Masuk

Tips

Beranda / Tips
Mengejutkan, 7 Makanan Favorit Ini Ternyata Sampah Bagi Tubuh!
Kesehatan | 15 Mar 2018

Oleh: Redaksi

Untuk mendapatkan kondisi fisik dan mental yang sehat dalam menjalankan pekerjaan, pastikan Anda selalu menjalankan gaya hidup sehat, salah satunya dengan makan makanan yang baik untuk tubuh.

Namun, tahukah Anda bahwa ada jenis makanan yang selama ini menjadi favorit keluarga Anda ternyata berbahaya kalau secara terus-menerus dikonsumsi! Apa saja?

1. Makanan kalengan

pixabay.com

Saat malas masak, makanan kalengan menjadi salah satu alternatif makanan yang anti ribet. Padahal, kaleng makanan memiliki zat Bisphenol A yang bisa menyebabkan diabetes, serangan jantung, dan liver. 

2. Makanan awetan dan makanan cepat saji/fast food

pixabay.com

Nugget, sosis, burger, pizza, dan mie instan memang enak. Tapi jika terlalu banyak mengonsumsinya Anda bisa terkena diabetes tipe 2 dan gangguan hati.

Baca Juga: Sakit Kepala Mengganggu? Redakan dengan 5 Makanan Murah Meriah Ini

3. Gorengan

checkinjakarta.id

Mulai dari radang tenggorokan, tekanan darah tinggi, sampai kolesterol bisa dialami bagi Anda yang hobi makan gorengan!   

4. Makanan yang dipanaskan berulang kali

pexels.com

Seringkali Anda terutama para ibu merasa sayang ketika ada makanan yang belum dihabiskan, sehingga memilih untuk memanaskannya kembali untuk dimakan. Ternyata memanaskan makanan itu sangat berbahaya! Jika Anda memanaskan jamur, ayam, kentang, dan ubi, zat dan protein baik di dalamnya akan hilang. Lebih berbahaya lagi jika Anda memanaskan bayam, karena zat besi yang dimiliki bayam akan berubah menjadi nitrit yang akan memicu kanker! 

5. Makanan bersantan

resepmasakan.biz

Rendang, gulai, atau soto betawi memang sederetan makanan lezat, namun makanan bersantan menyebabkan kolesterol. Hal itu disebabkan karena santan menyimpan banyak lemak jenuh yang menyebabkan kolesterol meningkat. Hati-hati ya! 

6. Saus sambal

inovasee.com

Untuk menikmati bakso, nasi goreng, atau mie ayam memang paling nikmat jika menggunakan saus sambal. Namun ternyata di balik nikmatnya saus, terdapat cabai atau tomat yang sudah busuk. Berbagai macam obat kimia dan pengawet juga dimasukkan ke dalamnya untuk menjaga keawetan saus tersebut!

7.Minuman ringan/soft drink

pixabay.com

Minuman dalam kemasan, mulai dari soda sampai teh siap minum sungguh tidak baik jika diminum secara terus-menerus. Selain pengawet, minuman-minuman ini juga mengandung perasa dan gula buatan. Jika Anda mengonsumsinya setiap hari, maka bahaya diabetes akan mengancam! 

Nah, sebaiknya kurangi asupan makanan seperti itu atau bahkan berhenti sama sekali. Makanan sampah ini jika terus dibiarkan menumpuk akan semakin berbahaya! 

Selamat hidup sehat!

Baca Juga: 3 Tips Merancang Pagar Rumah, Bukan Cuma Penanda Batas Bangunan