Masuk

Tips

Beranda / Tips
Memilih Peralatan Pertukangan
Konstruksi Sipil | 02 Mar 2017

Berikut ada 5 hal yang harus Anda perhatikan untuk memilih alat pertukangan yang akan dibeli:

1. KATEGORI

content image

Yang pertama kali harus dilakukan adalah menentukan kategori peralatan pertukangan sesuai spesialisasi tukang. Hal ini perlu dilakukan karena peralatan di setiap spesialisasi tukang berbeda-beda. Sebagai contoh tukang batu berbeda dengan tukang listrik, pada tukang listrik lebih membutuhkan obeng dan tang listrik, sedangkan pada tukang batu lebih membutuhkan cetok dan palu.

 

 2. BERTANYA KEPADA SENIOR

 
content image

Tukang senior memiliki pengalaman dalam menggunakan berbagai jenis peralatan pertukangan, bertanyalah kepada tukang bangunan senior untuk mendapatkan saran tentang peralatan pertukangan. Bertanya memudahkan Anda untuk mengetahui peralatan pertukangan apa saja yang dibutuhkan dalam pekerjaan, bisa bertanya mengenai merek, harga dan di mana mendapatkannya.

Contoh, peralatan standar untuk tukang batu adalah: meteran, cetok, palu, waterpass, center punch (bandul), betel pahat, selang air level, palet kayu. Untuk kategori ini banyak jenis, merek, kualitas dengan harga yang berbeda-beda. Bertanyalah

 

3. SKALA PRIORITAS

content image

Buat daftar peralatan pertukangan yang utama dibutuhkan (prioritas). Membuat daftar peralatan pertukangan memudahkan tukang bangunan peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk spesialisasi pekerjaannya, sekaligus inventaris peralatan yang dimiliki tukang tersebut. Buat prioritas atau alat yang utama dibutuhkan, sehingga dapat mendukung pekerjaan selama proyek pembangunan berlangsung.

 

4. KUALITAS

 
content image

“Ono rego ono rupo” pepatah dalam bahasa Jawa yang artinya ada harga ada kuliatas, harga tidak pernah bohong. Pilih peralatan dengan kualitas baik, meskipun harus mengeluarkan uang lebih banyak. Pemilihan peralatan dengan kualitas baik bertujuan untuk efektifitas dan efisiensi dalam bekerja. Faktor keamanan dan kenyamanan penggunaan alat perlu dipertimbangkan. Kualitas peralatan pertukangan biasanya dipengaruhi juga dengan jenis, tipe, merek peralatan yang digunakan.

 

5. SURVEI HARGA

content image

Karena banyak jenis, merek, kualitas dengan harga yang berbeda-beda, bahkan toko yang menjual tidak hanya satu, sehingga sebaiknya Tukang melakukan survei harga peralatan pertukangan untuk bisa membandingkan. Barang yang sama bisa saja dijual dengan harga berbeda di toko yang berbeda, jangan sampai mendapatkan harga kemahalan. Selain mengetahui harga, survey sekaligus untuk menambah pengetahuan terhadap peralatan pertukangan yang akan digunakan.

Dengan begitu anda dapat melakukan perbandingan baik jenis, tipe, merek dan tentunya harga yang sesuai dengan bidang pekerjaan dan budget anda.(PYF)