Masuk

Tips

Beranda / Tips
Meski Bukan Material Utama, 5 Fungsi Wire Mesh Ini Bisa Mempermudah Pekerjaan Konstruksi
Konstruksi Sipil | 30 Dec 2017

Oleh: Dwi Klarasari

Wire mesh sering kali dikenal sebagai kawat anyam. Pernahkah #SahabatJagoBangunan menggunakan wire mesh dalam pekerjaan konstruksi? Boleh jadi sebagian sudah pernah, bahkan sering. Mungkin juga ada yang jarang atau sama sekali belum pernah mengaplikasikan material ini. Oleh karena itu, pada kesempatan ini #PakJago ingin berbagi tentang seluk beluk wire mesh dan aplikasinya untuk pekerjaan konstruksi. Simak, yuk!

Spesifikasi Wire Mesh

Wire mesh adalah material pabrikan yang terbuat dari batang metal (seperti kawat) —besi, baja, atau aluminium. Batang-batang metal dirangkai atau dianyam membentuk grid atau jala (persegi, belah ketupat) yang homogen hingga menghasilkan lembaran dengan ukuran tertentu atau yang dapat digulung (rol).

Baca Juga: 4 Jenis Pondasi Ini Cocok Untuk Membangun Rumah di Atas Tanah Berair dan Gembur

Sambungan antarbatang metal dapat dilas (welded wire mesh), saling dikaitkan, atau diikat dengan pin atau yang lain. Ada beragam variasi diameter batang yang digunakan, model dan ukuran anyaman, dan juga ukuran lembaran wire mesh.

(Sumber: disini)

Ukuran diameter batang metal yang digunakan antara 4-10 mm. Kekuatan (juga harga) wire mesh berbanding lurus dengan diameter batang metal ini. Lembaran wire mesh memiliki ukuran standar 2,1×5,4 meter. Sementara yang dapat digulung memiliki lebar 2,1 meter dengan panjang hingga 54 meter. Kebanyakan wire mesh telah dilapis dengan

Kegunaan Wire Mesh

Wire mesh memiliki banyak kegunaan, tergantung spesifikasinya. Dalam kegiatan pembangunan (konstruksi) anyaman metal ini digunakan untuk berbagai keperluan. Berikut di antaranya:

• Pengayak pasir

Penggunaan lembaran wire mesh dalam konstruksi yang relatif paling simpel adalah sebagai pengayak pasir manual ataupun mesin sederhana. Pengayak pasir dari wire mesh berlubang kecil dapat menahan kerikil, batu, atau agregat kasar lain serta kotoran dalam pasir yang tidak diinginkan. Ukuran lubang wire mesh untuk ayakan berkisar antara 0,3-10 mm.

• Pagar atau pembatas

(Sumber: disini)

Penggunaan wire mesh sebagai pagar pembatas ataupun pagar hunian sudah jamak. Selain lebih praktis dalam pemasangan, juga sangat ekonomis. Pagar dari galvanized welded wire mesh relatif antikarat, antirayap, kuat dan tahan lama.

• Anak tangga dan balustrade

(Sumber: Majalah Rumahku)

Seperti untuk pagar, penggunaan wire mesh untuk anak tangga biasanya dikombinasikan dengan bahan baja. Anak tangga wire mesh sesuai untuk bangunan bergaya industrial atau minimalis. Wire mesh juga dapat diaplikasikan pada balustrade sebagai pengaman area tangga atau bordes.

• Penguat talud (bronjong)

(Sumber: disini)

Kawat bronjong wire mesh dalam konstruksi efektif sebagai penguat dinding talud untuk mengantisipasi terjadinya erosi atau longsor tanah. Anyaman kawat berlubang berbentuk segi enam berguna sebagai pengikat atau perkuatan dinding penahan tanah dari susunan batu. Misalnya untuk konstruksi jembatan, tanggul, atau bangunan dan rumah di aera berkontur.

• Bahan penguat (tulangan) dalam konstruksi beton

(Sumber: disini)

Wire mesh dapat digunakan sebagai tulangan penguat pada beragam konstruksi beton, seperti pondasi (plat, cakar ayam), pelat lantai atau dak beton, jalan raya, shear wall, dan sebagainya. Pada konstruksi beton dapat digunakan jenis wire mesh yang dilas ataupun yang dirangkai dengan cara saling dikaitkan. Sebagai contoh, pada pembuatan konstruksi lantai beton metode bondek, lembaran wire mesh berfungsi sebagai tulangan atas yang dipasang sebelum adukan beton dituangkan.

Kelebihan Wire Mesh

Wire mesh dianyam dan dilas secara otomatis, sehingga memiliki sambungan yang kuat dan konsisten. Selain itu wire mesh memiliki beberapa keunggulan berikut.

• Dibandingkan besi beton yang panjangnya mencapai 12 meter, wire mesh relatif lebih praktis karena ukurannya yang tidak memakan tempat, yang memudahkan pengiriman dari suplier dan penyimpanan di lapangan.

• Penggunaan wire mesh untuk berbagai keperluan relatif mudah dan cepat pemasangannya. Selain tidak perlu merangkai juga memiliki ukuran yang relatif presisi.

Baca Juga: Agar Rumah Tampak Lebih “Cantik”, Ini 3 Hal yang Wajib Anda Tahu Sebelum Membeli Keramik

• Penggunaan wire mesh dalam konstruksi beton relatif lebih ekonomis (dapat menekan biaya) karena menghemat bahan, tenaga kerja, dan waktu. Selain itu juga memudahkan perhitungan tanpa mengurangi kualitas bangunan dan juga memudahkan pengawasan. Penggunaan lembaran wire mesh juga akan meningkatkan kekuatan tarik beton sehingga lebih kokoh.

Demikian sekilas informasi dari #PakJago tentang seluk-beluk penggunaan wire mesh dalam dunia konstruksi. Jika #SahabatJagoBangunan ingin mendapatkan informasi lebih banyak atau berdiskusi seputar arsitektur, sipil dan pertukangan, silakan kunjungi website kami atau hubungi call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Sampai bertemu di artikel-artikel #PakJago yang lain.

Editor: Damae Wardani