Masuk

Tips

Beranda / Tips
Mengenal Beton Precast dan Jenis-jenisnya
Konstruksi Sipil | 31 Jan 2021

Mengenal Beton Precast dan Jenis-jenisnya

 

Beton merupakan material yang digunakan di banyak negara di dunia, termasuk di Indonesia. Dikenal kukuh, beton menjadi material pilihan untuk berbagai pengerjaan konstruksi, mulai dari gedung hingga gorong-gorong. Kepopuleran beton membuat variasi beton pra cetak atau precast semakin dikenal. Pasalnya, betonp recast sudah dicetak dalam bentuk dan ukuran yang telah ditetapkan sehingga penggunaannya lebih praktis karena siap pakai.

Sebagai orang yang berkecimpung di bidang konstruksi, sejauh mana Anda mengenal beton precast? Sudahkah Anda mengenal jenis-jenisnya? Mari simak artikel berikut untuk mengetahuinya.

 

1. Beton Pra-cetak

Beton precast atau beton pracetak merupakan beton yang dibuat menggunakan cetakan dan ukuran yang telah ditentukan. Proses cetakan tersebut umumnya berlangsung di pabrik yang memang memproduksi beton precast. Beton precast terbuat dari berbagai campuran material tangguh seperti pengikat semen dan campuran agregat, juga diperkuat rangkaian besi agar semakin kukuh. Bentuk dan ukuran beton precast bermacam-macam hal ini disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi yang ada.

Berdasarkan jenisnya, berikut beberapa macam beton precast :

 

2. Paving block

Paving block merupakan jenis beton precast yang sering kita jumpai. Berfungsi untuk menutupi permukaan tanah, paving block mampu menahan beban berat sehingga pemakaiannya dapat bertahan lama. Namun, pemasangannya perlu diperhatikan agar dapat berfungsi maksimal. Pemasangan yang kurang baik dapat menyebabkan sambungan paving block menjadi mudah pecah. Selain kekukuhannya, paving block juga digemari karena mempunyai bentuk dan warna beragam.

 

  

 

3. Pagar panel

Panel yang berbentuk persegi panjang dan disusun secara vertikal ini seringkali digunakan sebagai pembatas perumahan, pabrik, jalan, perkebunan, dan sebagainya. Umumnya, pemasangan pagar panel beton precast perlu diperkuat dengan kolom penyangga.

 

 

4. Beton pembatas

Jenis beton precast ini dapat kita temukan di lahan parkir yang difungsikan sebagai car stopper. Beton pembatas biasanya juga digunakan sebagai pembatas jalan atau populer dengan nama kanstin. Bentuknya balok dan mempunyai dimensi ukuran yang sama antara satu dengan lainnya.

Karena pemasangannya tidak menggunakan semen perekat, beton pembatas dapat dikatakan merupakan instalasi / bangunan semi-permanen. Disebut semi permanen karena beton pembatas yang telah dipasang masih dapat dipindahkan, meskipun untuk memindahkannya dibutuhkan tenaga lebih dari 1 orang, atau dengan bantuan alat khusus.

 

Berbentuk kotak, beton precast satu ini biasa digunakan sebagai material pembangunan gorong-gorong. Box culvert mempunyai bagian khusus, yakni spigot dan socket yang berfungsi untuk mencegah masuknya air tanah dan menjaga box culvert tetap menyatu satu sama lain meskipun terjadi pergeseran tanah.

 

 

Keunggulan Beton Precast

Beton precast memiliki berbagai keunggulan yang dapat Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya sebagai material konstruksi. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  

  • Praktis & Pemasangan Mudah

Selain kukuh, beton precast banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi dikarenakan praktis dan pemasangannya yang relatif mudah. Dengan ukuran yang sudah ditetapkan, beton precast dapatlangsung diaplikasikan pada proyek pembangunan.

 

  • Hemat Waktu & Biaya

Karena beton precast dapat langsung digunakan, Anda juga tidak perlu membuat beton dan membuang waktu menunggu beton jadisebelum digunakan sebagai material pembangunan. Sesaat setelah beton precast datang, Anda bisa langsung memulai proses pembangunan. Selain itu, tanpa adanya proses pembuatan beton, Anda dapat menghemat biaya yang seharusnya dialokasikan ke pekerja konstruksi atau tukang bila membuat beton sendiri.

 

Konsultasi Jago Bangunan

Demikian berbagai jenis beton precast. Jika Sahabat Jago Bangunan memiliki pertanyaan seputar beton precast atau hal mengenai konstruksi lainnya, silahkan menghubungi

kami melalui website Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan.