Masuk

Tips

Beranda / Tips
Mengenal Fungsi Partisi, Tak Hanya Penyekat Ruangan Saja

Oleh: Redaksi

Partisi merupakan elemen ruang yang berfungsi membatasi atau membagi ruang menjadi dua atau lebih fungsi berbeda. Menurut sifat ketertutupannya, partisi dikenal dengan partisi masif, partisi transparan, dan kombinasi keduanya. Penyekat yang bersifat masif, baik permanen maupun semi permanen seperti dinding bata, beton, gipsum, multipleks, sepenuhnya membatasi dua ruang secara fisik, visual, mungkin juga audio, sehingga tidak memungkinkan terjadinya interaksi langsung.

Sebaliknya, sifat partisi transparan tidak sepenuhnya memisahkan ruang. Dua ruang yang dibatasi oleh partisi transparan masih memungkinkan terjadinya interaksi fisik, visual ataupun audio di antara dua orang yang berada di dalamnya.

Partisi Transparan sebagai Penyekat

nonagon.style

Partisi transparan dapat diaplikasikan di area mana pun di rumah Anda. Mengingat sifatnya yang relatif fleksibel, partisi transparan dapat diaplikasikan dengan berbagai alasan atau tujuan. Berikut beberapa jenis partisi yang perlu Anda kenali:

• Partisi transparan dapat dipilih untuk menciptakan kesan luas atau mengatasi kesan sumpek pada hunian sempit.  
• Aplikasi partisi transparan memungkinkan cahaya dan udara masuk dari satu ruang ke ruang lain dan sebaliknya sehingga mendukung sistem penerangan dan kenyamanan termal karena terjadinya sirkulasi udara.
• Partisi transparan yang memungkinkan terjadinya koneksi visual dapat dimanfaatkan untuk melakukan pengawasan aktivitas antar ruang. Misalnya, jika keluarga memiliki anak kecil, aplikasi partisi transparan memudahkan pemantauan anak-anak dilakukan dari ruang berbeda.

Baca Juga: Mengenal Bay Window, Jendela Timbul yang Tidak Nampak Jadul

Partisi Transparan sebagai Dekorasi

freshome.com

Selain membatasi dua ruang dengan fungsi berbeda, kehadiran partisi transparan dapat dimanfaatkan sebagai elemen dekoratif. Aspek dekoratif dapat diciptakan lewat jenis material, pola atau susunan, warna, dan berbagai sentuhan artistik lain. Ada beragam jenis material yang bisa digunakan untuk membuat partisi transparan, semisal kayu, bambu, besi ataupun kombinasi.

Selain dari karakter material, kesan artistik dapat dihadirkan lewat pengolahan pola atau motif. Material dapat disusun membentuk pola geometris ataupun nongeometris. Desain partisi sebaiknya disesuaikan dengan gaya interior hunian, misalnya simpel bernuansa modern (garis-garis vertikal/horizontal, grid) atau berkarakter klasik (motif sulur dan floral), dan sebagainya. Selanjutnya, agar partisi tampil lebih menarik sebagai dekorasi, poles warna asli material atau finishing dengan pelapis yang sesuai, seperti menggunakan cat atau vernis, dan sebagainya. Selaras dengan nuansa ruang, serasi dengan warna perabot ataupun tampil mencolok sebagai aksen.

Anda dapat mengaplikasikan partisi transparan dalam bentuk temporer (movable partition) ataupun permanen (permanent partition). Mana pun yang Anda pilih, ada baiknya jika Anda dapat memanfaatkan partisi tersebut sebagai pembatas ruang sekaligus elemen dekoratif.

Baca Juga: 3 Syarat Sebelum Membangun Pagar Minimalis, Agar Hunian Tampak Elegan