Masuk

Tips

Beranda / Tips
Pentingnya SNI dalam Menentukan Bahan Bangunan
Konstruksi Sipil | 01 Oct 2021

Sahabat Jago, saat ini banyak produk yang membubuhkan lambang SNI - baik di kemasan produk atau pada produk itu sendiri. Mulai dari barang-barang elektronik, produk pertanian, sampai bahan bangunan. Lambang tersebut tampak hanya sebagai penghias, namun sebenarnya tidak bisa kita remehkan karena menyangkut kualitas dan keselamatan penggunanya, khususnya dalam hal bahan bangunan. Apa itu SNI, dan mengapa penting untuk bahan bangunan?

Mengapa Banyak Produk yang Harus Distandarkan?

 

Di pasaran saat ini kita dapati berbagai barang dengan berbagai merek dan spesifikasi. Kita seolah dimanjakan akan keragaman produk yang tersedia. Namun, ada hal negatif mengintai dari keragaman ini, terutama bila tidak ada standar baku yang ditetapkan.

Semua produk pasti memiliki dampak, baik positif maupun negatif. Namun sebagian produk memiliki dampak negatif yang berpengaruh pada kesehatan bahkan nyawa manusia yang menggunakannya. Bila produk tersebut tidak memiliki standar yang baku dalam proses produksinya, dampak negatif bisa muncul lebih dulu daripada dampak positifnya.

Bahan-bahan bangunan adalah salah satu di antaranya. Beberapa bahan bangunan yang kita gunakan dapat membahayakan manusia misalnya, pada akhirnya tidak dapat menghasilkan bangunan yang bertahan lama. Hal ini menjadi masalah besar bila bahan bangunan tersebut merupakan komponen inti dalam menyusun bangunan, seperti semen dan besi beton. Standardisasi adalah salah satu cara penting untuk memberikan kepastian pada pemakainya bahwa produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang terjamin, sehingga penggunanya dapat menggunakan produk tersebut secara aman.

Apa Itu SNI?

Salah satu standar yang bisa kita percaya adalah Standar Nasional Indonesia (SNI). SNI adalah sebuah standar yang dikeluarkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) untuk berbagai produk yang diproduksi di Indonesia. SNI dijadikan satu-satunya standar yang berlaku di Indonesia, dan sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan No.72/M-DAG/PER/9/2015, barang-barang dalam kategori tertentu harus diproduksi sesuai dengan SNI. SNI dirumuskan oleh sebuah komite teknis, dan ditetapkan oleh BSN.

Menurut Strategi BSN 2006-2009, SNI dirumuskan dengan memenuhi enam Kode Praktik Baik (Code of Good Practice) yang ditetapkan oleh Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Keenam prinsip tersebut yaitu:

  • keterbukaan (terbuka untuk semua yang ingin ikut mengembangkan SNI)
  • transparansi (transparan dalam menyampaikan proses standardisasi)
  • konsensus dan imparsial (mengutamakan konsensus dan tidak memihak)
  • efektif dan relevan (menyesuaikan dengan kondisi pasar serta tidak melanggar hukum)
  • koheren (koheren dengan pengembangan standar secara internasional)
  • berdimensi pembangunan (bertujuan untuk kepentingan masyarakat)

Bahan Bangunan Juga Harus Ber-SNI

Dalam memilih bahan bangunan, kita juga sebaiknya tidak boleh sembarangan. Saat ini bahan-bahan konstruksi termasuk hal yang sudah memiliki standar SNI, dan kini sudah ada bahan bangunan ber-SNI yang dijual di pasaran. Bahan bangunan yang berkualitas dan terstandar dengan baik akan menjadikan hasil bangunan lebih aman, nyaman, dan tahan lama. Maka pastikan Sahabat Jago memilih bahan bangunan ber-SNI.

Contoh bahan bangunan yang kini memiliki standar SNI adalah semen. Sebagai bahan perekat bangunan yang mempengaruhi kekuatan seluruh bangunan, semen memang perlu memiliki standar agar kualitasnya terjamin. Sejak 2014, BSN telah menetapkan SNI untuk enam jenis semen; yakni semen masonry (SNI 15-3758-2004), semen portland (SNI 2049:2015, selain portland putih, portland pozzolan, dan portland campur), semen portland campur/mixed cement (SNI 15-3500-2004), semen portland komposit (SNI 7064:2014), semen portland pozzolan (SNI 0302:2014), serta semen portland putih (SNI 15-0129-2004).

Sebagai semen yang berkualitas tinggi, Semen Gresik tentunya telah memenuhi SNI. Semen Gresik PCC, misalnya, telah memenuhi standar SNI 7064:2014 - standar yang bisa Sahabat Jago lihat pada kemasan. Apalagi Semen Gresik juga sudah terbukti banyak digunakan pada berbagai proyek konstruksi, sehingga tak salah lagi bila Semen Gresik bisa menjadi pilihan Sahabat Jago dalam membuat bangunan kokoh dan tak tertandingi.

 

(Rama SP)