Masuk

Tips

Beranda / Tips
Sehat Ala Rasulullah
Kesehatan | 26 Feb 2017

Anda sering mendengar kalimat ‘mencegah lebih baik dari mengobati’..? Selama ini kita masih banyak melakukan usaha pengobatan dibandingkan dengan pencegahan, padahal kalau kita mau melakukan pencegahan, hampir semua penyakit bisa dicegah datangnya.

Pencegahan penyakit inilah yang dilakukan oleh Rosullullah SAW semasa hidupnya dan diajarkan kepada para sahabat.

Yuk kita lihat apa saja yang dilakukan oleh Rasulullah untuk menjaga kesehatan:

1. Rajin Melakukan Puasa

content image

 Banyak sekali manfaat dari Puasa, seperti:

  • Untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah karena puasa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)
  • Menurunkan kadar stress karena puasa mampu menurunkan kadar hormon kortisol penyebab stress
  • Puasa juga mampu mengontrol berat badan
  • Menyehatkan ginjal dan puasa, dan
  • Proses pengeluaran racun dari dalam tubuh berjalan maksimal
  • Mencegah diabetes
  • Mengobati Penyakit paru-paru
  • Mencegah kanker

 

2. Duduk saat makan dan minum

content image

 Pada posisi duduk, rongga dalam sistem pencernaan menjadi lebih terbuka sehingga sudah siap untuk menerima makanan yang masuk sehingga lambung dan usus bekerja lebih baik. Pada saat berdiri sistem pencernaan belum sepenuhnya terbuka sehingga harus bekerja keras untuk menerima dan mencerna makanan yang masuk.

 

3. Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang

Selain mengajarkan mengkonsumsi makanan yang baik dan halal, Rasulullah juga mengajarkan untuk tidak makan secara berlebihan dengan cara “makan sebelum lapar dan berhenti sebelum perut kenyang”

 

4. Tidur Lebih Cepat Dan Bangun Lebih Awal

content image

Rasulullah SAW tidak menyukai makan dan berbincang-bincang selepas waktu Isya, beliau tidak

menyarankan umatnya untuk begadang. Rasulullah SAW akan langsung tidur bila sudah saatnya tidur, selepas isya jam 21:30 dan bangun 1/3 malam untuk sholat malam . Dengan begitu waktu yang digunakan untuk tidur dalam sehari kurang dari 8 jam.

 

5. Rutin Berolahraga

content image

Rasulullah adalah sosok yang rutin melakukan olahraga, beliau sering mengajak istrinya Aisyah RA dan juga menganjurkan anak-anak agar dilatih memanah, menunggang kuda dan berenang. Rasulullah melakukan berbagai jenis olahraga dan beliau terkenal sebagai jago gulat, sehingga tubuh beliau tidak hanya sehat, namun juga kuat.

 

6. Membersihkan Gigi

content image

Rasulullah SAW sangat Memperhatikan kesehatan gigi dan membersihkannya dengan menggunakan siwak (akar dari pohon salvadora persica).

Waktu yang disarankan untuk bersiwak adalah sebelum sholat, sebelum tidur dan ketika bangun tidur

 

7. Tidak Pemarah

content image

Marah selain merugikan orang lain juga merugikan diri sendiri. Marah terbukti sering menimbulkan sakit seperti darah tinggi, gangguan pencernaan, sakit kepala, sakit jantung dan depresi. Rasulullah memberi nasehat “Jangan marah”, nasehat ini diulangi sampai 3 kali, hal Ini menunjukkan bahwa marah membawa efek buruk bagi kesehatan.

 

8. Berbekam

content image

Bekam baik untuk kesehatan, terbukti sampai saat ini metode pengobatan bekam banyak sekali dilakukan. Dengan bekam bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dan bila rutin dilakukan akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak gampang sakit

 

9. Bersosialisasi

content image

 Pada dasarnya manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, yang saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. Sebuah studi dari Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa para pria dengan usia di atas 70 tahun yang gemar bersosialisasi kecil kemungkinan mengalami sakit jantung.

Ini dicontohkan oleh Rasulullah SAW, beliau memiliki banyak sahabat dan senantiasa bersilaturahmi dengan kerabatnya.

“Barangsiapa yang ingin rizqinya diperluas dan umurnya ditambah, maka hendaklah ia menyambung silaturahmi” (HR Anas bin Malik RA)

Nah ternyata tidak susah untuk memiliki kesehatan yang baik. Rasulullah sudah mencontohkan 1,400 tahun lalu bagaimana menjaga tubuh agar memiliki kesehatan yang baik (JR)