Masuk

Tips

Beranda / Tips
Pengadaan, Kategori, dan Alat Pertukangan yang Wajib Anda Tahu
Konstruksi Sipil | 21 Jul 2017

Oleh: Jerie

#SahabatJagoBangunan, pekerjaan konstruksi membutuhkan alat kerja, bahan bangunan, dan tenaga kerja (tukang) yang harus dikelola dengan baik agar pekerjaan berjalan lancar. Peralatan kerja yang memadai tentu dapat menghemat waktu, tenaga, biaya, dan menghasilkan mutu terbaik.

Pengadaan Alat Kerja

Menurut #PakJago, Pengadaan alat kerja disesuaikan dengan tahapan pekerjaan konstruksi serta memperhatikan jumlah tenaga kerja. Pertimbangan biaya alat kerja baik beli atau sewa sangat penting dan berhubungan dengan biaya konstruksi. Pemeliharaan dan perawatan alat kerja juga harus dilakukan secara rutin, khususnya alat kerja berat, sehingga alat kerja selalu dalam kondisi baik dan siap pakai.

Alat kerja pertukangan pada dasar bisa membeli sendiri atau menyewa. Pembelian alat kerja membuat kerja mandiri dan tidak ada ketergantungan dengan pihak lain, hanya saja biaya pengadaan alat cukup besar. Pengadaan alat kerja bisa oleh tukang perorangan dan atau kontraktor pelaksana di awal proyek atau selama proyek berlangsung.

Selain membeli, alat kerja juga bisa menyewa. Sewa alat kerja lebih sesuai dengan kebutuhan. Kelemahannya jika saat dibutuhkan alat kerja yang disewa tidak ada, akan menghambat proses konstruksi. Sewa alat kerja dilakukan oleh kontraktor dan berhubungan dengan pihak lain serta melalui sistem prosedur yang sudah ditentukan dan disepakati.

Kategori Peralatan Pertukangan

Setelah mengetahui cara pengadaan alat, berikutnya yang harus diketahui ialah kategori peralatannya. Secara sederhana, peralatan pertukangan terbagi menjadi tiga kategori.

  1. Peralatan Utama

Alat – alat pertukangan yangwajib dimiliki oleh tukang atau kontraktor untuk melakukan pekerjaan bangunan, sesuai spesialiasinya dan sesuai prosedur yang ditentukan. Alat kerja utama yang sederhana biasanya dimiliki oleh tukang secara perorangan dan lebih berupa alat kerja tangan manual, seperti meteran, cetok, siku, gerinda, bor, gergaji, palu, tang. Untuk alat kerja yang mekanis sampai alat kerja berat biasanya disediakan oleh kontraktor pelaksana.

 

  1. Peralatan Pendukung

Ialah alat-alat pertukangan yang membantu pekerjaan tukang mencapai mutu yang baik dan kerapian yang tinggi. Peralatan pendukung bisa juga berupa alat bantu kerja. Contohnya arco, scafolding, tangga, ayakan pasir, dan timba.

  1. Peralatan Keamanan

Terakhir, alat– alat pertukangan yang mendukung keselematan kerja tukang.

Alat keamaan ini diantaranya helm pekerja, sepatu boot, googles, sabuk pengaman, sabuk peralatan, sarung tangan.

Jenis Peralatan Tukang

Tiga kategori alat pertukangan di atas terbagi lagi dalam 4 jenis alat. Pembagian jenis ini akan memudahkan Anda dalam memilah mana alat yang harus beli atau bisa sewa saja. Empat jenis alat tersebut adalah:

  1. Alat Kerja Tangan non Mekanis

Berupa alat kerja tanpa mesin (non mekanis), diantaranya meteran, siku, cetok, palu, waterpass, bandul, betel pahat, obeng, tang, gergaji, kunci pas, dan kunci inggris.

  1. Alat kerja Tangan Mekanis

Merupakan alat kerja tangan dengan mesin (mekanis), seperti gerinda, bor, circular saw, planner, sander, ramer, picks & breakers, catridge hammer, power trowel, concrete vibrator, bar bender, dan bar cutter.

 

  1. Pompa Air, Kompresor & Genset

Peralatan pertukangan berupa pompa air, kompresor (tekanan angin) dan genset kompressor & genset. Contohnya, pompa air dinamik atau pompa air desak (sesuai dengan kebutuhan daya hisap, daya dorong dan kapasitas air), kompresor dinamik atau kompresor desak, genset dengan daya listrik kecil, menengah, besar ( 10 KVA, 30 KVA, 50KVA, 100 KVA, 250 KVA ).

  1. Alat Kerja Berat

Merupakan peralatan pertukangan berupa alat kerja berat dengan mesin. Contoh: alat gusur (buldozer, loader, scrapper ), alat gali (power shovel, black hoe, dragile, clem shell, excavator), alat perata (motor gradler, sraper), alat pemadat (three w roller, tandem roller, sheep foot roller, segmen ted roller, tire roller, vibrating compec), alat angkut atau angkat (dump truck, trailer, crane on track, flat bed, crane tower) .

 

Nah, itulah berbagai informasi terkait peralatan pertukangan yang wajib Anda ketahui agar memudahkan pekerjaan bangunan. Semakin lengkap alat yang dimiliki #PakTukang, tentu semakin cepat pekerjaan bisa diselesaikan. Semoga bermanfaat.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan diskusi seputar arsitek, sipil, dan pertukangan Anda bisa berkonsultasi melalui website maupun callcenter – Bebas Pulsa di nomor 0800-188-5656. Ikuti dan simak terus artikel #PakJago berikutnya, ya!