Masuk

Tips

Beranda / Tips
Percantik Rumah dengan Aksen Kayu, Bikin Ruangan Makin Nyaman
Desain Bangunan | 24 Mar 2019

Oleh: Hildatun Najah

Kayu merupakan salah satu material yang tidak dapat dipisahkan dari proses pembangunan rumah. Baik sebagai material pilar bangunan, maupun dinding dan lantai. Selain sebagai material pokok bangunan, berbagai kelebihan kayu juga dapat menjadi bagian dari arsitektur yang bisa mempercantik ruangan. Lalu bagaimana penggunaan aksen kayu dalam hunian?

Cocok untuk berbagai jenis desain

Aksen kayu pada interior ruangan, tidak hanya membuat kesan alami, tetapi juga nyaman dan menenangkan. Menambahkan kayu pada langit-langit ataupun lantai dapat membuat ruangan lebih bernilai estetik. Ditambah, beragamnya tekstur dan jenis, membuat kayu dapat diaplikasikan pada berbagai desain hunian.

Sumber gambar: di sini.

Baca Juga: Membeli atau Membangun Rumah, Mana yang Lebih Baik?

Dekorasi kayu pada ruangan dengan desain modern ataupun industrial menambahkan kesan natural pada hunian. Sementara pada rumah dengan desain vintage atau shabby, kayu menjadi bagian penting agar rumah terkesan lebih “tradisional”. Untuk hunian dengan desain minimalis dan mewah pun dapat memanfaatkan kayu dengan tekstur dan desain tertentu.

Dinding unik dari kayu

Aksen kayu pada dinding bagunan dapat mempercantik bahkan memberikan kesan yang unik pada ruangan. Misalnya dengan menggunakan jenis kayu dengan tekstur yang tidak rata akan menjadi nilai tambah bagi keindahan dan keunikan sebuah ruangan.

Sumber gambar: di sini.

Sahabat Jago Bangunan juga dapat memanfaatkan kayu dengan tekstur yang berkilau atau glossy untuk memberikan kesan yang lebih mewah. Menambahkan aksen kayu pada dinding di ruang tidur juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, baik dari warna yang tidak terlalu terang, ataupun penggunaan kayu dengan wangi yang menenangkan.

Baca Juga: Selain Anti Rayap, Ini 3 Kelebihan Atap Galvalum yang Bisa Menggantikan Rangka Atap Kayu

Dinding kayu juga dapat dibuat bertema dengan menyusun kayu menjadi bentuk tertentu. Desain yang dibuat dengan susunan kayu akan membuat ruangan lebih berwarna dan tidak terkesan monoton. Sahabat Jago Bangunan juga dapat menyesuaikan bentuk, ukuran hingga mengatur dimensi penyusunan kayu, agar ruangan menjadi lebih eksentrik.

Properti dari kayu

Selain memanfaatkan kayu sebagai hiasan atau interior pada ruangan, Sahabat juga bisa menggunakan aksen kayu pada properti dan furniture ruangan. Misalnya dengan menggunakan kayu mahoni sebagai meja makan, ataupun kayu jati pada pintu rumah.

Sumber gambar: di sini.

Penggunaan kayu juga dapat dipadupadankan dengan kursi, lemari, atau tangga. Membuat rak alami dari kayu yang terpasang pada dinding juga akan memberikan kesan simpel namun apik pada ruangan. Sahabat Jago Bangunan dapat memilih penggunaan kayu yang disusun rapi sesuai desain, atau penggunaan kayu alami sebagaimana serat dan tekstur kayu.

Baca Juga: 14 Kriteria Rumah Ideal Zaman Now, Cocok Untuk Dihuni 6 Anggota Keluarga

Penambahan aksen pilar ataupun patung kayu pun dapat menjadi pilihan untuk memberikan kesan yang lebih estetik pada ruangan. Ruangan dengan aksen kayu, tidak hanya memberi nuansa yang lebih lembut dan nyaman pada ruangan, tapi juga hawa sejuk dan menyenangkan.

=====
Mau konsultasi gatis seputar konstruksi, desain bangunan, atau RAB? #TanyaPakJago saja.

Pak Jago nantikan konsultasi Anda melalui call center 0800 108 8888 (bebas pulsa), kotak pesan di Fanpage Jago Bangunan, atau menu konsultasi di website jagobangunan.com.
=====

Editor: Damae Wardani