Masuk

Tips

Beranda / Tips
Membangun Rumah Impian Dimulai dengan 3 Hal Penting Ini

Oleh: Redaksi

Ada istilah rumahku istanaku. Rumah yang nyaman adalah yang menimbulkan rasa nyaman bagi penghuninya. Tidak mesti menghabiskan anggaran yang besar dan megah agar tampak seperti istana. Asalkan seluruh penghuninya merasa nyaman, maka terciptalah rumah yang memiliki cita rasa istana.

Rencana yang matang, akurasi, dan presisi konstruksi, serta bahan baku berkualitas adalah modal utama membangun rumah yang kokoh. Melalui perencanaan yang tepat, maka akan tercipta hunian yang sesuai ekspektasi Anda. Ketahui cara merencanakan pembangunan rumah berikut ini, dilansir dari Rumah Kokoh Semen Gresik: Panduan Mudah Membangun Rumah:

1. Rencanakan dengan cermat dan ekonomis

pixabay.com

Rencanakan pembangunan rumah Anda mulai dari ukuran bangunan, dana, dan target pengerjaan. Rumah yang akan dibangun harus direncanakan dahulu dalam bentuk gambar bangunan, Anda bisa menempatkan ruangan-ruangan yang akan dibangun lengkap dengan ukurannya. Dalam membuat rencana anggaran pembangunan rumah, perhatikan biaya perijinan, biaya bahan, dan biaya pekerja. Target pengerjaan juga dibutuhkan, agar biaya yang dikeluarkan tidak membengkak akibat penyelesaian yang tidak terjadwal.

Baca Juga: 4 (+1) Jenis Pencahayaan Hunian, Agar Lampu Tak Hanya Asal Terang Saja

2. Gunakan bahan yang tepat

youtube.com

Lakukan riset bahan bangunan. Seperti harga emas, harga bahan bangunan pun juga ikut naik turun. Jangan malu untuk keluar masuk toko bangunan untuk menanyakan harga pasir, semen atau bahan yang lain. Harga bahan bisa bervariasi tergantung lokasi daerah, karena menyangkut biaya transportasi dan tingkat kesulitan mengangkut.

3. Laksanakan dengan teknik yang benar

pexels.com

Selain planning dan budgeting, dalam membangun rumah juga menyangkut teknik eksekusi yang tepat. Ketahuilah teknik-teknik dasar membangun rumah, seperti cara pengukuran, pematokan, membuat fondasi, instalasi listrik dan air, pemasangan keramik dan lain-lain. Sehingga apabila pekerja bangunan sedang melakukan pengerjaan, Anda bisa mengawasinya sendiri.

Baca Juga: Agar Dapur Bebas Pengap dan Bau, 5 Hal Ini Harus Dilakukan