perubahan ada akibat dari lendutan. Pada jarak 6 meter maka jarak trek stang dibagi 3 bagian sehingga jumlah trekstang per gording ada 2 buah. Trek stang dibuat dari besi 12 mm yang dibuat ulir pada ujungnya dan dipasang mur 12 mm.

Lampu-lampu penerangan jika digunakan pada suasana mendung atau malam hari harus cukup terang tapi tidak menimbulkan suhu panas, maka pasanglah lampu-lampu jenis hemat energi sehingga cukup terang tapi tidak panas. Pemasangan kipas angin mutlak diperlukan mengingat ketika sedang bermain futsal hampir semua pemain mengeluarkan keringat yang cukup banyak, juga penonton yang berada di tribun harus merasakan kenyamanan yang sama.

Kipas angin dipilih yang kekuatan besar namun tidak menimbulkan suara gaduh. Pada lapangan futsal modern dan mewah dipasang instalasi AC sehingga sangat nyaman berolah raga di dalam gedung tersebut. Meski tentu saja diperlukan biaya besar dalam investasinya dan juga biaya operasionalnya.

Desain kamar mandi dan ruang ganti di dalam area lapangan futsal (dokumentasi Jago Bangunan)

Untuk kenyamanan berlari-lari di lapangan dipasang rumput sintetis berwarna hijau agar menyerupai warna rumput asli. Bisa dipasang warna hijau semuanya atau selang-seling antara hijau tua dan hijau muda untuk memudahkan operan bola agar tidak sampai terkena offside. Rumput sintetis ini dipilih yang tidak mengandung efek bau agar tidak membahayakan pernafasan dan mudah disedot ketika dibersihkan.

Terakhir, yang paling penting di lantai ini adalah ketika ada pemain jatuh tidak sampai menyebabkan luka, namun juga tidak terlalu empuk sehingga mengganggu pergerakan pemain untuk berlari, karena tujuan utama olahraga ini untuk menjadikan tubuh sehat, bukan malah luka karena kecelakaan.

Inilah Kisaran Harga Borongan Per Item Pekerjaan Konstruksi yang Berlaku di Pulau Jawa Tahun 2018 #TanyaPakJago

Sahabat, demikian desain dan konstruksi bangunan untuk pembuatan lapangan futsal yang bisa Pak Jago jelaskan. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan sampai jumpa di edisi #TanyaPakJago berikutnya.

=====
Mau konsultasi gatis seputar konstruksi, desain bangunan, atau RAB? #TanyaPakJago saja.

Pak Jago nantikan konsultasi Anda melalui call center 0800 108 8888 (bebas pulsa), kotak pesan di Fanpage Jago Bangunan, atau menu konsultasi di website jagobangunan.com.
=====

Editor: Damae Wardani