Masuk

Tips

Beranda / Tips
Serba-serbi Respirator, Alat Pelindung Hidung untuk Hindari Penyakit Gangguan Pernafasan.
Kesehatan | 30 May 2017

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tempat kerja bangunan adalah tempat yang penuh dengan potensi kecelakaan kerja yang cukup tinggi. Lingkungan kerja mengandung paparan zat berbahaya seperti aerosol padat dan cair, debu maupun asap yang berbahaya bila dihirup oleh para pekerja. Bila tidak diantisipasi dengan baik,  dengan menggunakan masker misalnya, resiko penyakit gangguan pernafasan tidak dapat dihindarkan.

 

    Alat pelindung pernafasan atau respiratory adalah perangkat keamanan yang melindungi pekerja dari paparan zat berbahaya yang berasal dari tempat kerja. Debu-debu kasar dari hasil gerinda, serbuk logam, racun dan debu halus dari asap maupun pengecatan fisik bangunan, bau menyengat dari pengelasan, hingga uap atau gas beracun. Zat-zat ini dapat diminimalisir dengan menggunakan respiratory atau yang akrab disebut masker.

 

    Sebelum mulai bekerja, kenali dahulu zat-zat kontaminan apa yang ada di area kerja, karena hal ini akan berkaitan dengan respirator yang akan digunakan. Bila zat-zat partikel debu-debu halus akibat kerja bangunan yang dominan, pilihlah masker yang dapat menyaring debu-debu halus.

 

Tentu saja masker yang digunakan oleh pekerja bangunan berbeda dengan masker yang biasa digunakan. Selain bahan dasar pembuatan yang berbeda, masker yang biasa kita temui, umumnya digunakan untuk menyaring debu-debu ataupun asap yang lebih ringan, seperti debu jalanan misalnya. Sedangkan pada pekerja bangunan, debu atau asap yang timbul mengandung partikel yang lebih berat.    

 

Occupational Safety and Health Administration (OSHA), menuliskan ada empat jenis masker yang sesuai saat digunakan di tempat kerja, yaitu particulate respirator, chemical cartridge / gas mask respirator, powered air-purifying respirator, dan terakhir self contained breathing apparatus. Namun yang paling sering digunakan oleh para pekerja bangunan adalah particulate respirator.

 

    Particulate respirator digunakan untuk melindungi pekerja dari paparan partikel debu, serbuk logam, kabut, dan asap. Particulate respirator digunakan untuk memurnikan udara dari partikel-partikel yang tersuspensi di udara (aerosol). Filter dari respirator ini bekerja dengan cara menangkap partikel atau aerosol dari udara dengan metode penyaringan, sehingga udara yang melewati respirator menjadi bersih dari partikel-partikel berbahaya ini.

 

Umumnya, jenis masker yang memiliki spesifikasi particulate respirator adalah masker debu dan N-95. Masker N-95 adalah masker yang secara spesifikasi di gunakan untuk paparan debu dengan ukuran partikel sampai dibawah 0,1 mikron. Masker jenis ini sudah memenuhi standar untuk paparan debu silika.