Masuk

Tips

Beranda / Tips
Rumah Tropis Modern
Desain Bangunan | 04 Apr 2017

Konsep dasar rumah tropis modern adalah adaptasi bangunan rumah tinggal terhadap iklim tropis. Bangunan / arsitektur selalu berhubungan dengan kondisi lingkungannya, dalam hal rumah tropis modern merupakan usaha memecahkan problem bangunan terhadap kondisi lingkungan di daerah tropis.

Iklim tropis ditandai dengan dua musim: musim hujan dan musim kemarau. Desain rumah tropis modern harus mempertimbangkan pergantian pergerakan sinar matahari, perubahan suhu serta angin akibat dari perubahan ini. 

content image
Foto : warcholphotography

Berikut ciri-ciri umum bangunan Rumah Tropis Modern:

  1. Memiliki atap yang relatif tinggi, dengan kemiringan atap diatas 30 derajat. Ruang yang berada di bawah atap berfungsi sebagai peredam panas. Sebagian besar berbentuk runcing keatas meskipun ada bentuk atap yang melengkung.
  2. Memiliki Teritisan (overstek) atap yang cukup lebar, untuk mengurangi efek tampias dari air hujan yang disertai angin. Selain itu, teritisan atap juga untuk menahan sinar matahari langsung masuk ke dalam rumah.
  3. Memiliki lubang (bukaan) untuk ventilasi udara secara silang, sehingga suhu dalam ruangan bisa tetap nyaman. Bisa berupa pintu, jendela maupun lubang angin.
  4. Pada daerah tertentu, ada juga rumah panggung untuk mengantisipasi bencana alam serta ancaman dari binatang buas.
  5. Penggunaan material bangunan dari lokal, yang sumbernya bisa didapat dari lingkungan sekitarnya, seperti kayu, batu, bata, bambu, dan lainnya.
  6. Di sekitar bangunan rumah, tanaman dan air menjadi bagian desain yang menyatu dengan rumah.
content image
Foto : malimbucliffvilla
content image
Foto : robgiem

Dengan melihat ciri-ciri umum rumah tropis modern di atas, sebenarnya bangunan tradisional kita di Indonesia ini, dapat menjadi acuan yang sesuai dan menggambarkan bagaimana bangunan rumah tropis itu sendiri.

Mari kita eksplorasi keindahan bangunan tradisional kita dan diterapkan pada desain rumah tinggal di era modern saat ini (Cahyadi)