Masuk

Tips

Beranda / Tips
Menyatukan Dua Fungsi, Begini Desain Modern Minimalis 2 Lantai untuk Toko dan Indekos Ukuran 7m x 10m #TanyaPakJago
Desain Bangunan | 31 Aug 2018

Oleh: Luluk Widayanti

Sahabat Jago Bangunan, desain yang memadukan dua fungsi dalam satu bangunan perlu kematangan konsep agar hasil bangunan tetap tampak indah dan perbedaan fungsi keduanya justru menjadi satu kesatuan yang utuh. Bagaimana caranya? Simak hasil konsultasi desain dalam edisi #TanyaPakJago berikut ini.

Ada salah satu sahabat yang meminta untuk dibuatkan desain bangunan modern minimalis yang terdiri dari 2 lantai, berukuran 7m x 10m. Bangunan ini akan difungsikan untuk toko di lantai 1 dan indekos di lantai 2. 

Baca Juga: Apa Kelebihan dan Kekurangan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA)? #TanyaPakJago

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan denah. Pada lantai 1, hanya terdapat ruang untuk berjualan (toko), maka hampir seluruh bangunan digunakan untuk ruang tersebut. Namun, untuk mempermudah keberlangsungan operasional toko, maka dibutuhkan toilet di lantai 1, agar tidak perlu naik turun ke lantai 2 saat karyawan toko membutuhkan toilet.

Sedangkan di lantai 2 akan difungsikan untuk indekos. Pemilik bangunan menginginkan spesifikasi lantai 2 terdiri dari 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi di luar kamar. Dalam kondisi ini, kamar mandi diletakkan persis di depan tangga (bukan di tengah/diantara kedua kamar) karena untuk memudahkan proses pembangunan kamar mandi yang lurus dengan toilet di lantai 1. Selain itu, posisi tersebut juga dapat menghemat biaya pembangunan ketimbang jika letak toilet dan kamar mandi terpisah jauh.

Baca Juga: 5 Langkah Ini Jadikan Rumah Mungil Terlihat Lega, Tanpa Biaya Besar

Pada sisi luar lantai 2, bisa ditambahkan balkon yang terbagi menjadi dua sisi. Sisi kanan menggunakan pagar yang menutup hampir setengah tinggi bangunan, agar penghuni indekos bisa memanfaatkannya untuk sejenak bersantai sambil melihat pemandangan sekitar, namun tetap aman dan tidak perlu khawatir jatuh. Sementara sisi kiri ditutup pagar secara keseluruhan, dan pada sisi luar pagar tersebut bisa dimanfaatkan untuk memasang papan nama toko (dan sejenisnya).

Untuk tangga naik sengaja diletakkan di luar bangunan sebelah kiri (lihat gambar di bawah ini), karena ruang yang tersisa memang di sisi tersebut, selain guna memudahkan akses keluar masuk penghuni indekos tanpa harus melewati toko. Meski sisa lahan terbatas, luas anak tangga tetap harus dihitung dengan baik agar tangga berada pada zona aman dan nyaman untuk dilewati.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Beton Ready Mix, Demi Hasil Pengerjaan Berkualitas

Setelah denah disetujui, baru melanjutkan untuk desain 3D (tampak depan dan pespektif) sepeti yang bisa Anda lihat pada gambar desain di atas. Hasil desain yang dipublikasikan dalam artikel ini sudah melalui diskusi kedua pihak dan telah disetujui oleh pemilik bangunan. 

Bagaimana menurut pendapat Anda, Sahabat? Berapa nilai yang Anda berikan untuk hasil desain ini?

Demikian hasil konsultasi untuk desain bangunan yang modern dan minimalis untuk toko dan indekos berukuran 7m x 10m dan terdiri dari 2 lantai. Semoga bisa menambah wawasan Anda dan menjadi inspirasi untuk Anda yang ingin membuat bangunan serupa. Sampai jumpa di edisi #TanyaPakJago berikutnya.

=====
Mau konsultasi gatis seputar konstruksi, desain bangunan, atau RAB? #TanyaPakJago saja.

Pak Jago nantikan konsultasi Anda melalui call center 0800 108 8888 (bebas pulsa), kotak pesan di Fanpage (Facebook) Jago Bangunan, atau menu konsultasi di website jagobangunan.com.
=====

 

Editor: Damae Wardani