Masuk

Kegiatan

Beranda / Kegiatan
Selamat! Inilah 8 Pemenang #KuisJagoBangunan 2019 Periode 9
Kegiatan | 21 Nov 2019

Halo, #SahabatJagoBangunan. Terima kasih atas segenap partisipasi Sahabat dalam program #KuisJagoBangunan Periode 9. Pak Jago senang sekali mendapati total 52 peserta kuis yang mampu memecahkan jawaban untuk pernyataan yang Benar dan Salah dalam poster. Sebelum Pak Jago mengumumkan pemenangnya, mari kita simak jawaban yang benar dari kuis ini terlebih dahulu.

Jawaban:

1. Sebuah rumah akan dibangun dengan ukuran lebar 7 meter panjang 12 meter, anggaran yang disediakan Rp312 juta, maka harga rata-rata bangunan tersebut adalah Rp2,6 juta/m2.

Jawab:
Luas bangunan = 7 x12 = 84 m2
Harga rata-rata = Rp312 juta / 84 = Rp3,714 juta/m2
Jawaban yang tepat: S (Salah)

2. Pada gambar detail terdapat jarak yang tidak ditulis ukurannya, ketika diukur dengan penggaris ketemu 2,8 cm sedangkan skala gambarnya adalah 1 : 20, maka ukuran sesungguhnya adalah 14 cm.

Jawab:
Ukuran sesungguhnya = ukuran gambar x sekala = 2,8 cm x 20 = 56 cm
Jawaban yang tepat : S (Salah)

3. Ketika memulai pengukuran bouwplank, tukangnya menginginkan hasil yang sempurna dengan mengukur diagonal pada pertemuan as panjang 12 meter dan lebar 7 meter pada sudutnya, jika memang benar-benar siku maka panjang diagonalnya adalah 13,89 meter.

Jawab:
Panjang diagonal = akar dari (12^2) + (7^2) = akar dari 144+49 = akar dari 193 atau 193^0,5
Hasilnya = 13,89244 dibulatkan 13,89 m.
Jawaban yang tepat: B (Benar)

4. Setelah rencana tempat pondasi digali sedalam 80 cm, secara kebetulan sudah menemukan tanah keras. Maka langkah selanjutnya adalah mengurug pasir sekitar 10 cm dan memasang batu dengan cara diberdirikan dan hanya diberi pasir di celah-celahnya setebal 20 cm, pasangan batu ini disebut aanstamping atau pasangan batu kosong.

Jawab:
Pasangan batu tanpa adukan di bawah pondasi dinamakan Aanstamping atau pasangan batu kosong
Jawaban yang tepat: B (Benar)

5. Supaya pengecoran beton untuk sloof tidak keropos, maka pada waktu mencampur semen, pasir dan kerikil ditambahkan air yang banyak sehingga betonnya encer dan mudah sekali masuk ke celah-celah yang akan dicor.

Jawab :
Cor beton yang terlalu banyak air akan menyebabkan encer, ketika mulai mengering maka akan terjadi retak-retak disebabkan kandungan air yang terlalu banyak menguap dan kekuatan tekannya rendah.
Jawaban yang tepat: S (Salah)

6. Setelah selesai pengecoran sloof maka sebaiknya jangan ditutupi maupun disiram tapi dipanaskan atau dijemur agar beton cepat kering.

Jawab:
Beton yang sudah dicor dan dipadatkan memerlukan perawatan (curing) bisa ditutupi atau disiram air selama 7 hari berturut-turut agar pengerasan sempurna.
Jawaban yang tepat: S (Salah)

7. Pada waktu menyetel kusen yang berukuran 6 cm x 12 cm, tukangnya bingung karena lebar bata saja sudah 11 cm, belum lagi jika ditambahkan tebal plesteran luar dalam. Cara yang paling lazim adalah permukaan kusen nantinya dibuat rata dengan plesteran luar.

Jawab:
Solusi yang tepat untuk kusen yang lenarnya lebih kecil dari lebar tembok adalah bagian lluarnya rata dengan plesteran kusesn, sedangkan bagian dalamnya dbuat plint/benangan sudut.
Jawaban yang tepat : B (Benar)

8. Di atas pasangan bata biasanya dipasang cor-coran balok mendatar, orang menamakan beton tersebut dengan balok gewel.

Jawab:
Balok beton di atas lantai disebut Ring Balok / Balok Ring bukan gewel.
Jawaban yang tepat : S (Salah)

9. Tukang kayu senior memberi tahu jika akan membuat atap ideal maka sudutnya antara 30 hingga 40 derajat, dengan cara praktis ukuran tinggi kuda-kuda adalah ⅓ x lebar bangunan, atau dalam hal ini karena lebarnya 7 meter maka tingginya = ⅓ x 7 = 2,33 meter.

Jawab:
Lebar ½ kuda-kuda = 7:2 = 3,50 meter, jadi tangen sudut = 2,33 : 3,50 = 0,6657
Untuk mengetahui sudutnya maka dicari arctan 0,6657 hasilnya jika dibulatkan adalah 34 derajat, angka ini masuk dalam rentan g antara 30 hingga 40 derajat.
Jawaban yang tepat : B (Benar)

10. Upah kerja bangunan berukuran 7 m x 12 m akan dilunasi. Sesuai perjanjian, upah borongannya adalah Rp1,1 juta/m2. Namun jumlah kasbon yang sudah diambil selama ini sebesar Rp75 juta, sehingga masih menyisakan tagihan Rp27,4 juta.

Jawab:
Luas bangunan = 7 x 12 = 84 m2 ,harga borongan kerja = Rp1,1 juta/m2
Harga semuanya = 84 x Rp1,1 juta = Rp92,4 juta. Karena sudah kasbon 75 juta maka sisanya adalah 92,4 - 75 = Rp17,4 juta.

Jawaban yang tepat : S (Salah)

Kunci Jawaban:

1. S
2. S 
3. B
4. B
5. S
6. S
7. B
8. S
9. B
10. S

Dalam melakukan pengundian dan menentukan pemenangnya, Pak Jago mengambil peserta dengan jawaban benar 100% dan 90%, sebagai wujud rasa terima kasih Pak Jago kepada segenap peserta yang telah berpartisipasi dalam program Jago Bangunan.

Semua pemenang tersebut sudah dipastikan memenuhi syarat dan ketentuan kuis yang telah dipublikasikan pada tautan di bawah ini:

93 Paket Souvenir Semen Gresik Menanti Anda, Ini Ketentuannya

Dan, pemenang #KuisJagoBangunan periode 9 adalah sebagai berikut:

Selamat kepada para pemenang, Anda berhak mendapatkan total 3 "Paket Kebahagiaan" Eksklusif dan 5 "Paket Kebahagiaan" Utama. Silakan kirim nama lengkap, alamat lengkap, dan nomor kontak Anda melalui kotak pesan di Fanpage Jago Bangunan (http://facebook.com/jagobangunan), guna pengiriman hadiah.

Untuk Sahabat yang belum beruntung, tak perlu kecewa dan berkecil hati karena masih ada 3 periode #KuisJagoBangunan berikutnya. Informasi lebih lanjut, ikuti terus Fanpage Jago Bangunan.

Sampai jumpa di #KuisJagoBangunan periode 10.

Salam Jago Bangunan.