Masuk

Tips

Beranda / Tips
Mudah Didapat, 5 Makanan Ini Ampuh Atasi Capek Setelah Kerja Seharian
Kesehatan | 17 Mar 2018

Oleh: Redaksi

Aktifitas yang seabrek kerap kali membuat kita mudah lelah. Pekerjaan, keluarga, kondisi jalan yang tidak menentu, adalah beberapa kondisi yang membuat waktu tersita cukup banyak dan membuat kita tidak memiliki waktu yang khusus untuk diri sendiri seperti olahraga atau kebiasaan sehat. Namun dibalik semua itu, ada beberapa makanan yang saat dikonsumsi dapat membuat tubuh kembali bugar dan semangat saat energi terkuras.

Apa sajakah 5 makanan yang dipercaya mengembalikan tenaga tersebut? Berikut informasinya sebagaimana dilasir dari lifehack.org:

1. Cabai

pixabay.com

Senyawa yang terkandung dalam cabai seperti capsaicin yang berfungsi untuk memberikan sensasi rasa panas saat dicerna dapat membantu untuk meningkatkan sirkulasi. Kandungan ini dipercaya dapat melawan rasa lelah dan mengirim sinyal ke otak untuk tetap bersemangat.

Baca Juga: 3 Tips Merancang Pagar Rumah, Bukan Cuma Penanda Batas Bangunan

2. Sayur-sayuran hijau

pixabay.com

Sayuran hijau seperti bayam, arugula, lobak Swiss, dan kale besar adalah penghalau lelah yang baik, terutama saat Anda menderita anemia. Sayuran hijau ini tidak hanya kaya akan zat besi yang berperan untuk membangun sel-sel darah merah, sayuran hijau juga tinggi vitamin C. Vitamin C memudahkan tubuh untuk menyerap zat besi.

3. Rempah-rempah

pixabay.com

Jika Anda membubuhkan rempah-rempah seperti jahe atau kunyit pada sajian makanan dan minuman saat kondisi tubuh sedang drop, tubuh akan kembali bugar. Bahan aktif yang ada pada rempah-rempah yaitu kurkumin dan gingerolis membantu mengurangi peradangan. Mengkonsumsi tanaman berbuku ini dapat membuat tubuh lebih kebal dan tidak mudah sakit.

4. Pisang

pixabay.com

Sejumlah penelitian telah mengungkap manfaat dari buah berwarna kuning ini. Pisang adalah makanan yang mudah dan dapat secara cepat dapat memberikan rasa kenyang saat dikonsumsi. Kandungan serat yang tinggi pada pisang dapat menjaga kadar gula tetap stabil sepanjang hari. Selain itu kalium yang terkandung di dalamnya bisa menyalakan semangat Anda untuk beraktifitas.

5. Biji gandum

pixabay.com

Biji gandum atau quinoa adalah alternatif tambahan makanan yang biasanya ditambahkan saat membuat sajian seperti pasta. Biji gandum pada dasarnya mengandung karbohidrat yang cukup rendah, sehingga baik untuk yang sedang diet karbo. Tapi di lain sisi kandungan protein dalam quinoa bagus untuk menjaga energi tetap tinggi.  Nutrisi seperti vitamin B-kompleks, magnesium, potasium, dan zat besi akan melawan kelelahan juga.

Baca Juga: Tak Bisa Asal, Begini 4 Langkah Memasang Plafon Agar Tak Mudah Jebol