Masuk

Tips

Beranda / Tips
Pekerja Konstruksi Wajib Tahu, 5 Penyakit Ini Mengintai di Usia 30
Kesehatan | 19 Mar 2018

Oleh: Redaksi

Bagi wanita dan pria, usia 30-an merupakan usia dimana orang sedang ranum-ranumnya. Dari segi karir, pendidikan, hingga keluarga biasanya sudah mulai tertata pada usia ini. Namun tahukah Anda, bahwa di usia 30-an, banyak penyakit berbahaya yang mengintai. Jika Anda bisa mencegah dan rutin melakukan pemeriksaan, tidak menutup kemungkinan di hari tua Anda kelak akan jauh lebih sehat dan menyenangkan.

Apa sajakah penyakit-penyakit itu? Berikut informasinya, dilansir dari Boldsky:

1. Osteoporosis

pexels.com

Osteoporosis lebih rentan menyerang wanita dibanding laki-laki. Saat ini, hampir 5 dari 10 orang wanita menderita osteoporosis. Sebagai laki-laki, tak ada salahnya Anda waspada dan bersiap. Sebab, semakin bertambah usia seseorang, tulang menjadi lemah dan dan bukannya membuat jaringan baru, justru jaringan tulang yang sudah tua makin terserap kepadatannya. Olahraga rutin, menjaga pola makan, dan mengkonsumsi suplemen pada tahap awal 30-an akan membantu Anda untuk tetap sehat.

Baca Juga: Mudah Didapat, 5 Makanan Ini Ampuh Atasi Capek Setelah Kerja Seharian

2. Diabetes tipe 2

pixabay.com

Ini adalah salah satu penyakit yang sering menyerang pada usia 30-an. Berdasarkan data statistik, 20 % pria dan wanita mendapati dirinya menderita penyakit diabetes tipe 2 setelah usia 30. Diabetes merupakan penyakit serius yang bisa menjalar ke kondisi kesehatan tubuh yang lain, untuk mencegahnya Anda harus menerapkan pola hidup sehat.  

3. Rheumatoid Arthritis (radang sendi)

pixabay.com

Ketika Anda bisa mengatasi radang sendi di usia 30, maka ketika memasuki usia 60, anda akan jauh lebih sehat. Radang sendi merupakan penyakit autoimun (penyakit yang terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri) yang mengakibatkan peradangan dalam waktu lama pada sendi. Penyebabnya masih belum diketahui, namun Anda bisa mengantisipasi dengan diet yang tepat, obat-obatan dan olahraga.

4. Kanker testis

pixabay.com

Banyak dari Anda yang menduga bahwa ini adalah masalah yang muncul setelah berada di usia 40 atau 50. Namun tahukah Anda bahwa ini adalah salah satu masalah kesehatan utama pada pria di usia tiga puluhan? Anda harus sering-sering memeriksa kesehatan secara rutin dan melakukan uji testis tahunan.

5. Darah tinggi

pixabay.com

Seiring dengan semakin menuanya usia, maka tekanan darah juga ikut naik. Diet yang salah, kurang gerak, obesitas, stress, dan cemas adalah penyebab utama penyakit ini. Gaya hidup yang benar dan mengkonsumsi obat-obatan bisa membantu Anda untuk bisa beraktivitas dengan baik. Jangan abaikan isu kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: Mengejutkan, 7 Makanan Favorit Ini Ternyata Sampah Bagi Tubuh!