Masuk

Tips

Beranda / Tips
Mezzanine: Seluk-beluk dan Cara Membangunnya
Konstruksi Sipil | 20 Nov 2021

Sebagian dari Sahabat Jago mungkin pernah mendengar istilah mezzanine. Jika mengira ini adalah jenis lantai atau keramik, berarti perkiraan Sahabat Jago selama ini salah. Mezzanine adalah salah satu solusi bagi rumah modern minimalis untuk bisa memaksimalkan area ruangan yang dimiliki.

Selain untuk memaksimalkan fungsi ruangan, mezzanine juga bisa membuat rumah Sahabat Jago menjadi lebih menarik. Dengan desain yang biasanya berupa ruangan terbuka, mezzanine menghadirkan ruang yang nyaman dan suasana berbeda bagi penghuninya. Sahabat Jago tertarik ingin membangun mezzanine? Sebelum itu, yuk kenalan dulu dengan mezzanine dan ketahui cara membangunnya! 

 

Sebenarnya, Apa Itu Mezzanine?

Mezzanine adalah lantai atau ruangan tambahan yang berada di antara lantai bawah dan plafon atau atap rumah. Secara sederhana, mezzanine bisa disebut juga balkon yang berada di dalam rumah. Pembangunan mezzanine dilakukan untuk menambah ruangan baru tapi memiliki area rumah yang terbatas.

Pada awalnya, mezzanine justru banyak digunakan di pabrik-pabrik sebagai ruangan penyimpanan. Pembangunan mezzanine ini dianggap lebih mudah karena sifatnya yang tidak permanen sehingga bisa dimodifikasi atau dibongkar dengan segera. Tapi sekarang, mezzanine sudah banyak digunakan di berbagai bangunan, seperti kantor, toko, restoran, kafe, dan rumah. Di rumah, mezzanine sering digunakan sebagai ruang keluarga, ruang bermain anak, atau ruang tidur.

Beberapa tahun lalu, menambah lantai rumah atau memperluas bangunan menjadi pilihan untuk menambah ruangan. Sekarang pillihan itu mulai beralih. Mezzanine mulai menjadi tren di Indonesia sehingga banyak diminati dan diterapkan. Banyak perumahan, apartemen, atau hotel di beberapa kota besar yang sudah menerapkan konsep mezzanine. Yang terbaru, sebuah rumah susun di Jakarta juga akan menerapkan konsep mezzanine di tiap unitnya sebagai ruang kerja bagi penghuni saat work from home (WFH). Ruangan itu nantinya juga bisa digunakan sebagai tempat bersantai atau berkumpul bersama keluarga.

 

Kelebihan Mezzanine

Membangun mezzanine adalah salah satu cara untuk menambah ruangan pada rumah minimalis dengan atap atau plafon yang tinggi. Dengan membangunnya, Sahabat Jago bisa mendapatkan kelebihan atau manfaat seperti berikut:

  1. Biaya Lebih Terjangkau

Daripada merenovasi atau memperluas rumah, pembangunan mezzanine memungkinkan Sahabat Jago mendapatkan ruangan tambahan dengan biaya yang lebih terjangkau. Sahabat Jago hanya perlu memperkirakan area yang tepat lalu membangun mezzanine tanpa banyak mengubah tampilan rumah.

  1. Memiliki Berbagai Fungsi

Dengan membangun mezzanine, Sahabat Jago bisa menggunakannya sebagai ruang tidur tambahan, ruang kerja, ruang bersantai, atau tempat penyimpanan. Jika ingin mengadakan acara bersama teman atau keluarga besar, Sahabat Jago juga bisa menggunakan mezzanine untuk menghadirkan suasana yang berbeda.

  1. Langit-Langit Terbuka

Jika Sahabat Jago menggunakan mezzanine sebagai ruang tidur atau ruang bersantai, langit-langit terbuka membuat sirkulasi udara menjadi lebih lancar. Lancarnya sirkulasi udara akan membuat Sahabat Jago lebih nyaman dan rileks saat beristirahat di mezzanine.

  1. Tidak Perlu Pintu

Dengan membangun mezzanine, Sahabat Jago tidak perlu penambahan pintu. Ruangan cukup ditambahkan pagar atau teralis sebagai pengaman tepi mezzanine.

 

Cara Membangun Mezzanine

Sebelum Sahabat Jago membangun mezzanine, sebaiknya perhatikan lebih dulu cara berikut ini.

  1. Luas dan Tinggi Ruangan

Pastikan luas ruangan rumah Sahabat Jago mencukupi untuk membangun mezzanine. Biasanya, mezzanine menggunakan sepertiga dari luas ruangan rumah. Jangan sampai setelah mezzanine dibangun, ruangan rumah justru menjadi sempit.

Mezzanine akan mengambil bagian sekitar 2,1 meter termasuk langit-langit rumah. Karena itu, tinggi atau jarak antara lantai bawah dan atap rumah minimal 5 meter agar pembangunan mezzanine bisa lebih leluasa dan tidak mengganggu aktivitas penghuninya.

  1. Fungsi

Jika mezzanine yang akan dibangun cukup luas, Sahabat Jago bisa lebih fleksibel menggunakannya, mulai dari studio kerja, tempat berkumpul, atau mengadakan acara keluarga. Tapi dengan ukuran yang terbatas pun, Sahabat Jago tetap bisa menggunakan mezzanine sebagai perpustakaan mini atau sekadar tempat menikmati kopi.

  1. Penggunaan Material

Untuk membangun mezzanine yang kokoh, beton menjadi pilihan utama karena kekuatannya. Mezzanine bisa dibangun dengan dak atau cor beton berketebalan 12 cm menggunakan besi wiremesh ukuran 8 mm dengan jarak 15x15 cm. Besi wiremesh adalah rangkaian besi berbentuk seperti anyaman yang digunakan untuk memperkuat dak beton atau lantai. Di bawah dak atau cor dipasang bondek agar konstruksi menjadi lebih kuat. Bondek adalah bahan material dari galvalum yang digunakan sebagai pengganti triplek atau papan dan dengan bentuknya yang bergelombang membantu kekuatan struktur beton.

Demikian seluk-beluk dan cara membangun mezzanine dari Pak Jago. Ikuti terus tips dan informasi seputar konstruksi dan desain bangunan di situs Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan. Sahabat Jago juga bisa #TanyaPakJago di situs dan Facebook jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan.

Sumber: Frequently Asked Questions (pertanyaan yang sering diajukan) Facebook Jago Bangunan