Masuk

Tips

Beranda / Tips
Selain Lebih Awet dan Tahan Bocor, Ini Alasan Mengapa Genteng Perlu Dicat
Konstruksi Sipil | 04 Aug 2017

Oleh: Cahyadi

#SahabatJagoBangunan, seringkali kita beranggapan bahwa konstruksi atap itu berakhir pada proses pemasangan genteng. Namun ternyata masih ada satu tahap lagi yang perlu dilakukan untuk membuat bangunan kokoh sempurna dan tahan lama. Ialah pengecatan genteng.

Genteng perlu dicat agar atap tidak lekas bocor saat diguyur hujan, ditumbuhi lumut dan jamur, juga melindungi dari sengatan matahari yang hawa panasnya langsung masuk ke ruangan di rumah.

Karenanya cat genteng memang didesain untuk awet, tahan cuaca, mengandung garam alkali, memiliki daya rekat yang kuat dan kelembaban tinggi. Selain alasan tersebut, genteng yang dicat dengan warna beragam juga menambah tampilan keindahan rumah.

Proses pengecatan genteng dapat dilakukan dengan dua cara: dikuas atau disemprot. Untuk genteng berbahan keramik (tanah liat) dan beton, biasanya menggunakan kuas. Cat genteng untuk yang berbahan keramik dan beton memiliki kemampuan waterproof (tahan air), anti lumut, dan jamur.

Sedangkan genteng berbahan metal, seng, zincalume dan spandek, biasanya cukup dengan disemprot. Cat genteng ini juga memiliki kemampuan anti karat dan mampu menahan panas matahari.

Berdasar materialnya, genteng memang memiliki banyak varian produk, Sahabat. Ada yang terbuat dari keramik, beton, metal, PVC, asbes, zincalume, bitumen, dan masih banyak yang lainnya. Dilihat dari modelnya, genteng juga punya banyak pilihan. Genteng keramik dari tanah liat saja ada model kodok, plentong, manthili, garuda, paris, press, dan gelombang.

Sementara genteng keramik berglazur pilihannya bermodel classic, royal, slate, majestic, oriental.  Begitu juga dengan genteng metal, asbes, dan bitumen, modelnya didesain beragam seperti genteng keramik.

Dari berbagai varian bahan dan bentuk produk genteng tersebut, ada yang sudah finishing dengan lapisan cat (glazur) dan ada yang belum di cat. Umumnya genteng keramik, beton, seng, dan zincalume belum ada lapisan cat gentengnya. Sedangkan seperti genteng keramik glazur sudah ada lapisan catnya. Begitu juga dengan genteng PVC, polycarbonate, dan metal sudah diwarnai dari pabriknya.

Di pasaran, Anda bisa mendapatkan cat genteng dalam berbagai varian produk dan harga yang sesuai dengan spesifikasinya. Semakin baik kualitas cat genteng, tentu akan sebanding dengan harga catnya. Namun lebih baik dicek dulu spesifikasi dan kualitasnya. Faktor yang tak kalah penting, pilih warna yang sesuai dengan konsep desain rumahnya.  Selamat mencoba.

#SahabatJagoBangunan, untuk mendapat informasi lebih lanjut dan diskusi seputar arsitek, sipil, dan pertukangan Anda bisa berkonsultasi melalui website maupun call center – bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Ikuti dan simak terus artikel-artikel #PakJago berikutnya, ya.

 

Editor: Damae Wardani