Masuk

Tips

Beranda / Tips
Merawat Kusen Pintu tanpa Tali Air
Desain Bangunan | 31 Jan 2021

Merawat Kusen Pintu tanpa Tali Air

 

Kita semua pasti menginginkan rumah tinggal yang estetis dan tahan lama. Salah satu elemen sederhana namun memiliki peran penting adalah tali air. 

Penggunaan tali air yang paling sering kita temukan di rumah terdapat pada pertemuan jendela dengan tembok, atau pertemuan pintu dengan tembok. Selain merapikan tampilan, adanya tali air juga dapat mencegah keretakan pada tembok serta melindungi kusen pintu dari rembesan air. 

Sebagai bagian dari desain interior, tali air sudah banyak digunakan sejak zaman Belanda. Meski begitu, ternyata masih ada banyak rumah yang tidak mempunyai tali air. Padahal keberadaan tali air dapat menjaga kualitas kusen pintu terutama yang terbuat dari kayu. 

Namun bagaimana jika rumah atau bangunan Anda tidak memiliki tali air?  Berikut cara-cara yang dapat Anda terapkan untuk menyiasatinya :

 

1. Lapisi Kusen Kayu dengan Anti Jamur dan Rayap

Kusen kayu sangat rentan menjadi lembap, terlebih saat kusen kayu terpasang tanpa adanya tali air. Saat kusen kayu menjadi lembap, rayap dan jamur akan lebih mudah menyerang. Oleh karena itu, kusen kayu sebaiknya diberi lapisan untuk anti jamur dan rayap.

2. Pakai Cat khusus Kayu

Untuk menjaga kualitas kusen kayu, pilihlah penggunaan cat khusus untuk kayu (bukan cat tembok maupun besi). Pasalnya, cat kayu mempunyai zat khusus yang dapat menjaga kualitas kusen kayu. Selain itu, cat kayu juga tahan terhadap perubahan cuaca.

 

3. Membersihkan Kotoran dari Lubang Kayu

Kusen yang terbuat dari kayu berkualitas baik tidak akan mudah berlubang. Namun, sebagai material yang sifatnya organik, kayu akan berlubang seiring bertambahnya waktu. Meskipun lubang-lubang yang muncul ukurannya sangat kecil dan lebih layak disebut pori-pori, pori-pori tersebut lebih mudah menangkap kotoran sehingga perlu dibersihkan secara rutin. Terlebih jika Anda akan melakukan pengecatan ulang pada kusen kayu. Sebelum dicat, kusen kayu perlu dibersihkan baru kemudian didempul.

 

Cara Membuat Tali Air

Jika Anda melakukan renovasi dan ingin menambahkan tali air pada kusen kayu agar tidak mudah rusak, berikut adalah cara mudah membuat tali air yang dapat Anda simak :

  • Menggunakan Aluminium Bentuk U

Pilihan ini sangat cocok jika Anda membutuhkan tingkat kerapian yang tinggi. Dengan menggunakan aluminium U, tali air dapat seketika terbentuk dengan lurus dan rapi. Anda hanya perlu menyisipkan aluminium U di antara kusen kayu dan dinding.

Namun, meski cukup praktis dan hasilnya presisi, menggunakan aluminium bisa membutuhkan waktu lama. Sebab, aluminium U harus dipotong terlebih dahulu supaya menyesuaikan ukuran kusen pintu. Jika Anda akan membuat tali air untuk beberapa kusen saja, lebih baik membuatnya secara manual.

 

  • Membuat secara manual

Jika Anda akan membuat tali air untuk beberapa kusen saja, Anda bisa membuatnya secara manual. Alat yang dibutuhkan juga sederhana, yaitu : pensil, kuas, penggaris, dan scraper besi. Cara pengerjaannya : 

  • Pastikan plesteran dinding masih belum kering
  • Gunakan penggaris dan pensil untuk menandai lebar kusen yakni 1x1 cm
  • Buat coak (alur) mengikuti ukuran yang telah ditandai menggunakan scraper besi. 

Dengan membuatnya secara manual, Anda bisa menghemat waktu dan biaya. Namun, pengerjaan tali air ini perlu dilakukan oleh tukang yang ahli agar hasilnya rapi.

 

Konsultasi Jago Bangunan

Meskipun kecil dan nampak hanya sebatas sebagai hiasan, keberadaan tali air penting untuk menjaga kusen agar tidak mudah lembab dan rusak. 

Jika kusen kayu di rumah Anda sudah terpasang tanpa tali air, Anda bisa melakukan perawatan ekstra seperti yang telah disebutkan dalam artikel ini atau Anda perlu merencanakan sedikit renovasi sekaligus membuat tali air.  

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai pembuatan tali air atau hal konstruksi lain, silahkan langsung menghubungi kami melalui website Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan.