Masuk

Tips

Beranda / Tips
Membeli atau Membangun Rumah, Mana yang Lebih Baik?
Konstruksi Sipil | 24 Mar 2019

Oleh: Hildatun Najah

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Namun di era sekarang, memiliki rumah dianggap bukan perkara mudah. Berbagai hal menjadi pertimbangan, mulai dari harga, kenyamanan, hingga efisiensi. Salah satu Sahabat Jago Bangunan pun bertanya pada Pak Jago, kira-kira lebih efisien mana antara membeli atau membangun rumah? Simak penjelasannya, yuk.

Keuntungan membeli rumah

Membeli hunian yang sudah jadi akan membebaskan Sahabat Jago Bangunan dari segala macam urusan pembangunan. Mulai dari pemilihan material bangunan yang berkualitas, pengiriman material bangunan, pembuatan desain, hingga mencari tukang yang bisa dipercaya dan profesional. Selain itu, dengan membeli rumah yang sudah jadi, Sahabat Jago Bangunan tidak perlu pusing mengurusi pembuatan sertifikat rumah.

Sumber gambar: di sini.

Baca Juga: Beri Kesan Ruangan Modern dan Mewah Dengan Lantai dan Dinding Batu Granit

Terlebih biasanya sudah tersedia fasilitas umum, seperti tempat ibadah, sekolah, minimarket, pasar, dan lainnya di sekitar kompleks perumahan ataupun apartemen. Sahabat Jago Bangunan juga tidak perlu memikirkan perizinan ke tetangga kanan dan kiri rumah.

Kerugian membeli rumah

Dilihat dari segi harga, membeli rumah yang sudah jadi lengkap dengan semua fasilitas yang tersedia, relatif lebih mahal. Sementara kualitas bangunan sendiri bergantung pada developer bangunan. Ada yang berkualitas, ada pula yang asal-asalan. Meski begitu, sekarang sudah banyak developer yang menjaga kualitas bangunan, karena persaingan dalam dunia properti yang semakin ketat. Selain harga yang lebih mahal, bangunan rumah yang sudah jadi itu umumnya terletak jauh dari perkotaan, karena para developer kesulitan untuk membebaskan lahan.

Sumber gambar: di sini.

Baca Juga: Selain Tipe dan Desain, Ini 3 Faktor Penentu Berapa Biaya Membangun Rumah

Dari sisi sosial budaya, tinggal dari kompleks perumahan ataupun apartemen, Sahabat Jago Bangunan dituntut untuk lebih mandiri dan cepat beradaptasi dengan tetangga rumah yang umumnya sangat beragam. Baik dari aspek pekerjaan, kebiasaan, hingga kehidupan sosialnya.

Kelebihan membuat rumah sendiri

Membuat rumah sendiri berarti membuat hunian yang sesuai dengan kebutuhan. Baik dari segi tipe, desain, termasuk biaya yang harus dikeluarkan. Dengan membuat rumah sendiri, Sahabat Jago Bangunan bisa menentukan seperti apa desain rumah yang ingin dibuat, furniture yang ada di dalamnya, hingga jenis material yang akan digunakan.

Sumber gambar: di sini.

Selain itu, Sahabat Jago Bangunan juga dapat membuat rumah yang sesuai dengan kepribadian dan keinginan. Misalnya rumah dengan desain industrial yang elegan, hunian dengan aksen alam dengan pohon dan bebatuan, ataupun rumah minimalis nan modern. Semuanya dapat disesuaikan dengan keinginan dan kantong Sahabat Jago Bangunan.

Kekurangan membuat rumah sendiri

Untuk membuat rumah sendiri, Sahabat Jago Bangunan harus pandai memilih lokasi yang tepat. Tidak hanya dari segi fasilitas umum, tapi juga lingkungan yang sesuai. Diperlukan juga pengetahuan mengenai toko bangunan yang dapat dipercaya untuk mendapatkan material dengan kualitas bagus serta mandor dan pekerja yang berkualitas dan profesional.

Sumber gambar: di sini.

Setelah rumah selesai pun, Sahabat Jago Bangunan harus mengurus dan mengecek keabsahan sertifikat. Memperhatikan betul apakah sertifikat itu adalah Sertifikat Hak Milik atau Sertifikat Hak Guna Bangunan. Ditambah dengan pengurusan Pajak Bumi dan Bangunan dan Izin Mendirikan Bangunan.

Baca Juga: Siap Mandiri, Warga Binaan Lapas Kelas II B Singaraja Ikuti Pelatihan dan Sertifikasi Pekerja Konstruksi

Maka jika dilihat dari efisiensi, membeli rumah yang sudah jadi dapat dikatakan lebih efisien dibanding membangun rumah sendiri. Sementara jika dilihat dari kepuasan, maka membuat rumah sendiri bisa dibilang membawa kepuasan lebih. Semuanya tergantung pada pilihan dan kebutuhan Sahabat Jago Bangunan. Jadi, pilih membeli atau membangun rumah, nih?

=====
Mau konsultasi gatis seputar konstruksi, desain bangunan, atau RAB? #TanyaPakJago saja.

Pak Jago nantikan konsultasi Anda melalui call center 0800 108 8888 (bebas pulsa), kotak pesan di Fanpage Jago Bangunan, atau menu konsultasi di website jagobangunan.com.
=====

Editor: Damae Wardani