Masuk

Tips

Beranda / Tips
Perbaikan Plafon
Desain Bangunan | 05 May 2017

Masalah yang seringkali muncul pada plafon adalah rembesan bocor air atau plafon bergelombang atau flek / noda plafon dan berjamur atau kejatuhan benda berat.

Apabila terjadi kerusakan, Perbaikan tidak harus mengganti plafon seluruh ruangan, bisa saja cukup diganti bagian plafon yang rusak. Perbaikan plafon dengan membuang bagian plafon yang rusak dan diganti dengan yang baru. Ketrampilan tukang dan produk plafon akan mempengaruhi hasil pekerjaan perbaikan plafon.

 

Tips praktis perbaikan plafon

  • Plafon Tripleks
  1. Masalah noda / flek plafon : lakukan pengecatan dengan cat minyak warna putih (doff), bila sudah kering, cat ulang plafon dengan warna cat plafon sebelumnya
  2. Masalah plafon bergelombang / rusak : potong bagian yang bergelombang / rusak dan diganti tripleks yang baru. Biasanya sulit memotong tripleks yang rusak, jadi sebaiknya bisa diganti 1 blok kotak ( sebesar rangka plafon ) pada bagian yang rusak.

 

  • Plafon Gypsum
  1. Masalah noda / flek plafon : bersihkan noda dengan ampelas atau cairan pelarut, lakukan pengecatan dengan cat minyak warna putih (doff), bila sudah kering didempul (coumpond), baru cat ulang plafon dengan warna cat plafon sebelumnya.
  2. Masalah plafon bergelombang / rusak : potong bagian yang bergelombang / rusak dan diganti gypsum yang baru, lalu didempul dan diratakan, baru dicat ulang dengan warna cat plafon sebelumnya.

 

  • Plafon Asbes, Eternit atau panel GRC
  1. Masalah noda / flek plafon : lakukan pengecatan dengan cat minyak warna putih (doff), bila sudah kering, cat ulang plafon dengan warna cat plafon sebelumnya.
  2. Masalah plafon bergelombang / rusak : plafon asbes / eternit / GRC ini dalam bentuk lembaran dan kaku, hanya mencopot sekrup atau paku pada bagian yang bergelombang / rusak dan bisa langsung diganti lembaran plafon baru, lalu dicat ulang dengan warna cat plafon sebelumnya.

 

  • Mengganti plafon tripleks ke gypsum
  1. Bongkar palfond tripleks lama.
  2. Cek rangka plafon, apakah masih kokoh dan aman, bila sudah keropos atau berkarat sebaiknya diganti dengan yang baru. Rangka plafon dengan kayu harus dicek ulang level ketinggiannya, karena terdapat muai susut pada kayu.
  3. Tambahkan rangka plafon dari material hollow metal / zincalum, yang lebih kuat dan tahan rayap. Atau bisa juga diganti semuanya dengan rangka hollow yang baru.
  4. Setelah rangka plafon terpasang, pasang lembaran gypsum dengan sekrup hitam. Tambahkan perkuatan untuk rangka hollow plafon ke rangka kuda kuda atap.
  5. Lalu dempul atau coumpond 2 – 3 kali di setiap sambungan plafon dan sekrup, agar tidak terlihat sambungan dan sekrupnya.
  6. Pastikan permukaan plafon rata dengan hollow aluminium, setelah itu plafon gypsum siap untuk dicat (Cahyadi).