Masuk

Tips

Beranda / Tips
Membangun Rumah Kekinian Sesuai Tren Desain 2020
Desain Bangunan | 26 Oct 2020

Membangun Rumah Kekinian Sesuai Tren Desain 2020 

Tren desain rumah terus berganti menyesuaikan perkembangan inovasi arsitektur dan juga minat masyarakat luas. Namun, sayangnya tren desain rumah tidak selamanya cocok untuk diterapkan. Kendati demikian, banyak juga tren desain yang memberikan angin segar dalam segi kecantikan rumah, bahkan dalam segi fungsinya. Apa saja tren desain rumah tersebut?

 

Desain Rumah yang Banyak Diminati 

Desain-desain rumah tren 2020 berikut cocok untuk diterapkan mengingat manfaatnya yang juga cukup berarti bagi penghuninya. 

Desain rumah minimalis

Desain rumah satu ini sudah menjadi tren di beberapa tahun terakhir. Sampai tahun ini, desain rumah minimalis masih terus saja digandrungi. Beberapa ciri rumah minimalis antara lain : Bentuk yang sederhana, tidak memiliki banyak ornamen, pemilihan warna monotone seperti putih/abu-abu/krem dan hitam, tata ruang sederhana namun multifungsi, perabotan minimalis namun multifungsi. Dengan menerapkan desain ini, rumah berukuran minim bisa tampak lebih lega dan luas. 

Desain rumah tanpa sekat dinding

Meskipun kecil dalam hal ukuran, desain rumah masih bisa diakali agar terasa lebih lega. Yakni dengan membangun rumah tanpa sekat ruangan. Dengan begitu seluruh interior rumah secara garis besar adalah satu ruangan besar.

Jika Anda kurang nyaman dengan rumah tanpa sekat dinding, maka Anda masih bisa mengakalinya dengan menggunakan sekat furnitur seperti sekat kayu rotan atau sekat multiguna lainnya. Sekat multiguna yang biasa digunakan adalah tempat untuk menaruh TV lengkap dengan laci-laci serbaguna atau lemari kaca yang minimalis.

 

Taman indoor (dalam rumah)

Taman tidak hanya bisa dibangun di luar rumah. Sekarang taman juga bisa dibangun di dalam rumah. Tentunya, taman di dalam rumah tidak akan seluas dan serumit taman di luar. Menghadirkan beberapa tanaman dengan ukuran relatif sedang menjadi tren yang sangat digemari. Hal ini disebabkan karena kehadiran tanaman tersebut bisa menyegarkan sirkulasi udara dalam ruangan.

Taman dalam rumah bisa diletakkan di berbagai sudut ruangan. Contohnya saja di bawah tangga, di dalam kamar mandi, di samping dapur, bahkan di dalam ruang tamu. 

 

Desain Rumah yang Kurang Banyak Diminati

Berikut beberapa desain rumah tren 2020 yang tidak banyak peminatnya.

 

Cat warna gelap untuk rumah sempit

Mengecat dinding dengan cat warna gelap cukup sering dilakukan oleh beberapa pemilik rumah. Jika dilihat lebih lanjut, tren cat warna gelap sepertinya berasal dari rumah-rumah besar dan luas yang menerapkan gaya klasik.

 

Berniat agar rumah juga terlihat keren dan luas, namun rumah ukuran kecil dengan cat warna gelap ini justru membuat ruangan rumah terasa lebih sempit.

Untuk rumah kecil, disarankan untuk memilih cat berwarna terang agar memberikan kesan luas dan lapang pada rumah. 

 

Rumah dengan atap asbes

Penggunaan atap asbes dilirik karena bisa memberikan kesan lebih modern dan minimalis dibandingkan dengan genteng tanah liat. Selain itu, asbes juga dilirik karena harganya yang lebih terjangkau sehingga dapat menghemat dana pembangunan rumah berkali-kali lipat. Padahal, penggunaan asbes memiliki risikonya sendiri. 

 

Tidak seperti genteng tanah liat yang sulit menyerap panas, asbes sangat mudah menyerap panas sinar matahari. Alhasil, dalam rumah terasa lebih panas dan pengap. Terlebih jika rumah tidak memiliki AC. Maka rumah terasa kurang nyaman pada saat cuaca sedang panas-panasnya. 

 

Konsultasi Jago Bangunan

Tren desain sudah seharusnya tidak asal diterapkan tanpa melihat kondisi bangunan. Tren satu mungkin baik untuk rumah A, namun belum tentu untuk untuk rumah B. Jika Sahabat Bangunan memiliki pertanyaan mengenai tren desain dan penerapannya di lapangan atau hal mengenai konstruksi lainnya, bisa langsung menghubungi kami melalui website Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan