Masuk

Tips

Beranda / Tips
Renovasi Rumah: Pikir Matang sebelum Bongkar Ulang
Konstruksi Sipil | 22 Apr 2022

Renovasi Rumah: Pikir Matang sebelum Bongkar Ulang

Sumber gambar di sini

Renovasi adalah proses untuk memperbarui, memperbaiki, menyempurnakan struktur, atau memberikan desain tambahan pada bangunan. Renovasi rumah bisa juga dilakukan untuk menambah atau memperbarui interior (termasuk perlistrikan) dan eksterior (misalnya dinding atau atap). Selain aktivitas memperbarui bangunan, renovasi rumah juga mencakup pekerjaan yang sifatnya pemeliharaan seperti perawatan kebun.

Merenovasi rumah menjadi tampilan baru bisa menjadi pilihan bagi Sahabat Jago yang ingin mewujudkan rumah impian. Tapi, mengubah bentuk rumah tentu tidak semudah bongkar-pasang puzzle.

Sahabat Jago perlu mengetahui apa saja yang harus dipertimbangkan dan dipersiapkan sebelum merenovasi rumah. Ini dilakukan agar niat merenovasi rumah tidak sekadar keinginan, tapi sesuai dengan anggaran serta kebutuhan, dan tentunya mendapat hasil yang memuaskan.

Berikut beberapa tips yang perlu Sahabat Jago perhatikan saat ingin melakukan renovasi rumah. Pastikan tips-tips dari Pak Jago ini disimak sampai selesai ya!

Membuat Skala Prioritas

Sumber gambar di sini

Membuat skala prioritas menjadikan renovasi yang dilakukan Sahabat Jago tidak sekadar mengikuti keinginan, tapi sesuai dengan kebutuhan. Tahap awal adalah menentukan desain rumah yang akan direnovasi. Sahabat Jago perlu untuk menentukan area atau ruang yang akan diperbarui. Buatlah desain yang mendukung aktivitas keseharian keluarga agar kebutuhan ruang masing-masing anggota keluarga terpenuhi, misal ruang keluarga untuk berkumpul atau tempat pribadi yang tenang untuk bekerja. Tahap ini berkaitan erat dengan perhitungan biaya renovasi yang dibutuhkan.

Jangan terlewat untuk mempertimbangkan biaya pemeliharaan jangka panjang dan biaya perbaikan di masa depan. Perencanaan yang tepat bisa membantu Sahabat Jago untuk menghemat anggaran renovasi.

Kenali Karakter Bangunan

Sumber gambar di sini

Ada baiknya Sahabat Jago mengenal lebih detail tentang karakter rumah sebelum direnovasi. Mengetahui luas sampai struktur bangunan yang dimiliki, memiliki pengaruh besar dalam perhitungan biaya yang dibutuhkan pada proses renovasi rumah. Dengan mengenal lebih detail, Sahabat Jago bisa menghindari adanya renovasi besar-besaran (misal merombak ulang ruangan dari nol) sehingga membantu dalam menghemat biaya renovasi.

Selain berkaitan dengan anggaran, pemahaman tentang struktur bangunan juga bertujuan agar aktivitas renovasi berjalan dengan aman dan lancar. Sebaiknya renovasi yang dilakukan telah sesuai dengan peraturan bangunan yang berlaku di wilayah Sahabat Jago. Misalnya tinggi bangunan tidak lebih tinggi dari bangunan rumah ibadah atau harus menyisakan lahan untuk menanam pohon sebagai area resapan air dan penghijauan. 

Pastikan Sahabat Jago mengenali dan menghargai karakter komunitas setempat serta yang tidak kalah penting adalah renovasi bangunan telah sesuai IMB yang dimiliki.

Penggunaan Material

Sumber gambar di sini

Teliti kembali bagian rumah yang masih bisa dipertahankan serta material yang bisa digunakan kembali, misal genteng, kaca, kayu atau kusen pintu. Pastikan material tersebut masih dalam kualitas yang baik agar memungkinkan untuk dipakai dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan.

Cermat dalam merencanakan pembelian material bangunan akan membantu Sahabat Jago mengelola anggaran, karena material bisa dibilang memiliki biaya yang paling besar dibanding biaya lainnya saat melakukan renovasi rumah.

Bagaimana Sahabat Jago, sudah semakin yakin untuk merenovasi rumah dengan tips dari Pak Jago di atas? Ikuti terus tips dan informasi seputar konstruksi dan desain bangunan di situs Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan. Sahabat Jago juga bisa #TanyaPakJago di situs dan Facebook tersebut jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan.

Sumber :

Tim Ahli Jago Bangunan

https://bangunankita.com/hal-yang-perlu-diperhatikan-ketika-ingin-renovasi-rumah/

https://koinworks.com/blog/menghemat-banyak-uang-saat-merenovasi-rumah/

https://www.rumah.com/panduan-properti/panduan-renovasi-rumah-anti-boros-16181