Masuk

Tips

Beranda / Tips
Merancang Dapur Nyaman Gaya Jepang

Sumber gambar di sini

Dapur menjadi salah satu ruangan paling penting dalam sebuah rumah. Fungsi utama dari dapur untuk “memproduksi kebahagiaan” bagi para penghuninya, membuat ruang memasak ini kerap kali disebut sebagai jantungnya rumah.

Bicara tentang dapur, konsep yang saat ini sedang populer adalah gaya minimalis fungsional ala Jepang. Selain bisa menciptakan tampilan yang rapi dan bersih, desain dapur minimalis bergaya Jepang juga bisa menghadirkan kenyamanan yang identik dengan kealamian, perhatian terhadap detail, serta kesederhanaannya. Salah satu yang membedakan dapur minimalis bergaya Jepang dengan dapur minimalis pada umumnya adalah penerapan prinsip Kanso. Sebuah prinsip untuk menyeleksi peralatan  dapur kemudian menyimpannya dengan rapi sehingga tidak ada lagi benda yang berada di atas meja, baik itu wadah bumbu ataupun sendok dan garpu. Semuanya mesti tersimpan rapi di dalam lemari kabinet dan laci, sehingga dapur nampak lebih bersih.

Untuk memahami detail tren dapur bergaya Jepang, simak 4 tips dari Pak Jago dalam merancang dapur ala negeri Sakura sebagai inspirasi membuat ruang dapur idaman.

  1. Penggunaan Material Kayu

Sumber gambar di sini

Material kayu adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa digunakan dalam merancang dapur bergaya Jepang. Sentuhan kayu bisa memberikan kesan elegan dan menjadikan suasana dapur lebih hangat, sehingga bisa mempengaruhi semangat Sahabat Jago untuk menghasilkan berbagai hidangan yang lezat.

Aplikasi dari aksen kayu biasanya dihadirkan melalui pemilihan furnitur, kitchen set, hingga penggunaannya pada dinding, plafon, serta lantai dapur. Dengan menggunakan material kayu yang dominan, unsur tradisional ala Jepang akan semakin terasa. Kayu yang umum digunakan adalah kayu pinus atau pinewood. Pinus yang dikenal dengan nama Jati Belanda ini memiliki keunggulan pada bobotnya yang ringan. Selain itu, pinus memiliki warna yang cerah, yaitu kuning muda atau krem, jenis kayu ini juga memiliki serat kayu yang halus sehingga membuat tampilannya cantik dan natural.

  1. Aplikasi Warna Netral

Sumber gambar di sini

Pemilihan warna menjadi salah satu elemen untuk memperkuat tampilan minimalis ruang dapur bernuansa Jepang. Sahabat Jago bisa menggunakan warna putih sebagai warna utama bersama dengan warna abu-abu. Warna tersebut bisa dikombinasikan dengan warna alami seperti krem atau cokelat, terutama untuk dekorasi. Sifat warna tersebut yang cenderung hangat dan terkait erat dengan alam, akan semakin menambah suasana ala Jepang di dapur Sahabat Jago.

  1. Konsep Open Space (Ruang Terbuka)

Sumber gambar di sini

Menyatu dengan alam adalah salah satu ciri khas dari konsep dapur bergaya Jepang. Penggunaan Layar Shoji atau pintu geser tradisional Jepang bisa menjadi pilihan akses dengan lingkungan luar secara leluasa. Layar Shoji memungkinkan cahaya alami menembus setiap ruangan. Untuk mendapatkan layar Shoji, Sahabat Jago bisa memperolehnya secara online di marketplace. Namun kalau  Sahabat Jago tidak bisa mendapatkan layar Shoji dengan mudah, gunakan pintu geser kayu dengan beberapa panel kaca tembus pandang untuk masuknya cahaya sekaligus berfungsi untuk menghemat ruang.

Selain pencahayaan yang memadai, manfaat dari mengaplikasikan pintu geser adalah memaksimalkan fungsi ventilasi dan sirkulasi udara ruang dapur, karena salah satu kunci dapur yang sehat adalah pencahayaan dan sirkulasi udara yang memadai.

  1. Menyelaraskan Ergonomi

Sumber gambar di sini

Ergonomi ruang secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah upaya menyesuaikan lingkungan dengan kebutuhan penghuninya, dalam hal ini adalah lingkungan dapur yang mendukung aktivitas penghuninya terutama dalam menghadirkan kenyamanan.

Dapur bergaya Jepang dengan prinsip minimalisnya berusaha memaksimalkan ruang penyimpanan untuk memudahkan Sahabat Jago meletakkan perlengkapan dapur. Prinsip ini dikenal dengan istilah Shibui. Salah satu teknik dalam menerapkan prinsip ini adalah dengan penggunaan rak yang fungsional dari sisi letaknya yang masih berada pada daya jangkau ideal (maksimal 2 meter) hingga sirkulasi antar koridor yang lega dengan penggunaan pintu geser.  

Demikian 4 aspek yang perlu Sahabat Jago perhatikan dalam merancang dapur bergaya Jepang. Ikuti terus tips dan informasi seputar konstruksi dan desain bangunan di situs Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan. Sahabat Jago juga bisa #TanyaPakJago di situs dan Facebook jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan.

Sumber:

Tim Ahli Jago Bangunan