Masuk

Tips

Beranda / Tips
Rahasia Panjang Umur Orang Jepang
Kesehatan | 02 Mar 2017

APA YANG MEMBUAT ORANG JEPANG PANJANG UMUR?

Kalau kita bertanya, apa yang membuat Jepang memiliki angka harapan hidup tinggi (86 tahun)? Jawabannya adalah budaya hidup yang mereka jalani seperti yang sudah kita bahas di atas.

Sekarang mari kita lihat, apa saja rahasia orang Jepang sehingga mereka panjang umur dan tetap sehat. Secara garis besar rahasia ada 2 macam, yaitu :

  1. Aktivitas Fisik , orang Jepang banyak berjalan kaki dan tetap aktif bekerja di usia Tua
  2. Menjaga Makanan yang dimakan. Berbagai sumber mengungkapkan bahwa rahasia umur panjang mereka terletak pada makanannya. Bagi orang Jepang, kelezatan makanan tidak semata-mata mengenai rasa saja tapi sangat mempertimbangkan manfaat kesehatan yang dapat diperoleh.

KEBIASAAN MAKAN “ALA JEPANG” YANG BISA ANDA ADAPTASI UNTUK LEBIH SEHAT

  1. Perbanyak makan ikan
content image
Image: hngrynow

Makan ikan jauh lebih sehat dibandingkan dengan lauk yang lainnya. Lezat dan murah. Orang Jepang suka makan ikan, mereka mengonsumsi ikan sekitar 80-100 gram setiap hari. Ikan adalah sumber makanan yang tinggi akan asam lemak omega 3 yang penting untuk kesehatan otak dan jantung. Bagaimana dengan kita, seberapa sering mengkonsumsi ikan?

  1. Membatasi makanan manis
content image
Image: digipat.net
 

Orang Jepang lebih memilih mengkonsumsi teh hijau dibandingkan dengan menggunakan menu penutup yang manis. Bila ingin mengkonsumsi yang manis, mereka memiliki makan buah. Kebiasaan mengurangi asupan gula ini sangat penting untuk dapat terhindar dari penyakit jantung, kegemukan dan kencing manis. Yuk mulai sekarang kita juga berusaha mengurangi asupan gula ke dalam tubuh kita…

  1. Suka Makan Sayuran