Masuk

Kegiatan

Beranda / Kegiatan
Selamat! Inilah 8 Pemenang #KuisJagoBangunan 2019 Periode 5
Kegiatan | 14 Oct 2019

Halo, #SahabatJagoBangunan. Terima kasih atas segenap partisipasi Sahabat dalam program #KuisJagoBangunan Periode 5. Pak Jago senang sekali mendapati total 78 peserta kuis yang mampu mengurutkan sak dari yang terlebih dulu penuh sampai yang terakhir penuh. Sebelum Pak Jago umumkan pemenangnya, mari kita simak jawaban dan cara menyelesaikan soal-soal dalam kuis ini terlebih dahulu.

Jawaban:

Sebagaimana terlihat dalam gambar, Sahabat diminta untuk mengurutkan sak semen dari yang pertama penuh sampai yang terakhir penuh. Dalam gambar tersebut terdapat dua petunjuk, yakni kata "sak" dan gambar "sak Semen Gresik". Secara logika, gambar sak semen menunjukkan bahwa material yang dialirkan dari pipa paling atas adalah berupa semen, bukan air, atau pun material lainnya. Jika material tersebut berupa selain semen, maka sak semen tidak akan mampu menampung, dikarenakan sak tersebut terbuat dari kertas.

Selanjutnya, untuk menentukan urutan sak yang lebih dulu penuh, Sahabat perlu mengetahui wujud dan sifat semen. Semen terlihat seperti butiran debu dan tidak bisa mengalir dalam posisi dataran datar atau horisontal (ke samping), kalau pun bisa itu kemungkinannya memakan waktu sangat lama. Semen tidak seperti air yang bisa menyebar ke semua arah baik horisontal (ke samping) maupun vertikal (ke bawah). Karenanya, jika semen mengalir, maka aliran yang paling maksimal adalah dari atas ke bawah atau vertikal. Ada pun aliran ke samping, terlebih aliran pipa dalam gambar posisinya di tengah, sangat kecil kemungkinannya untuk membuat sak penuh. Bahkan jika ditunggu sampai sak yang berada di jalur pipa horisontal itu penuh, maka sak yang berada di posisi vertikal akan meluap dan semen pun tumpah.

Berdasarkan uraian tersebut, maka urutan sak semen yang pertama penuh adalah sak A, karena posisinya langsung menerima semen dari saluran utama. Setelah itu sak yang menyusul penuh adalah H, yang posisinya tegak lurus (vertikal) dari sak A. Sak A lebih dulu penuh daripada sak H, karena pipa yang mengalir ke sak A lebih besar dari pipa yang mengalir ke sak H. 

Bagaimana dengan sak lainnya? Sampai sak A dan H penuh, sak lainnya cenderung kosong atau menampung sedikit sekali serpihan semen, karena posisi pipanya horisontal.

Dari hasil penilaian, Pak Jago hanya mendapatkan 4 peserta yang menjawab dengan benar dan telah memenuhi syarat dan ketentuan kuis yang telah dipublikasikan pada tautan di bawah ini:

93 Paket Souvenir Semen Gresik Menanti Anda, Ini Ketentuannya

Berdasarkan berbagai pertimbangan tersebut, Pak Jago putuskan untuk mengumumkan pemenang #KuisJagoBangunan periode 5 sebagai berikut:

Sebagaimana Pak Jago informasikan sebelumnya, pemenang seharusnya terdiri dari 8 orang. Artinya tersisa 4 hadiah yang tidak dibagikan di periode ini dan akan diakumulasikan ke periode berikutnya. Sehingga nantinya pemenang #KuisJagoBangunan periode 6 adalah sebanyak 12 orang.

Selamat kepada para pemenang, Anda berhak mendapatkan total 3 "Paket Kebahagiaan" Eksklusif dan 1 "Paket Kebahagiaan" Utama. Silakan kirim nama lengkap, alamat lengkap, dan nomor kontak Anda melalui kotak pesan di Fanpage Jago Bangunan (http://facebook.com/jagobangunan), guna pengiriman hadiah.

Untuk Sahabat yang belum beruntung, tak perlu kecewa dan berkecil hati karena masih ada 7 periode #KuisJagoBangunan berikutnya. Informasi lebih lanjut, ikuti terus Fanpage Jago Bangunan.

Sampai jumpa di #KuisJagoBangunan periode 6.

Salam Jago Bangunan.