Masuk

Tips

Beranda / Tips
Penting, 6 Panduan Keselamatan Pekerja Konstruksi untuk Menghindari Kecelakaan Fatal

oleh: Tya Achni

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah upaya untuk menjamin tenaga kerja agar terhindar dari resiko bahaya atau kecelakaan kerja selama melakukan pekerjaan. Saat bekerja, para pekerja harus menggunakan alat-alat pelindung diri untuk meminimalisir potensi kecelakaan kerja. Apa sajakah alat pelindung diri tersebut? Berikut informasinya sebagaimana dilansir dari Buku Rumah Kokoh Semen Gresik:

1. Lindungi kepala dengan helm

pixabay.com

Helm digunakan untuk melindungi kepala dari potensi kejatuhan benda-benda keras. Helm standard yang digunakan saat melakukan pekerjaan umumnya dilengkapi peredam dari spon atau karet di dalamnya.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Redakan Sakit Gigi Tanpa Perlu ke Dokter, Hemat dan Alami

2. Gunakan kacamata pengaman

pixabay.com

Tempat proyek adalah tempat yang penuh potensi terjadi kecelakaan kerja apabila tidak dipersiapkan dengan baik. Saat melakukan pengerjaan menggerinda benda-benda keras, memahat atau memecah batu, gunakanlah kacamata pengaman untuk melindungi mata dari masuknya serpihan atau pecahan benda-benda keras.

3.Lindungi kaki dengan sepatu kerja

pixabay.com

Sepatu kerja yang digunakan selama pengerjaan didesain khusus untuk melindungi kaki dari kejatuhan benda-benda keras dan tertusuk paku-paku yang biasanya bertebaran. Bagian depan dilengkapi dengan pelindung metal agar jari kaki aman. Khusus untuk mengaduk beton atau membuat adonan, gunakan sepatu boot dari karet/plastik agar pasta semen tidak masuk ke celah kaki.

4. Jangan remehkan fungsi masker hidung

pixabay.com

Keadaan sekitar proyek yang penuh debu tentu tidak sehat untuk pernafasan. Untuk menyaring udara yang dihirup agar paru-paru tetap sehat tidak kemasukan debu gunakan masker hidung. Saat membuka atau menuangkan semen, menggerinda, membongkar tembok, menyaring pasir, kapur atau benda lain yang mengeluarkan debu.

5. Hindari luka dengan sarung tangan

pexels.com

Sudah saatnya untuk memperhatikan keamanan diri sendiri saat bekerja, salah satunya dengan mempergunakan sarung tangan. Sarung tangan berfungsi untuk melindungi tangan ketika mengangkat benda keras yang ujungnya tajam seperti besi beton, elemen plat beton, benda yang panas dan mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh.

6. Lebih aman dengan safety belt dan tangga

pixabay.com

Jika tempat bekerja memiliki lebih dari satu lantai, untuk akses naik turun Anda dapat mempergunakan sabuk pengaman dan tangga. Safety belt atau sabuk pengaman dan tangga melindungi pekerja dari resiko jatuh ketika melakukan aktifitas kerja, terutama pada ketinggian.

Baca Juga: Tanpa Disadari, 5 Gerakan Wajah Ini Bikin Kulit Cepat Keriput!