Masuk

Tips

Beranda / Tips
Serba-serbi Pengerjaan Saluran dan Peresapan
Konstruksi Sipil | 20 Mar 2017

Saluran

     Pekerjaan saluran rumah tangga adalah pekerjaan mengalirkan air kotor yang berada di luar rumah atau disekeliling rumah untuk dibuang ke aliran yang lebih besar seperti saluran kota, sungai. Sebagaimana dikutip dari buku Rumah Kokoh Semen Gresik, saluran bisa dibuat tanpa pasangan atau dengan pasangan. Pasangan bisa dibuat dari pasangan batu, dari beton atau gorong-gorong.
Bentuk saluran yang mudah dikerjakan dan lancar alirannya adalah bentuk ½ lingkaran, kemudian bentuk yang juga masih bagus alirannya adalah bentuk trapesium. Selain itu kemiringan saluran harus diperhatikan minimal 1% (setiap 100 cm turun 1 cm) agar aliran air mengalir dengan lancar

Bentuk macam-macam saluran :

content image

     Saluran air kotor diusahakan dengan sistim terbuka supaya mudah dibersihkan. Kalau tidak memungkinkan bisa dibuat dengan sistim tertutup dari pipa PVC atau beton. Pada pipa PVC atau beton sebaiknya dibuat dari kelas D atau AW supaya tidak mudah pecahm dengan diameter minimum 10 cm atau 4 inchi (DIM)

Septic tank

content image

     Septic tank dibuat untuk memproses air tinja agar kandungan zat yang berbahaya berubah secara alamiah setelah dimakan jentik-jentik kemudian berubah menjadi kotoran yang tidak agresif sehingga airnya tidak lagi berbahaya dan bisa dialirkan ke peresapan.

Peresapan

content image

     Peresepan dibuat untuk daerah yang tidak memungkinkan dibuat saluran. Tujuannya untuk menampung air kotor dari KM/ cucian serta pembuangan dari septic tank. Fungsi lain dari peresapan adalah agar air tanah terjaga sehingga pohon-pohon masih bisa tumbuh subur. Di daerah DKI sekarang digalakkan pembuatan peresapan guna menambah kandungan air dalam tanah. Peresapan sebaiknya dibuat berjarak 10 M dari sumur air bersih. Semakin jauh semakin baik agar air yang masih belum steril tidak kembali ke sumur air bersih lagi. (keluargakokoh.com)