Masuk

Tips

Beranda / Tips
Santapan Sahur Harus Pas Agar Puasa Berkualitas untuk Pekerja Bangunan
Kesehatan | 20 Jun 2017

Bersantap sahur adalah salah satu cara agar saat puasa tubuh tetap kuat dalam beraktifitas. Banyak orang yang masih keliru dalam bersantap sahur, akibatnya saat tidak ada asupan masuk dalam tubuh, badan jadi lemas dan kurang bergairah. “Asalkan makan nasi, puasa saya pasti kuat”, begitu kira-kira yang ada di benak semua orang. Sebagai salah satu sumber karbohidrat, nasi harus tersedia saat sahur. Pada pekerja bangunan yang mengandalkan kekuatan fisik saat bekerja, santap sahur jadi kunci penting. Agar puasa jadi berkualitas, makan sahur pun harus pas. Ini caranya:

Sebisa mungkin jauhi makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng sudah tentu mengandung lemak. Ketika perut akan dikosongkan dalam jangka waktu 13-14 jam kedepan, lalu diisi dengan makanan yang digoreng, artinya Anda menutup pintu untuk nutrisi yang lain. Dalam proses pencernaan, proses mencerna lemak lebih lamat dibanding penyerapan serat, karbohidrat, dan protein. Makanan yang digoreng juga membuat lambung lebih cepat terisi, akibatnya perut mudah kenyang.

content image

Saat santap sahur, hindari minum teh atau kopi secara berlebihan

Tahukah Anda bila teh termasuk minuman diuretik yang justru membuat Anda sering buang air kecil dan dapat menghilangkan natrium dalam tubuh?. Selain diuretik, teh juga mengandung zat tanin yang membuat zat besi dan protein jadi tidak terserap oleh tubuh. Kekurangan zat-zat ini dapat membuat puasa jadi tidak bergairah.

content image

Makan asin buat lebih mudah haus

 

Saat bersantap sahur hindari makan makanan yang memiliki rasa asin. Mengapa? Karena kandungan yodium dalam garam bersifat mengikat air. Semakin asin hidangan yang dimakan, artinya Anda akan makin cepat merasa haus. Tidak mau kan saat memasuki puasa Anda jadi haus?

content image

Ini aturan dalam mengkonsumsi makanan manis

Makanan manis justru masuk ke dalam kelompok karbohidrat sederhana yang membuat Anda mudah lapar. Semakin cepat gula terserap oleh tubuh dan berubah menjadi energi, maka tidak ada lagi cadangan karbohidrat di pencernaan. Kondisi inilah yang akhirnya membuat Anda merasa cepat lapar dalam dua jam berselang. Selain itu karbohidrat sederhana memicu naiknya kadar gula darah dengan sangat cepat.

Perhatikan apa yang dikonsumsi oleh tubuh, berlebihan pada satu sumber nutrisi ternyata tidak baik untuk tubuh. Akibatnya puasa jadi tidak berkualitas karena santapan sahur yang kurang pas. Mengakhirkan santap sahur sebagai salah satu sunnah Rasulullah juga bernilai baik karena Anda memiliki waktu yang lebih singkat untuk berpuasa.