Masuk

Tips

Beranda / Tips
Mengenal Lantai Parket, Material Kayu yang Bikin Hunian Tampak Mewah

Oleh: Redaksi

Penggunaan kayu sebagai material lantai telah berlangsung ratusan tahun. Kayu memiliki karakteristik spesial yang nyaris tak tergantikan oleh bahan lain yaitu kuat dan tahan lama, lentur dan mudah dibentuk, selain itu kayu memiliki warna dan tektur yang unik. Sayang, ketersediaan kayu semakin lama semakin menurun. Namun, bersamaan maraknya fabrikasi lahirlah parket sebagai alternatif. Parket (parquet) atau dalam bahasa Prancis parqueterie sebenarnya adalah metode penyusunan potongan-potongan kayu sebagai penutup lantai. Metode ini lahir di Prancis tahun 1684.

Lalu bagaimana dengan plus minus lantai parket?

pxhere.com

Parket tergolong eksklusif. Jenis kayu untuk parket biasanya dipilih yang kuat, tahan cuaca dan rayap. Parket juga relatif mudah dipasang. Parket hadir dengan beragam warna dan tekstur yang sangat unik dan menarik sesuai jenis kayu. Selain aman, parket menampilkan kesan natural sekaligus elegan. Parket bernuansa cokelat hingga kehitaman mampu menciptakan ruang yang terkesan hangat dan akrab.  

Namun ada perbedaan pokok antara parket solid dan parket laminated. Meski harganya relatif lebih mahal, solid parquet relatif lebih kuat dan tahan lama. Parket solid juga memiliki keindahan dan efek fisis kayu yang sebenarnya. Parket solid memiliki sifat higroskopis kayu yaitu mampu menyeimbangkan suhu udara sehingga akan memberi efek sejuk saat udara panas dan memberi efek hangat saat udara dingin. Sebaliknya, parket sintetis yang harganya jauh lebih murah memiliki ketahanan terbatas, dan warna/teksturnya pun cenderung memudar seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Mengenal 2 Jenis Mutu Beton, Material Umum dengan Beragam Fungsi

Lalu bagaimana aplikasi dan perawatan Parket di rumah?

wikimedia.org

Parket dapat diaplikasikan di bagian mana pun di rumah Anda. Pilihan jenis dapat disesuaikan dengan dana yang tersedia. Perawatan parket relatif mudah dan bisa ditangani oleh siapa pun. Namun ada sedikir perbedaan antara perawatan natural wood parquet dan laminated parquet.

Perawatan natural wood parquet

• Gunakan sapu atau vaccum cleaner untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel, lalu pel dengan kain setengah basah. Untuk pengganti air, gunakan cairan khusus kayu.
• Lakukan perbaikan secara parsial pada bagian yang rusak, misalnya tergores.  
• Lakukan pengamplasan dan finishing ulang secara berkala untuk menjaga tampilan alami kayu, juga memberi coating anti rayap

Perawatan laminated parquet

• Gunakan sapu atau vaccum cleaner untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel.
• Pada umumnya parket sintetis tidak tahan air, jadi perhatikan petunjuk khusus dari produsen tentang perawatannya.  

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menghadirkan kehangatan di rumah dengan memasang lantai kayu dalam bentuk parket?

Baca Juga: Mengenal Micin. Penyedap Rasa yang Disebut Bikin Daya Berpikir Menurun