Masuk

Kegiatan

Beranda / Kegiatan
Semen Indonesia Gelar Pelatihan Tukang di Tuban
Kegiatan | 17 Nov 2017

PT Semen Indonesia (Persero)Tbk, melalui anak usahanya Semen Gresik kembali melakukan pembinaan untuk meningkatkan kompetensi tukang bangunan di Kabupaten Tuban, Rabu (16/11). Tercatat 124 orang tukang bangunan dari 18 kecamatan dengan 49 diantaranya berasal dari ring 1 pabrik Tuban turut serta dalam pelatihan tukang yang digelar di Hotel Mustika Tuban ini.

Pelatihan dan sertifikasi dibidang konstruksi ini merupakan wujud kepedulian Semen Gresik terhadap mitra strategisnya dalam pengaplikasian produk Semen Gresik. Hal ini sekaligus menegaskan eksistensi Semen Gresik yang peduli tukang bangunan dengan berbagai program yang sedang disiapkan untuk kemajuan tukang secara berkesinambungan.

Kepala Seksi Komunikasi Pemasaran Wachid Fahryandanu mengatakan, upaya ini terus dilakukan untuk membina hubungan dengan para Stakeholder, termasuk dengan para tukang bangunan, mengingat sebagian besar dari kuli bangunan yang ada saat ini belum ada yang mengikuti pelatihan semacam ini. Dikatakannya, selama ini banyak pekerja bangunan yang memperoleh kemampuannya secara otodidak, sehingga penting bagi para tukang untuk mendapatkan ilmu langsung dari pakarnya.

“Kami berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi para tukang dengan memberikan banyak ilmu baru langsung dari ahlinya. Harapannya para tukang dapat membuat bangunan dengan lebih baik dan benar,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga mendorong agar para peserta pelatihan bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya untuk mendapatkan sertifikasi sehingga benar-benar siap dalam menghadapi era MEA. Program pelatihan tenaga konstruksi ini menurutnya merupakan program rutin yang telah dilakukan Perseroan sejak 2006. Saat ini jumlah anggota komunitasnya telah mencapai 11.857 orang dan ditambah pelatihan tukang Tuban ini menjadi 11.981.

“Anggota komunitas tukang kita hampir 12 ribu orang, dan 5 ribu diantaranya telah tersertifikasi oleh Lembaga Penyedia Jasa Konstruksi (LPJK),” tambahnya.

Pelatihan tukang ini sendiri merupakan hasil sinergi antara perusahaan dengan Dinas Pekerjaan Umum Jawa Timur. Dan diisi dengan beberapa materi tentang teori dan praktek langsung untuk memperoleh sertifikat. Teori bidang yang disampaikan meliputi teknik pasang bata, konstruksi secara umum, karakteristik dan kegunaan masing-masing ragam semen. Tujuanya agar mereka (tenaga konstruksi) dapat memaksimalkan masing-masing keunggulannya. (bwo/iv)