Masuk

Tips

Beranda / Tips
Ruang Ini Jarang Dipakai Rumah Tropis, Tapi Perlu Dikenali

Oleh: Redaksi

Di negara bermusim dingin, foyer berfungsi sebagai airlock, semacam penghambat agar udara dingin dari luar tidak langsung menerobos ke ruang dalam. Foyer sekaligus menjadi ruang tempat meninggalkan jaket/baju luar musim dingin, jas hujan, payung, topi, sepatu bot, dan lainnya. Foyer pada rumah di negara tropis tidak bersifat mutlak dan dibuat sebagai ruang tambahan yang menjadi transisi antara ruang luar dan ruang dalam. Jadi, fungsi apa yang tepat untuk ruang ini?

Maksimalkan fungsi foyer

pxhere.com

Ukuran foyer biasanya relatif kecil, tetapi bisa juga besar sesuai besarnya dan mewahnya sebuah hunian. Foyer dapat difungsikan sebagai lobi atau ruang penerima setelah teras. Banyak yang menyebutnya sebagai ruang tamu sementara, di mana tamu menunggu sambutan tuan rumah untuk dipersilakan masuk ke ruang yang lebih privat seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan sebagainya.

Foyer juga dapat difungsikan sebagai ruang display untuk merefleksikan kepribadian pemilik rumah, misalnya memajang benda seni, foto, dan sebagainya. Lalu, seperti halnya di negara empat musim, foyer juga berfungsi sebagai ruang penyimpan sementara. Pemilik rumah maupun tamu dapat meninggalkan jaket, payung, topi, atau perlengkapan lain, sehingga tidak repot menenteng ke dalam. Foyer biasanya juga dimanfaatkan sebagai ruang untuk mematut diri, baik bagi tamu ataupun pemilik rumah.

Baca Juga: Agar Tidak Pikun dan Menghambat Kerja, Lakukan 5 Tips Mudah Ini

Dandani foyer sebagai refleksi keramahan

ward8online.com

Foyer sebaiknya merupakan ruang yang berkesan menyapa/memberi salam selamat datang sehingga siapa pun merasa disambut baik. Jadi, foyer hendaknya merefleksikan keramahan dan kehangatan pemilik rumah yang mengesankan. Perhatikan dekorasi foyer terkait fungsinya.

• Sebagai ruang display lengkapi foyer dengan furnitur seperti meja konsol atau credenza. Lalu pajang berbagai elemen dekoratif, seperti lampu hias, bunga segar atau artifisial serta beragam benda seni. Pada bagian atas, gantungkan lukisan, foto, ataupun cermin untuk mematut diri (pilihlah yang berbingkai unik).
• Sebagai ruang tunggu, di area foyer bisa disediakan satu atau sepasang single chair atau bench jika ruang cukup luas. Sediakan beberapa buku bersampul eksklusif sebagai bacaan bagi tamu yang menunggu sekaligus sebagai elemen dekoratif.
• Sebagai ruang simpan sementara, foyer perlu dilengkapi storage. Misalnya, credenza sebagai rak sepatu, umbrella stand untuk meletakkan payung, dan sebagainya.   

Dekorasilah foyer secantik mungkin. Ciptakan suasana menawan lewat warna elemen ruang. Jika ingin menampilkan kesan tenang pilihlah warna netral, seperti krem atau peach. Penambahan aksen lewat warna kontras atau unsur dekoratif akan menguatkan kesan. Tidak perlu ragu mengeksplorasi warna dan ornamen atraktif untuk menampilkan kesan ceria. Mengingat fungsinya, sebaiknya pelapis lantai dipilih dari bahan tahan noda dan mudah dibersihkan, dengan warna atau corak yang mendukung suasana. Sediakan pencahayaan yang memadai, dan pertimbangkan untuk memanfaatkan fitur lampu sebagai elemen dekoratif, misalnya dengan menggantung chandelier sebagai focal point.

Baca Juga: Mau Beranda Jadi Ruang Multifungsi? Perhatikan 3 Hal Ini