Masuk

Tips

Beranda / Tips
Plesteran Tembok Baru 1 Bulan Kok Sudah Retak, Mengapa dan Bagaimana Solusinya?
Konstruksi Sipil | 31 Oct 2017

Oleh: Amin Zainulloh (Ahli Konstruksi Jago Bangunan)

Halo, #PakJago

Mengapa plesteran tembok baru 1-2 bulan sudah retak rambut? Bagaimana solusinya?

Tholib (Jawa Timur)

Terima kasih telah berkonsultasi dengan kami, Pak Tholib, sehingga kami bisa berbagi pengalaman untuk saling meningkatkan pengetahuan dalam bidang konstruksi.

(Sumber: disini)

Plesteran yang retak rambut bisa disebabkan karena adukannya terlalu encer. Sehingga ketika terkena panas atau seiring betambahnya waktu, air menguap dengan jumlah yang banyak dan terjadi penyusutan pada adukan yang berakibat retak. Molekul pasir dan semen saling tarik menarik.

Sebab kedua, kadar semen terlalu banyak juga bisa berpotensi cepat retak. Karenanya plesteran yang ideal adalah campuran antara 1 bagian semen berbanding 4 - 5 bagian pasir, dengan catatan kandungan tanah atau kotoran pada pasir tidak terlalu banyak.

(Sumber: disini)

Dilihat dari segi kekuatan, plesteran yang retak rambut tidaklah begitu berpengaruh. Hanya secara pandangan mata akan terasa mengganggu saat melihatnya. Maka secara berkala bisa diplamir atau dioleskan sealer dan dicat ulang.

Cara menghindari retak, jika memlester tembok terutama bermaterial bata, tunggulah pasangan bata sekitar 1-2 minggu agar tembok benar-benar kering. Baru dilepas atau diplester dengan campuran 1 semen berbanding 4-5 pasir yang diayak 5 mm.

(Sumber: disini)

Sebelum memlester, disiram dulu pasangan batanya agar air yang ada dalam adukan tidak seketika dihisap oleh bata, sehingga proses lekatan antara adukan ke tembok tidak secara langsung, tapi pelan-pelan.

Gunakan semen jenis Portland Pozzolan Cement (PPC) yang pengerasannya agak lambat dan anti retak. Terakhir, tunggu hingga plesteran sudah kering sekitar 4 hari, baru diberi acian.

(Sumber: disini)

Demikian jawaban yang bisa kami berikan. Semoga bisa menjadi solusi dan ada pembelajaran diantara kita guna meningkatkan pengetahuan serta ketrampilan dalam bidang konstruksi. Kami nantikan konsultasi Anda berikutnya.

Terima kasih.

#SahabatJagoBangunan juga bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dan diskusi seputar arsitek, sipil, dan pertukangan dengan berkonsultasi melalui website maupun call center (bebas pulsa) di nomor 0800-188-5656. Ada souvenir menarik dari Semen Gresik untuk dua penanya terbaik setiap bulan. Ikuti dan simak terus artikel #PakJago berikutnya, ya.

Editor: Damae Wardani