Masuk

Tips

Beranda / Tips
Rasa Haus Ternyata Berbahaya, Ini 5 Akibat Jika Anda Meremehkannya
Kesehatan | 23 Mar 2018

Oleh: Redaksi

Haus dan dahaga serta lapar adalah hal yang kerap terjadi. Terlebih lagi saat bekerja di luar ruangan. Rasa haus akan lebih sering melanda mereka yang bekerja maupun beraktifitas di luar ruangan. Jangan tunggu hingga datangnya waktu istirahat untuk kembali mengisi cairan dalam tubuh, atau hal-hal ini akan terjadi pada tubuh Anda!

1. Tubuh mudah lelah

pixabay.com

Sebagian besar tubuh manusia berisi cairan, apabila asupan utama pada tubuh berkurang maka otomatis aktifitas akan terganggu. Selain itu Anda jadi sulit berkonsentrasi karena dehidrasi selama berjam-jam. Sehingga otak tidak mampu berfikir jernih karena tidak adanya pasokan cairan yang mengantarkan sinyal-sinyal ke seluruh tubuh.

2. Kinerja ginjal dan kandung kemih terganggu

pixabay.com

Saat tubuh kekurangan cairan, racun-racun akan terakumulasi dan mengganggu kinerja ginjal untuk menyaring racun dalam tubuh. Akibatnya kerja ginjal jadi berlebih dan berdampak pada kandung kemih. Kandung kemih dapat terkena infeksi dan menghambat lancarnya buang air kecil.

Baca Juga: 5 Tips Mengenali Ciri Material Berkualitas, Tak Cukup Dilihat Saja!

3. Kulit menjadi kering

pexels.com

Bukan hanya terik matahari yang bisa membuat kulit menjadi kering, kekurangan cairan pun bisa jadi penyebabnya. Apabila tubuh kekurangan air, suplai oksigen di jaringan kulit jadi berkurang, dan memudahkan sinar ultraviolet masuk dalam kulit. Inilah sebabnya jangan sampai tubuh kekurangan asupan air!

4. Mulut bau tak sedap

pexels.com

Tak ingin kawan-kawan di tempat kerja menjauhi Anda karena mulut bau tak sedap? Rutinlah mengkonsumsi air putih. Penurunan kadar air liur yang berperan sebagai pembersih bakteri atau kebersihan gigi berkurang, atau disebut mulut kering membuat kuman dalam mulut berkembang biak. Akibatnya nafas jadi tidak sedap.

5. Kolesterol dalam tubuh meningkat

pixabay.com

Lemak-lemak jahat dapat menyumbat aliran darah ke seluruh tubuh. Mengkonsumsi air dapat menggelontor lemak-lemak tersebut untuk dikeluarkan melalui keringat dan urin. Apabila tubuh tidak diisi dengan air, maka lemak-lemak jahat tidak dapat terbuang dengan sempurna oleh tubuh. Sehingga kolesterol justru makin tinggi

Bagaimana? Sekarang Anda sudah mengerti betapa pentingnya untuk rutin minum air putih kan? Jangan tunda lagi ya saat rasa haus sudah mulai terasa di tenggorokan!

Baca Juga: Gemuk Tak Berarti Sehat, Hindari Obesitas dengan 3 Cara Mudah Ini