Masuk

Tips

Beranda / Tips
Plafon Eternit atau Plafon PVC, Mana yang Lebih Bagus?

Plafon menjadi salah satu bagian rumah yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Tidak hanya sebagai pembatas ruangan dan atap, plafon juga berguna sebagai peredam panas dan suara bising, pelengkap dekorasi, serta melindungi ruangan dari kotoran yang jatuh dari atap.

Terdapat banyak jenis dan model plafon rumah yang bisa ditemui di pasaran. Jenis yang beragam tentu memudahkan Sahabat Jago untuk memilih plafon yang sesuai dengan kebutuhan. Tapi yang harus Sahabat Jago ketahui, berbagai jenis plafon juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kali ini, Pak Jago akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan 2 jenis plafon yang banyak diminati, yaitu eternit dan PVC. Yuk, simak sampai akhir!

 

Plafon Eternit

Plafon eternit terbuat dari serat asbestos, yaitu serat mineral yang menjadi campuran semen dalam papan plafon. Karena bahannya itulah, plafon ini juga sering disebut dengan plafon asbes. Plafon eternit banyak dipakai pada bangunan lama. Tapi sampai sekarang, masih ada juga bangunan atau rumah yang menggunakan eternit sebagai plafon.

 

Kelebihan:

  1. Proses Pengerjaan Mudah

Tidak diperlukan keahlian khusus untuk memasang plafon eternit. Kuncinya, ukuran rangka plafon harus sesuai dengan ukuran plafon eternit per lembarnya, lalu plafon eternit dipasang pada rangka dengan menggunakan paku. Tidak jauh berbeda dengan pemasangannya, proses pembongkaran plafon eternit juga cukup mudah. Sahabat Jago cukup mencongkel tepi/sambungan plafon dan menariknya agar terlepas dari rangka.

  1. Harga yang Terjangkau

Karena harga yang terjangkau, plafon eternit masih menjadi favorit untuk digunakan pada rumah atau bangunan. Harga yang terjangkau membuat tampilan plafon yang dihasilkan terkesan biasa saja. Tapi Sahabat Jago bisa membuat tampilan plafon eternit menjadi lebih indah dengan melapisinya dengan cat tembok atau cat khusus plafon.

  1. Tahan Air dan Api

Bahan asbes membuat plafon eternit memiliki daya tahan yang cukup baik terhadap air dan api. Asbes juga memiliki daya hantar panas yang kecil sehingga bisa memberikan kesan dingin pada ruangan dengan plafon eternit.

Kekurangan:

  1. Mudah Retak dan Patah

Walau mudah, proses pemasangan plafon eternit harus ekstra hati-hati karena materialnya mudah retak dan patah. Perlu ketelitian tinggi, terutama saat pemasangan plafon eternit dengan paku, agar tidak ada lembaran plafon eternit yang terbuang percuma.

  1. Bahaya Jika Serpihannya Terhirup

Di balik harganya yang terjangkau dan banyaknya peminat, terdapat risiko gangguan kesehatan karena material plafon eternit ini, di antaranya gangguan pernapasan. Sahabat Jago harus hati-hati saat memasangnya agar debu atau serpihan plafon tidak terhirup.

Plafon PVC

Plafon PVC adalah plafon yang terbuat dari polyvinyl chloride, bahan yang biasa digunakan sebagai material pembuatan pipa air. Karena kekuatan dan daya tahannya, sekarang PVC sudah digunakan sebagai bahan plafon rumah. Tidak sedikit rumah berkonsep modern yang menggunakan plafon jenis ini karena banyaknya model yang bisa dipilih sesuai keinginan. 

Kelebihan:

  1. Material Ringan

Plafon PVC memiliki bobot yang lebih ringan daripada plafon eternit, sehingga tidak memberikan beban terlalu berat kepada rangka plafon. Material PVC juga memiliki kelenturan yang cukup baik dan bisa digunakan pada bidang melengkung atau miring.

  1. Tahan Terhadap Panas dan Serangan Rayap

Selain tahan terhadap air, plafon PVC juga tahan terhadap panas. Material PVC membuat plafon ini awet dan warnanya tidak mudah pudar, serta tahan terhadap serangan rayap. Kelebihan ini membuat plafon PVC cocok digunakan di dalam maupun luar ruangan.

  1. Banyak Pilihan Model dan Warna

                

                

Salah satu kelebihan plafon PVC adalah banyaknya model dan warna yang bisa digunakan. Banyaknya model dan warna membuat Sahabat Jago bebas memilih plafon sesuai konsep atau kebutuhan rumah.

  1. Aman Bagi Kesehatan

Plafon PVC lebih aman bagi kesehatan jika dibandingkan dengan plafon eternit. Debu atau serpihan yang tertinggal saat pemasangan sangat sedikit, sehingga risiko gangguan kesehatan yang muncul juga sangat kecil.

Kekurangan :

  1. Harga Cukup Mahal

Dengan kelebihan dan kualitasnya, membuat harga plafon PVC masih cukup mahal di pasaran. Sahabat Jago harus memiliki persiapan dana yang cukup sebelum memutuskan untuk menggunakan plafon PVC di rumah.

  1. Tidak Bisa Dicat Ulang

Karena tidak bisa dicat ulang sendiri, Sahabat Jago harus memasang plafon PVC yang baru jika ingin mengganti warnanya. Harganya yang masih mahal tentu membuat Sahabat Jago harus berpikir ulang sebelum mengganti plafon dengan yang baru. 

Menentukan pilihan plafon eternit atau plafon PVC, semuanya tergantung pada pertimbangan yang Sahabat Jago miliki. Jika Sahabat Jago memiliki dana yang terbatas, plafon eternit bisa menjadi pilihan untuk menghemat biaya. Tapi jika Sahabat Jago ingin membuat tampilan rumah menjadi lebih modern dan elegan, plafon PVC adalah pilihan yang tepat.

Demikian penjelasan dari Pak Jago tentang kelebihan serta kekurangan plafon eternit dan plafon PVC. Ikuti terus tips dan informasi seputar konstruksi dan desain bangunan di situs Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan. Sahabat Jago juga bisa #TanyaPakJago di situs dan Facebook jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan.

Sumber: Frequently Asked Questions (pertanyaan yang sering diajukan) Facebook Jago Bangunan